gagal menampilkan data

Article

5 Bootcamp Copywriting Indonesia, Ada yang Gratis!

Written by Adila Putri Anisya

Copywriter merupakan salah satu bidang kepenulisan yang tengah populer. Banyak lulusan baru yang tertarik dengan pekerjaan ini sehingga seringkali mencari bootcamp copywriting untuk memulainya.

Dilansir dari Jobstreet, gaji rata-rata seorang Copywriter di Jakarta adalah Rp6 juta per bulan. Angka tersebut termasuk tinggi dibandingkan dengan pekerjaan jenis lainnya.

Selain dapat bekerja secara full time, copywriter juga bisa menjadi freelancer, yang memungkinkan mereka mendapatkan side job dan penghasilan lebih tinggi.

Nah, jika kamu tertarik dengan pekerjaan Copywriter, tetapi bingung harus memulai dari mana, ada beberapa rekomendasi bootcamp copywriting Indonesia yang bisa kamu coba!

Baca juga: 3 Perbedaan Content Writer dan Copywriter Dalam Dunia Kepenulisan

HABISKERJA

bootcamp copywriting habiskerja
Sumber foto: Habiskerja

Habiskerja adalah platform pembelajaran digital yang baru didirikan pada tahun 2020. Ada berbagai bootcamp yang tersedia di platform ini, termasuk bootcamp copywriting.

Platform pembelajaran online ini didedikasikan untuk mendukung pengembangan keterampilan para lulusan baru serta individu yang ingin beralih karier dengan menawarkan kelas investasi dan kelas karier. 

Menurut informasi yang tersedia di laman resminya, Habiskerja menerapkan metode self-paced learning, yang memungkinkan peserta untuk mengatur ritme dan jadwal belajar mereka sendiri.

Selain itu, platform ini juga menggunakan metode video learning, di mana materi disampaikan melalui video dan diskusi dilakukan melalui grup Telegram dengan mentor.

Selama mengikuti kelas copywriting, peserta akan mempelajari berbagai aspek, mulai dari copywriting untuk media sosial, landing page, latihan praktis dalam membuat copywriting hingga tips menghasilkan uang dari copywriting. Harga program ini sangat terjangkau, mulai dari Rp99 ribu. 

DIGITALSKOLA

bootcamp copywriting digitalskola
Sumber foto: DigitalSkola

DigitalSkola saat ini sedang membuka bootcamp copywriting, lho! Melalui bootcamp ini peserta akan mendapatkan pembelajaran seputar basic stage hingga strategic & technical stage yang pastinya dapat membuat skill penulisanmu lebih perform.

Fasilitas yang disediakan juga lengkap, mulai dari end-to-end portfolio copywriting, real personal project, review portofolio, study case, job connector, template copywriting portfolio, dan lain-lain.

DigitalSkola selalu memastikan setiap tutor yang mengajarkan adalah seorang berpengalaman setidaknya 2 tahun di bidangnya.

Nah, mumpung sedang dibuka, bagi kamu yang berminat untuk belajar copywriting bersama DigitalSkola mereka sedang membuka promo early bird seharga Rp500 ribuan saja dan kelasnya akan dimulai pada 25 Mei 2024. 

Tenang saja, meski kamu tidak ada basic apa pun di dunia kepenulisan, kelas ini akan mengajarkan materi dasar dengan kurikulum yang memang didesain untuk orang-orang yang belum ada background linier.

Setelah mendapatkan pembelajaran secara intensif, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai copywriter profesional. Jika tertarik, segera daftar melalui link di bawah ini ya!

Baca juga: 7 Bootcamp Content Writing Terpercaya yang Bisa Tingkatkan Skill!

UDEMY

bootcamp copywriting udemy
Sumber foto: Udemy

Bagi para pencari kursus online, Udemy adalah pilihan yang sangat direkomendasikan untuk bootcamp copywriting dengan harga yang terjangkau mulai dari 100 ribuan saja! 

Di Udemy, tersedia berbagai topik dan materi copywriting, mulai dari pemula hingga tingkat menengah. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Dalam latihan tersebut kamu akan belajar berbagai hal tentang menulis kreatif, seperti penulisan konten, pemasaran konten, penulisan bisnis, optimasi SEO, dan masih banyak lagi.

Benefit yang kamu dapatkan juga banyak, setelah membeli kelas copywriting yang dipilih, kamu akan mendapatkan akses untuk video materi, sumber daya yang dapat diunduh, akses melalui perangkat seluler dan TV, dan sertifikat.

Total kursus yang ditawarkan juga bermacam-macam, mulai dari 1,5 jam 3 jam, hingga ada juga yang 31 jam. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan minat dan preferensi pribadi. 

TEMPAT BELAJAR

bootcamp copywriting tempat belajar
Sumber foto: Tempat Belajar

Yuk, jadi talenta siap kerja dengan belajar copywriting di Tempat Belajar. Online bootcamp ini siap membawa kamu untuk belajar dan berkembang bersama dalam hitungan bulan saja.

Tidak perlu ragu karena tidak memiliki background sebagai penulis karena di sini kamu akan diajarkan oleh mentor expert yang pastinya dapat mengajarkan kamu mulai dari nol.

Metode belajar yang digunakan pun mengkombinasikan antara teori dan praktik. Mereka juga menyediakan forum diskusi dalam grup komunitas yang disesuaikan dengan topik kelas yang diambil.

Selama kursus, kamu akan mempelajari berbagai hal mulai dari dasar-dasar copywriting, workflow, formula, hingga strategi pemasaran digital seperti social media marketing, copy untuk landing page, email marketing, dan analisis pengembangan konten.

Ada berbagai tahapan yang akan kamu lalui untuk sampai ke final project yang pastinya akan menambah ilmu kamu untuk menjadi Copywriter.

Dengan harga yang terjangkau, sekitar hanya Rp200 ribuan, kamu dapat mengakses seluruh manfaat yang telah disebutkan sebelumnya untuk seumur hidup. 

MYSKILL 

bootcamp copywriting myskill
Sumber foto: MySkill.id

MySkill dikenal sebagai platform pengembangan skill dan karier yang menawarkan berbagai fitur, termasuk bootcamp. 

Bagi kamu yang ingin mengincar karier sebagai Copywriter, MySkill menawarkan bootcamp copywriting gratis dan berbayar.

Platform ini cukup banyak diminati oleh kaum muda yang ingin fokus pada persiapan karier, mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan lebih percaya diri. 

Di MySkill, tersedia pelatihan copywriting yang komprehensif. Peserta akan mempelajari berbagai konsep dan formula copywriting, mendalami insight, dan mempelajari praktik terbaik dalam bidang ini. 

Harga bootcamp bervariasi mulai dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu tergantung pada jumlah sesi, ada yang 10+ sesi hingga 20+ sesi. 

Peserta akan mendapatkan akses ke video materi, modul praktik bersertifikat, dan kesempatan untuk meningkatkan portofolio mereka. 

Materi yang disampaikan dijamin sangat “daging”, sehingga diharapkan setiap peserta akan memiliki bekal yang cukup untuk memasuki dunia kerja sebagai copywriter.

Itu dia beberapa bootcamp copywriting Indonesia yang direkomendasikan. Dari kelima bootcamp di atas, mana yang paling kamu tertarik?

Mau tahu tempat bootcamp copywriting lainnya? Yuk, saling berbagi informasi dengan teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5 Jenis Content Writer dalam Dunia Marketing, Kenali Keterampilannya Masing-Masing!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond