gagal menampilkan data

Article

Segini Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di 10 Universitas Swasta Terbaik Indonesia!

Written by Adila Putri Anisya

Adakah diantara kamu yang sedang mengincar jurusan ilmu komunikasi di universitas swasta Indonesia? Jika ya, pasti kamu penasaran dong dengan berapa biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi.

Biaya kuliah di kampus swasta tentu sangat bervariasi. Namun, umumnya lebih mahal dibandingkan dengan universitas negeri. Ini karena kampus swasta sendiri tidak bergantung pada pendanaan dari pemerintah.

Apalagi jika universitas tersebut berada di top 10 kampus swasta terbaik, biaya kuliahnya mungkin akan lebih mahal dibandingkan universitas swasta pada umumnya.

Pada artikel kali ini, Girls Beyond akan memberitahukan 10 universitas swasta terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan ilmu komunikasi serta biaya kuliahnya. Kira-kira berapa ya, penasaran? Cek info selengkapnya di sini!

Baca juga: 10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi beserta Gajinya, Asyik dan Beragam Banget!

10. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta ini menawarkan program studi ilmu komunikasi dengan empat fokus yaitu, public relation, jurnalisme, kajian media dan media kreatif.

Saat ini, universitas Islam Indonesia telah diakreditasi dengan predikat unggul, menjadikan salah satu swasta terbaik di Indonesia. 

Selain menawarkan prodi ilmu komunikasi reguler, ada pula ilmu komunikasi program internasional (IP) yang menawarkan keunggulan Global Experience kepada mahasiswanya.

Untuk biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) jurusan komunikasi di universitas Islam Indonesia ini terbagi menjadi reguler dan internasional yang jumlahnya menurun setiap semester, untuk reguler Rp32 juta di tahun pertama. Sementara untuk program internasional Rp39 juta di tahun pertama.

9. UNIVERSITAS MERCU BUANA

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: eduNitas

Universitas Mercu Buana menempati 10 besar sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia. Di sini, terdapat Fakultas Ilmu Komunikasi yang terdiri dari empat program studi, yakni broadcasting, public relations, marketing communication, dan digital communication.

Biaya UKT dari masing-masing program studi bervariasi. Namun, pada semester pertama bayaran semesternya mencapai dua digit. 

Sebagai contoh, biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi program studi broadcasting semester pertama berkisar antara Rp23 juta hingga Rp26 juta. Sementara itu, biaya kuliah untuk semester 2 hingga 8 adalah sebesar Rp8,3 juta.

Dengan prestasi yang diakui secara nasional, program studi komunikasi di Universitas Mercu Buana telah terakreditasi A menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

8. UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG 

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: LinkedIn.com/Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Universitas Islam Sultan Agung yang bertempat di Semarang ternyata berada dalam 10 besar sebagai swasta terbaik, lho!

Kampus ini menawarkan program studi ilmu komunikasi yang termasuk dalam Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi. Fakultas ini cocok bagi kamu yang tertarik dalam bidang kesusastraan sekaligus memiliki minat dalam komunikasi.

Tenang saja, fakultas ini telah menerima akreditasi dari BAN-PT, termasuk ilmu komunikasi yang telah memperoleh akreditasi B. 

Biaya UKT di jurusan ilmu komunikasi kampus ini tergolong terjangkau, yakni sebesar Rp6 juta per semester.

Selain biaya UKT terdapat juga biaya Dana Pengembangan Institusi (DPI) di awal kuliah yang cukup besar, yakni berkisar antara Rp14 juta hingga Rp16 juta tergantung pada gelombang pendaftaran.

7. UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: Universitas Ahmad Dahlan

Bagi warga Yogyakarta yang berniat untuk menempuh pendidikan di jurusan ilmu komunikasi di salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan layak dipertimbangkan.

Kampus ini menawarkan program studi ilmu komunikasi yang tergabung dalam Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK). Saat ini, fakultas tersebut memiliki tiga program studi, termasuk ilmu komunikasi yang telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT.

Biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi per semester ini bervariasi. Pada semester pertama, biaya tersebut berkisar sekitar Rp12 jutaan, kemudian semester 2 hingga 6 menjadi sekitar Rp11 juta, dan pada semester 7 hingga 8 berada di kisaran Rp6,7 jutaan.

6. UNIVERSITAS GUNADARMA

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: Detikcom

Universitas Gunadarma dikenal sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia yang menawarkan program studi ilmu komunikasi dengan akreditasi A yang telah teruji oleh BAN-PT.

Biaya kuliah untuk jurusan ilmu komunikasi di Gunadarma terdiri dari uang sumbangan pembangunan (USP) sebesar Rp17,5 juta, yang dapat dibayarkan dengan cicilan selama 6 kali pada awal setiap semester, serta UKT sekitar Rp9,7 juta per semester.

Terletak di Margonda, Depok, Jawa Barat, Universitas Gunadarma menawarkan lokasi yang strategis bagi mereka yang tinggal di sekitar wilayah Jabodetabek. Oleh karena itu, Gunadarma dapat menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang mencari kampus terbaik di Indonesia.

Baca juga: 14 Universitas Swasta yang Menerima KJMU, Ada Incaranmu?

5. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan pendidikan tinggi terkemuka di kota Surakarta yang diakui karena prestasinya dalam menyelenggarakan pendidikan berkualitas di berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu komunikasi.

Program studi ilmu komunikasi di kampus ini tergabung dalam Fakultas Komunikasi dan Informatika. Program studi tersebut telah meraih akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT.

Terdapat beberapa kategori biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di kampus ini, pertama yaitu Dana Pengembangan (DP) sebesar Rp17,2 juta dibayarkan di awal masa kuliah. Selain itu, biaya per SKS sebesar Rp333 ribu, dan UKT sekitar Rp15 juta per semester.

4. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang menawarkan program studi komunikasi dengan tiga peminatan yang berbeda, yaitu jurnalisme, public relation, dan komunikasi audio visual. Program studi ini termasuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Sebagai informasi tambahan, Program Studi Ilmu Komunikasi di universitas ini telah memperoleh penghargaan sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management versi Majalah Mix selama tiga tahun berturut-turut (2013-2015). Penghargaan ini didasarkan pada hasil survei sepanjang tahun terhadap kampus-kampus di Indonesia yang menawarkan program studi Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A.

Biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi semesternya terjangkau, yakni sebesar Rp5,3 juta. Namun, biaya tersebut belum termasuk Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) di awal semester, yang besarnya berkisar antara Rp26 juta hingga Rp28 juta.

3. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: Muhammadiyah

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta didirikan berdasarkan keputusan musyawarah Muhammadiyah di wilayah Yogyakarta. Saat ini, keputusan tersebut menjadikan kampus ini meraih peringkat ketiga sebagai universitas swasta terkemuka di Indonesia.

Kampus ini menawarkan berbagai bidang studi, termasuk jurusan ilmu komunikasi. Berdasarkan penilaian dari BAN-PT. Jurusan ini telah meraih akreditasi unggul, menunjukkan kompetensi yang tinggi dari para pengajar dan mahasiswa.

Program studi ilmu komunikasi di universitas ini terbagi menjadi dua, yaitu kelas reguler dan internasional. Semakin tinggi semester, semakin rendah UKT yang dibayarkan. 

Sebagai contoh, pada semester 1, UKT kelas reguler sebesar Rp14,3 juta dan kelas internasional sebesar Rp15 juta per semester. Namun, biaya tersebut berkurang menjadi sekitar Rp6 juta pada akhir semester.

2. UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (BINUS)

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: Binus.ac

Universitas Bina Nusantara, atau yang dikenal dengan sebutan BINUS, telah lama dikenal sebagai salah satu universitas terkemuka di Jakarta. Kampus ini dikenal dengan biaya kuliah yang relatif tinggi, namun sebanding dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswanya.

Program studi komunikasi di BINUS terbagi menjadi dua bidang, yaitu mass communication yang berfokus pada bisnis, dan marketing communication yang berfokus pada media. BINUS juga telah diakui sebagai kampus dengan program studi ilmu komunikasi terbaik di Indonesia, yang telah meraih akreditasi A.

Biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di BINUS terdiri dari beberapa komponen. Pada semester pertama, terdapat biaya UKT sebesar Rp18,7 juta, belum termasuk biaya sumbangan, peralatan, dan lain-lain, yang totalnya mencapai sekitar Rp68 juta.

1. UNIVERSITAS TELKOM

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Sumber foto: Telkomuniversity

Universitas swasta terbaik di Indonesia, yang menempati urutan pertama, adalah Telkom University. Terletak di Bandung, Jawa Barat, universitas ini dikenal karena memiliki akreditasi yang luar biasa unggul.

Telkom University merupakan perguruan tinggi yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan dalam pengembangan teknologi, sains, dan seni berbasis teknologi. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kampus ini telah meraih berbagai prestasi, salah satunya adalah penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) awards pada tahun 2021. Kampus ini menyediakan tujuh fakultas, dengan jurusan komunikasi yang termasuk dalam Fakultas Komunikasi dan Bisnis. 

Biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di Telkom per semesternya berada sekitar Rp12 juta, namun biaya ini dapat bervariasi tergantung pada jalur seleksi yang dipilih, baik itu jalur seleksi reguler maupun jalur seleksi USM. Selain itu, terdapat juga biaya pangkal yang dibayarkan pada awal masuk, sebesar Rp8 juta.

Biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di 10 universitas swasta terbaik sangat bervariasi, ada yang sangat mahal, standar, ada juga yang murah. Perlu dicatat, bahwa biaya yang disebutkan di atas bisa berubah-ubah, semuanya tergantung dengan tahun, jenis seleksi masuk, kategori mahasiswa, dan tingkat semester.

Dari 10 universitas swasta terbaik di atas yang menawarkan jurusan ilmu komunikasi, mana yang menjadi incaranmu?

Mau tahu apalagi tentang universitas swasta di Indonesia? Gabung Girls Beyond Circle dan dapatkan informasi ter-update lainnya!

Baca juga: Top 7 Kampus Swasta Termahal di Indonesia 2024, Ada yang Capai 171 Juta!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond