gagal menampilkan data

Article

Pekerjaan Paling Enak dengan Tingkat Stres Rendah dan Gaji Sepadan, Ini Daftarnya!

Written by Aurelia Lois

Di tengah hiruk-pikuk dunia kerja yang semakin kompetitif, banyak orang bermimpi menemukan pekerjaan yang tidak hanya menawarkan gaji yang layak, tetapi juga suasana kerja yang santai dan nyaman dengan tingkat stres rendah.

Namun, apakah pekerjaan seperti ini benar-benar ada? Dan jika ada, apakah gajinya sepadan dengan kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan?

Pembahasan selanjutnya mengenai pekerjaan paling enak dengan tingkat stres rendah, dapat kamu simak di artikel berikut ini. 

Kategori Menemukan Pekerjaan Terbaik dengan Tingkat Stres Rendah

Sumber foto: Pexels/Fox

Meskipun setiap pekerjaan memiliki tingkat stres tertentu, beberapa pekerjaan menawarkan keseimbangan kerja dan kehidupan yang lebih baik daripada yang lain.

Pekerjaan paling enak dan nyaman biasanya memiliki beberapa karakteristik berikut:

  • Fleksibilitas waktu: Banyak pekerjaan yang memungkinkan karyawan untuk mengatur jadwal mereka sendiri. Contohnya adalah pekerja lepas (freelancer) atau pekerjaan remote yang tidak mengharuskan karyawan untuk datang ke kantor setiap hari.
  • Lingkungan kerja yang nyaman: Beberapa perusahaan menyediakan lingkungan kerja yang ramah dan mendukung, lengkap dengan fasilitas seperti area istirahat yang nyaman, makanan gratis, atau bahkan ruangan untuk bermain.
  • Tekanan kerja yang rendah: Ada pekerjaan yang tidak membutuhkan tingkat stres yang tinggi dan tidak ada tuntutan deadline yang ketat, seperti beberapa posisi administrasi atau pekerjaan di bidang seni dan kreatif.

Pekerjaan dengan tingkat stres rendah tidak selalu berarti pekerjaan yang berjalan lambat, tetapi beberapa indikator pekerjaan dengan stres rendah dapat mencakup jaminan keamanan kerja, persyaratan perjalanan yang minimal, dan suasana kerja yang tidak kompetitif.

Perlu diingat, meskipun bekerja sebagai konsultan atau freelancer dapat memberikan kamu lebih banyak kebebasan, kamu harus bekerja keras untuk menghasilkan uang, yang bisa menimbulkan stres.

Baca juga: Mau Bekerja Jadi Freelancer? Ketahui Yuk Suka Duka dan Pertimbangannya!

Contoh Pekerjaan Paling Enak dengan Tingkat Stres Rendah

Sumber foto: Pexels/Fox

Dalam laporan tahunan, CareerCast mempertimbangkan 11 faktor stres saat merangking pekerjaan. Faktor-faktor ini termasuk apakah pekerjaan tersebut memerlukan perjalanan yang luas, bertemu dengan publik, tuntutan fisik, dan risiko terhadap kesehatan atau kehidupan seseorang. 

Termasuk, faktor-faktor seperti menghadapi bahaya dan bekerja dalam kondisi lingkungan yang menantang kemungkinan besar membawa tingkat stres tertentu secara umum. 

Ada beberapa pekerjaan dengan tingkat stres rendah menawarkan gaji yang layak tanpa risiko fisik, sedikit tenggat waktu, dan persaingan yang rendah dari rekan kerja.

Stres di tempat kerja dapat terjadi karena kondisi kerja, hubungan dengan rekan kerja, dan faktor pribadi lainnya. Namun, jika dasar pekerjaanmu memiliki tingkat stres rendah, akan lebih mudah untuk menghadapi stres harian yang terjadi selama bekerja.

Berikut adalah contoh pekerjaan paling enak dengan tingkat stres rendah yang dilansir dari berbagai sumber, di antara lain:

1. Gamer atau pemain game

Sumber foto: Pexels/JÉSHOOTS

Game adalah salah satu medium hiburan yang memberikan keuntungan dalam melepas penat. Dengan banyaknya penyuka game, bermain dengan tingkat jago tertentu bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan.

Contoh pekerjaan paling enak dengan tingkat stres rendah seperti gamer nampaknya semakin disukai. Bahkan, bermain game dengan skill level tertentu bisa membawamu masuk ke komunitas Esport dan melakukan lomba di tingkat nasional hingga internasional. 

Tentunya, kemenangan ini akan memberikan banyak keuntungan, termasuk penghasilan dan profesionalisme di antara gamers lainnya. Rata-rata gaji per bulan yang bisa didapatkan oleh atlet Esport berkisar 1,5 juta hingga 20 juta per bulan. Menarik, bukan? Selain melepas penat, kamu bisa mendapatkan penghasilan.

2. Fotografer

Sumber foto: Pexels/Andre Furtado

Berangkat dari hobi memotret bisa menghasilkan uang. Ya, fotografer adalah salah satu pekerjaan paling enak dengan stres rendah karena selain membuat karya seni, kamu juga bisa mendapatkan uang lewatnya. 

Saat ini, profesi fotografi juga banyak diminati. Dengan portofolio mumpuni dan eksplor ke banyak tempat sambil bercerita melalui tangkapan kamera, maka seorang fotografer akan mudah diingat dan mendapatkan klien. 

Profesi fotografi pun memberi banyak pilihan pekerjaan yang sesuai passion, termasuk menjadi fotografer wedding, lanskap, jalanan, alam liar, fesyen, wisuda, arsitektur, travel, makan, sampai foto untuk para orang tua yang memiliki anak-anak bayi. 

Menariknya, kamu bisa membuat beberapa konsep unik dengan range harga tertentu agar diminati para klien. Range harga untuk profesi jasa ini berkisar dari Rp500,000 hingga puluhan juta tergantung request klien. 

3. Pemandu wisata (Tour Guide)

Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Menjadi pemandu wisata memiliki prospek karier yang menjanjikan karena dalam industri pariwisata, pemandu wisata memiliki peran kunci dalam menyajikan objek wisata secara menyeluruh dan rinci, serta memastikan pengalaman edukatif bagi para wisatawan.

Profesi sebagai pemandu wisata juga dapat ditekuni hingga usia di atas 40 tahun, tidak terbatas pada generasi muda saja. Bahkan, seseorang dapat menjadi pemandu wisata mulai dari usia muda hingga di atas 40 tahun. 

Dengan pengalaman yang luas, seseorang dapat dianggap sebagai pemandu wisata senior karena pengetahuannya tentang berbagai destinasi wisata. Kira-kira berapa gaji seorang pemandu wisata?

Masuk dalam kategori pekerjaan paling enak dengan tingkat stres rendah, profesi pemandu wisata bisa dihargai per hari dengan range Rp450,000 hingga Rp5,000,000, tergantung pada jam terbang yang dimiliki atau expert guide.

Baca juga: Keliling Kota Sambil Jalan Kaki, Yuk! Rekomendasi Walking Tour di Indonesia

4. Pemetik buah musiman

Sumber foto: Pexels/Zen Chung

Pernah mendengar tentang pekerjaan yang digaji tinggi dengan hanya memetik buah? Pekerjaan paling enak ini ada di beberapa negara Amerika dan Eropa yang mengambil pekerja dari Indonesia. 

Pekerjaan memetik buah ini bisa dilakukan oleh usia muda dewasa atau dengan fisik yang prima, melihat tuntutan kerja di perkebunan dan pertanian. Sistem pembayaran gajinya pun dihitung per jam dengan nilai ribuan dollar atau kisaran 12-15 juta per minggu. 

Pemetik buah musiman artinya bekerja dengan jangka waktu yang sudah ditentukan seperti selama enam bulan sesuai yang disepakati. Pekerjaan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah Australia akan sektor pertanian, sehingga membuka banyak lapangan kerja untuk para pekerja dari negara lain termasuk Indonesia.

Sebelum bisa bekerja, kamu perlu mengurus banyak surat termasuk melakukan medical check up dan serangkaian tes lain yang memakan waktu. Tentunya, bila lolos seleksi gaji yang didapatkan akan sepadan dengan pengorbanan di awal. 

Baca juga: Liburan Sambil Kerja, Ini Cara Lengkap Buat Working Holiday Visa Australia!

5. Penulis Blog/Website

Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Penulis blog atau website sering dianggap sebagai pekerjaan yang menyenangkan dengan gaji yang lumayan karena beberapa alasan, termasuk fleksibilitas kerja. Studi dari FlexJobs menunjukkan bahwa fleksibilitas kerja berkontribusi pada tingkat kepuasan kerja yang tinggi. 

Pekerja yang punya fleksibilitas kerja memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan keseimbangan kerja atau hidup yang lebih baik. Selain itu, menjadi seorang blogger atau menulis artikel di media online memiliki banyak keuntungan. 

Salah satunya adalah dengan menerima content placement dari pemasang iklan atau media relations di mana para blogger menghadiri berbagai events untuk memberikan ulasan baik mengenai brand dan produk tertentu di laman mereka. 

Semakin banyak kesepakatan seorang blogger dengan media relations, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan, termasuk penghasilan dan barang-barang menarik dari setiap brands. 

Setiap bulannya, blogger bisa menghasilkan 5-10 juta bila menulis dalam website dengan Google AdSense yang dibayar per view. Misalkan saja 1.000 visitor akan dihargai sebesar 1 dollar. Jika terdapat 100 ribu visitor, maka blogger bisa meraup 1 juta per bulan. 

Bagi kamu yang ingin punya pekerjaan enak dengan tingkat stres rendah, bisa mempertimbangkan beberapa pekerjaan di atas.

Ingin informasi menarik lainnya? Yuk, gabung komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Work-life Harmony, Samakah dengan Work-life Balance? Simak Mana yang Lebih Menguntungkan

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond