gagal menampilkan data

Article

Body Type Diet: Solusi Menurunkan Berat Badan dengan Hasil Maksimal?

Written by Aurelia Lois

Tanpa menilai, lihatlah ke cermin. Apa yang kamu lihat? Apakah kamu punya anggota tubuh yang panjang dan kurus? Atau pinggul lebar dengan sedikit perut? Atau mungkin kamu memiliki tubuh atletis dan berotot? 

Mengetahui bentuk tubuhmu bisa membantu menentukan rencana diet dan olahraga yang sesuai untukmu, menurut beberapa ahli kesehatan.

Inilah yang bisa disebut sebagai tipe tubuh diet yang mungkin pernah kamu dengar jadi solusi menurunkan berat badan. 

Kalau kamu tertarik, simak lebih lanjut dari ulasan Girls Beyond berikut ini.

Apa Itu Body Type Diet atau Diet Sesuai Tipe Tubuh

Sumber foto: V-Shred

Melakukan serangkaian diet keras dan makan makanan bergizi tapi tidak mendapatkan hasil maksimal membuat stres. Hal ini bisa buruk bagi tubuh dan psikis. Sementara, istilah mengenai body type diet atau diet sesuai tipe tubuh ramai diperbincangkan. 

“Banyak orang yang mulai berolahraga untuk pertama kalinya dan makan lebih sehat dari sebelumnya, namun mereka masih melakukan hal yang salah untuk tubuh mereka,” kata Phil Catudal, seorang pelatih selebriti dan salah satu penulis buku Just Your Type: The Ultimate Guide to Eating and Training Right for Your Body Type.

Body type diet atau diet sesuai tipe tubuh diperkenalkan oleh William Herbert Sheldon, MD, PhD, seorang psikologis yang memgembangkan somatotipe di tahun 1940-an. 

Somatotype merujuk pada beragam tipe tubuh umum yang mencakup kerangka rangka dan komposisi tubuh yang diyakini dimiliki individu sejak lahir. Terdapat tiga jenis somatotipe: ektomorf, endomorf, dan mesomorf.

Menurut Sheldon, tipe tubuh seseorang bergantung pada jumlah lapisan embrio yang dimilikinya. Terdapat tiga lapisan embrio: lapisan dalam, atau endoderm; lapisan tengah, atau mesoderm; dan lapisan luar, atau ectoderm. 

Sheldon memberi nama pada setiap tipe tubuh berdasarkan lapisan jaringan utama mereka. Untuk membentuk teorinya, Sheldon melakukan studi yang membandingkan fisik 200 remaja laki-laki yang melakukan tindak pidana dengan 200 mahasiswa laki-laki yang tidak nakal.

Selama studi 10 tahun, Sheldon akan menilai setiap peserta berdasarkan tipe tubuh mereka. Dari studinya, Sheldon menemukan bahwa banyak remaja laki-laki memiliki tipe tubuh mesomorf, sedangkan kebanyakan mahasiswa laki-laki memiliki tipe tubuh ektomorf.

Menurut pendukung rencana ini, bentuk tubuhmu bisa memberikan petunjuk tentang seberapa baik tubuhmu memproses karbohidrat dan berapa banyak protein yang dibutuhkan. 

Selain itu, tipe tubuhmu juga bisa membantu menentukan apakah kamu akan merasa lebih sehat dan berenergi jika, misalnya, kamu ikut lari 5K yang kamu inginkan atau memilih latihan kekuatan di gym CrossFit setempat.

Berbicara mengenai tubuh, Catudal menjelaskan ada kesamaan dalam tipe tubuh yang dapat menunjukkan seberapa banyak otot atau lemak yang biasanya dimiliki seseorang, seberapa cepat atau lambat metabolismenya, dan seberapa mudah atau sulit bagi mereka untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Diet OMAD adalah One Meal A Day, Ketahui Cara Praktik, Manfaat dan Risikonya!

Cara Tahu Tipe Tubuhmu

Sumber foto: tuasaude.com

Beberapa faktor yang memengaruhi bentuk tubuh, termasuk genetik, seks, usia, cara diet, dan level aktivitas. Menurut Sheldon, konsep tipe tubuh terbagi menjadi tiga, yakni:

  1. Ektomorf: Ini terjadi saat seseorang memiliki tubuh yang ramping dan kurus dengan sedikit lemak dan otot. Orang dengan tipe tubuh ini sering kesulitan menambah berat badan, baik dalam bentuk otot maupun lemak. Contoh dari tipe tubuh ini adalah model-model fesyen. 
  2. Endomorf: Ini terjadi ketika tubuh memiliki lebih banyak lemak tersimpan, banyak otot, dan cenderung mudah menambah berat badan. Orang dengan tipe tubuh ini tidak selalu berlebihan berat badan. Contoh dari tipe tubuh ini termasuk pemain sepak bola dan Marilyn Monroe. 
  3. Mesomorf: Ini terjadi ketika seseorang memiliki tubuh yang atletis dan kuat. Orang dengan tipe tubuh ini tidak terlalu kurus maupun terlalu gemuk. Contoh dari tipe tubuh ini adalah perenang dan pemain bola voli.

Banyak orang menghubungkan tipe tubuh ini untuk laki-laki saja, namun bisa juga dipakai untuk menilai tipe tubuh wanita. Beberapa bentuk tubuh umum yang dimiliki wanita, antara lain:

  • Pir atau segitiga: Orang dengan bentuk tubuh ini memiliki bahu yang lebih sempit daripada pinggul dan cenderung menumpuk berat badan di bagian pantat, pinggul bawah, dan paha. 
  • Segitiga terbalik: Pada bentuk tubuh ini, bagian bawah tubuh lebih kecil daripada bagian atas, dengan bahu yang lebih lebar dari pinggul. Orang dengan bentuk tubuh ini cenderung menambah berat badan di bagian atas tubuh dan perut, seringkali dengan dada yang lebih besar dan pinggul yang lebih sempit. 
  • Persegi panjang: Pada bentuk tubuh ini, tidak ada perbedaan yang signifikan di garis pinggang dan pinggul. Orang dengan bentuk tubuh ini memiliki lebar bahu dan pinggul yang sama, menciptakan proporsi tubuh yang seimbang. 
  • Hourglass (jam pasir): Pada bentuk tubuh ini, kedua bagian atas dan bawah tubuh memiliki lebar yang sama. Orang dengan bentuk tubuh ini cenderung memiliki pinggang yang lebih kecil daripada dada dan pinggul. 
  • Oval atau apel: Pada bentuk tubuh ini, kedua bagian atas dan bawah tubuh cenderung sempit. Orang dengan bentuk tubuh ini biasanya menumpuk berat badan di bagian dada dan perut, sementara memiliki kaki yang ramping.

Tipe Tubuh Bisa Berubah Seiring Waktu

Melansir dari study.com, tubuh seseorang bisa berubah seiring waktu karena olahraga, pola makan, dan proses penuaan. Ketika seseorang menua, lemak tubuhnya cenderung bertambah dan penyebarannya berubah, yang bisa memengaruhi bentuk tubuh secara keseluruhan. 

Meskipun tipe tubuh seseorang bisa berubah, ada beberapa ciri yang tetap sama, seperti struktur tulang. Tidak jarang seseorang memiliki campuran ciri dari beberapa tipe tubuh. 

Misalnya, seseorang bisa memiliki ciri ektomorf-endomorf atau endomorf-mesomorf. Namun, sangat jarang bagi seseorang memiliki ciri dari hanya satu tipe tubuh.

Seseorang yang memiliki ciri-ciri bentuk tubuh tertentu namun ingin terlihat seperti yang lain mungkin mengalami masalah citra tubuh yang negatif atau dismorfia tubuh. 

Dalam beberapa kasus, orang tersebut bisa mengembangkan pola makan yang tidak sehat. Sebuah penelitian pada tahun 2019 meneliti dampak media sosial pada wanita di perguruan tinggi berusia 18-25 tahun.

Sebagian besar peserta penelitian memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang sehat. Namun, bahkan peserta dengan BMI sehat merasa tubuh mereka terlalu berat jika dibandingkan dengan para influencer media sosial.

Fakta Mengenai 3 Body Type atau 3 Tipe Tubuh untuk Memaksimalkan Diet

Sumber foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Perihal makan sesuai somatotipe menjadi perdebatan di kalangan nutritionists, termasuk penemuan mitos tersebut yang membuat seseorang terlalu fokus pada program diet berdasarkan tipe tubuh yang dimilikinya. 

Sementara, Precision Nutrition memaparkan bahwa setelah bekerja untuk lebih dari 100 ribu kliennya, menemukan bahwa diet atau makan sesuai tipe tubuh dapat bermanfaat bagi sebagai solusi menurunkan berat badan bagi beberapa orang di situasi yang sangat spesifik. 

Sheldon menetapkan tiga tipe tubuh hanya berdasarkan tinggi dan berat badan, serta foto depan, samping, dan belakang (disebut photoscopy). Namun, ilmuwan lain segera mengkritik metode ini tidak dapat diandalkan sebagai solusi menurunkan berat badan yang tepat karena bersifat subjektif.

Sementara, metode Heath-Carter dinilai lebih mirip pengukuran komposisi tubuh, memberikan deskripsi yang lebih akurat tentang rasio lemak, otot, dan tulang seseorang. 

Metode ini juga memungkinkan berbagai tipe tubuh, seperti mesomorfik ektomorfik atau endomorfik ektomorfik (disebut skinny-fat). Sebagaimana pesenam biasanya lebih mesomorfik dan pegulat sumo lebih endomorfik, namun tidak sepenuhnya masuk ke dalam satu kategori. 

Jadi, meskipun banyak yang berpikir sebaliknya, metode Heath-Carter sebenarnya sangat individual. Meskipun hampir semua orang merupakan campuran tipe tubuh, kebanyakan orang dapat menemukan kecenderungan umum mereka dalam salah satu dari tiga kelompok. 

Dan tidak peduli kelompok mana yang seseorang mirip, mereka tidak terjebak. Mereka dapat mengubah tipe tubuh mereka. Misalnya, binaragawan yang disalahpahami sebagai mesomorf alami sebenarnya bisa menjadi endomorf yang telah berlatih dan menjalani diet ketat.

Atau mereka juga bisa menjadi ektomorf yang telah menghabiskan bertahun-tahun minum protein shake dan mengangkat beban. 

Somatotipe menggambarkan komponen tubuh seperti massa lemak, massa lean (otot), dan rasio antara keduanya—tidak jauh berbeda dengan mengukur komposisi tubuh seseorang.

Itulah mengapa, dari waktu ke waktu, somatotipe telah menjadi alat penilaian bagi profesional medis dan peneliti, mirip dengan indeks massa tubuh (BMI). Meskipun tidak sempurna, baik BMI maupun somatotipe lebih sederhana dan terjangkau dibandingkan dengan alat pengukuran lainnya, yang membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak orang. 

Sama seperti BMI yang bisa berubah dari waktu ke waktu, demikian juga tipe tubuh, sehingga body typing hanya merupakan alat untuk menggambarkan tubuh seseorang.

Layaknya BMI, body typing memberi gambaran apakah seseorang yang berbobot 100 kg dengan tinggi 165 cm itu obesitas, sangat berotot, atau di antara keduanya.

Untuk kamu yang terjebak dalam situasi menentukan strict diet berdasarkan 3 body type diet, mungkin bisa membantu. Karena bagi orang awam yang hanya ingin terlihat dan merasa lebih baik, body typing berfungsi sebagai gangguan besar. 

Ini juga membuat nutrisi menjadi lebih rumit dari yang seharusnya. Menurut Precision Nutrition, mereka menemukan bahwa orang cenderung masuk ke salah satu dari dua kategori dalam hal ini, termasuk terlalu memperhatikan body typing dan mereka yang mengabaikan tipe tubuh sebagai pseudosains lengkap. 

Jadi, yang mendapatkan manfaat dari body typing adalah kelompok atlet high-performance dan orang yang tidak dapat mencapai diet goals mereka melalui strategi dasar saja.

Itulah artikel seputar 3 body type diet yang mungkin membuatmu berpikir untuk memulai program diet baru untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Untuk informasi menarik lainnya dengan topik yang serupa, yuk gabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 10 Pilihan Menu Sarapan Diet Murah, Sehat, dan Gak Menguras Kantong!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond