gagal menampilkan data

Article

9 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Viral, Ada Khas Thailand hingga Vietnam!

Written by Adila Putri Anisya

Ide jualan makanan kekinian banyak dicari oleh pebisnis. Dengan menjual makanan kekinian, kemungkinan tingkat penjualan lebih tinggi karena masyarakat saat ini seringkali penasaran dengan sesuatu yang viral.

Makanan kekinian pastinya berbeda dengan makanan yang sering kita lihat, biasanya mereka menambahkan variasi, bentuk, atau rasa yang belum pernah ada sebelumnya. 

Girls Beyond telah menuliskan beberapa rekomendasi makanan kekinian yang dapat kamu jual. Simak, ya!

Baca juga: 10 Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Cocok untuk Gen Z, Bisa Hasilkan Untung Besar!

IDE JUALAN MAKANAN KEKINIAN

Media sosial telah menjadi platform yang sangat berperan dalam menciptakan tren makanan yang viral. Dengan ide-ide yang luar biasa, variasi makanan semakin berkembang, menarik minat banyak orang untuk mencoba dan mengeksplorasi rasa-rasanya.

Jika kamu bingung mau jual makanan apa, berikut adalah aneka jajanan kekinian untuk jualan yang mungkin menginspirasimu!

PANGSIT CHILI OIL

 ide jualan makanan kekinian pansgit chili oil
Sumber foto: Bogorinsider.com

Kalau pangsit kuah dan goreng sudah terlalu biasa, kamu dapat menjual pangsit dengan lebih unik, seperti Pangsit Chili Oil ala Szechuan. 

Saat ini, makanan tersebut sangat diminati karena tidak hanya memiliki cita rasa gurih dan tekstur lembut, tetapi juga sensasi pedas yang khas yang meningkatkan selera makan.

Pangsit ini diisi dengan daging cincang yang dicampur dengan chili flakes dan bubuk cabe, kemudian disiram dengan saus chili oil setelah direbus. Kombinasi bahan-bahan tersebut menawarkan pengalaman makan yang berbeda dan memikat bagi para penikmat kuliner.

SALAD THAILAND SOM TAM

 ide jualan makanan kekinian salad thailand som tam
Sumber foto: Detikfood

Sebelum Milk Bun, salad Thailand juga sempat mencuri perhatian di Indonesia. Salad ini menawarkan pengalaman berbeda dibandingkan dengan salad yang kita kenal. Salad ini mengandung komposisi soun, sayuran segar, dan seafood mentah.

Jika dibandingkan dengan hidangan Indonesia, salad Thailand memiliki kemiripan dengan asinan. Namun, “kunci” dari hidangan ini adalah penggunaan jeruk nipis yang memberikan sentuhan asam untuk mengimbangi aroma laut dari seafood yang segar.

MIE BANGLADESH

 ide jualan makanan kekinian mie balangdesh
Sumber foto: Inionline.id

Ide jualan makanan kekinian selanjutnya adalah mie Bangladesh. Sebagai penggemar makanan berbasis mie, masyarakat Indonesia selalu menyambut dengan antusias setiap inovasi kuliner “mie” yang muncul.

Mie Bangladesh menawarkan pengalaman rasa yang unik dibandingkan dengan mie-mie lainnya. Mie ini disajikan dengan menggunakan bumbu khas Aceh yang memiliki kesamaan dengan cita rasa Bangladesh.

Dari segi penyajian, mie Bangladesh ini mirip dengan mie ayam, namun menggunakan telur kucek dan disajikan dengan kuah pedas yang cenderung seperti nyemek.

TOWEL CAKE ROLL

Towel Cake Roll bisa jadi ide jualan makanan kekinian. Dessert ini memiliki tekstur lembut dengan krim yang beraroma segar. Biasanya, Towel Cake Roll disajikan dengan berbagai rasa, namun rasa yang viral adalah rasa stroberi.

Jika diperhatikan dari penampilannya, dessert ini menyerupai gulungan handuk, dan mirip dengan dadar gulung, namun diisi dengan potongan stroberi segar yang dilapisi dengan whipped cream.

PENTOL MERCON

Kalau kamu cari ide jualan kekinian modal kecil, pentol adalah jawabannya. Pentol sendiri, merupakan salah satu jajanan khas dari Jawa Timur. Makanan ini telah lama menjadi favorit di kalangan pecinta makanan pedas.

Secara umum, pentol memiliki kesamaan dengan bakso dan cilok, tetapi perbedaannya terletak pada penyajiannya. Pentol sering disajikan dengan penuh kuah pedas dengan cabai atau dalam versi kering (tanpa kuah) yang diberikan bumbu cabai super melekat.

FRUIT JELLY BALL

Ide jualan makanan kekinian selanjutnya yaitu Fruit Jelly Ball, yakni dessert khas Malaysia. Dessert ini menawarkan cita rasa manis dan segar dengan kombinasi jelly ball dan susu sebagai bahan utamanya.

Selain jelly, kamu juga dapat menambahkan buah-buahan segar lainnya, seperti stroberi, kiwi, melon, atau anggur. Untuk penyajian, makanan ini umumnya disajikan dalam wadah plastik berukuran 300 ml.

VIETNAMESE SPRING ROLL

 ide jualan makanan kekinian ietnamese Spring Roll,
Sumber foto: Endeus TV

Vietnamese Spring Roll, cocok banget untuk cemilan orang diet. Makanan sehat ini nantinya dibungkus dengan rice paper yang diisi dengan aneka sayur mayur dan saus yang lezat.

Beberapa isian yang bisa digunakan antara lain, fillet ayam, udang, selada, soun, timun hingga wortel. Bentuknya mirip dengan makanan khas Indonesia, yaitu lumpia, hanya saja balutannya sangat sehat karena menggunakan rice paper. 

KEBAB TURKI MINI FROZEN

Kalau kamu mau jualan makanan frozen, mungkin kebab Turki bisa jadi ide yang menarik. Kebab ini biasanya diisi dengan irisan daging yang dilumuri dengan potongan keju, kemudian dibungkus menggunakan kulit tortilla.

Kamu bisa menyajikannya bersama dengan saus pedas dan saus tomat. Nantinya, konsumen tinggal menggoreng kebab, ini menjadikannya makanan ringan yang sangat mudah dikonsumsi.

THAI MILK BUN

 ide jualan makanan kekinian thai milk bun
Sumber Foto: NNC Netral News

Thai Milk Bun merupakan salah satu makanan kekinian yang tengah menjadi tren di Indonesia. Makanan khas Thailand ini terdiri dari roti yang diproses dengan mentega dan diisi dengan krim, lalu ditaburi dengan susu bubuk dan gula halus.

Meskipun berasal dari Thailand, bahan-bahan untuk membuat Thai Milk Bun juga mudah ditemukan di Indonesia. 

Kombinasi rasa manis, tekstur lembut, dan kekentalan krim memberikan daya tarik unik pada makanan ini. Sangat enak disajikan dalam kondisi dingin setelah didinginkan dalam kulkas.

Itu dia beberapa Ide jualan makanan kekinian yang mungkin dapat menginspirasi kamu untuk berbisnis. Jangan lupa memanfaatkan media sosial, seperti TikTok untuk meningkatkan penjualanmu.

Pastikan ciptakan rasa yang enak dan berkualitas agar banyak konsumen yang repeat order. Dalam berbisnis, bersabarlah dalam berjualan, pastikan menggunakan trik marketing agar bisnismu diketahui banyak orang.

Cari ide aneka jualan makanan kekinian lebih banyak? Diskusi yuk, bareng teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Gen Z Wajib Baca! Ini Tips Memulai Bisnis Agar Sukses dan Anti Gagal

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond