gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Bukan Pelit, Tapi Hemat! Frugal Living adalah Gaya Hidup Menuju Kebebasan Finansial

Written by Septia Sapoetri

Berbicara tentang hidup hemat, tentu berkaitan erat dengan gaya hidup frugal living. Apa itu frugal living? Frugal living adalah gaya hidup hemat yang mengedepankan pengelolaan keuangan secara bijak. Maksudnya gimana, sih?

Maksudnya, frugal living adalah sebuah gaya hidup yang dalam penerapannya harus fokus memaksimalkan hal yang benar-benar dibutuhkan dan mengurangi hal yang tidak dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di sini, ya!

Baca juga: Tren Terbaru, Soft Life: Pengganti Hustle Culture, Ini Penjelasannya!

Frugal Living Adalah? Begini Pengertiannya

frugal living adalah
Sumber foto: Pexels

“Apa itu frugal living?” Menurut wealthsimple, praktik frugal living bukan hanya sekadar mencari barang dengan promo terbesar, mendapatkan barang dari toko thrift, atau memilih untuk memasak dibanding jajan di luar. Frugal living adalah hal yang lebih besar dari itu semua.

Frugal living adalah tentang memiliki kesadaran akan prioritas keuangan, apa yang kita perlu utamakan, apa yang kita butuhkan, atau apa yang kita inginkan. Mudahnya, ketika seseorang memiliki tujuan untuk memiliki sesuatu, maka ia harus bisa mengatur keuangannya agar tujuan tersebut bisa dicapai.

Bagaimana praktiknya dalam kehidupan sehari-hari? Sebenarnya tidak ada patokan khusus dalam praktik frugal living, tetapi biasanya mereka yang memiliki prioritas keuangan yang jelas, tentu akan memilih untuk menyimpan uangnya agar bisa digunakan untuk hal-hal yang mereka butuhkan.

Mereka akan lebih memilih untuk memasak dan membawa bekal dibanding harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli makanan siap saji. Kemudian, mereka lebih memilih untuk berjalan kaki dibanding memesan ojek online, dan masih banyak praktik frugal living lainnya.

Manfaat Frugal Living

frugal living adalah
Sumber foto: Pexels

Lalu, mengapa frugal living perlu dilakukan oleh orang-orang? Frugal living memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh para penganut gaya hidup ini. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh adalah sebagai berikut.

Menabung Lebih Banyak 

Dengan menggunakan uang secara bijaksana dan tahu mengenai prioritas keuangannya, tentu akan lebih banyak uang yang akan ditabungkan. Dalam hal ini, pengeluaran yang tidak perlu akan dipangkas dan uangnya tetap disimpan. Pada dasarnya, frugal living adalah tentang memastikan adanya tabungan sebagai dana darurat.

Berbeda halnya dengan orang-orang yang asal dalam menggunakan uangnya, sembarang dalam membeli barang, tentu uang yang mereka miliki cenderung lebih sedikit yang akan ditabung atau justru tidak ada sama sekali, bahkan bisa sampai terlilit utang.

Kebebasan Finansial 

Dengan perencanaan keuangan, prioritas keuangan, tabungan yang selalu tersedia, orang-orang yang menerapkan frugal living, kemungkinan akan mencapai kebebasan finansial yang lebih cepat. Hal ini disebabkan karena para penganut frugal living akan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari belanja yang tidak perlu, menjauhi penggunaan utang, dan mengutamakan investasi.

Mengurangi Stres

Masalah keuangan tentu sangat mungkin menjadi faktor penyebab stres seseorang dan frugal living adalah solusinya. Dengan frugal living, kamu benar-benar mengelola uang dalam keadaan sadar dan kontrol penuh. Sehingga, kamu terhindar dari rasa bersalah karena terlalu banyak menghabiskan uang, tidak perlu merasa cemas dengan tagihan utang, dan lain sebagainya.

Lebih Dalam Mengenal Frugal Living

frugal living adalah
Sumber foto: Pexels

Kesadaran dan Konsistensi

Kunci utama penerapan frugal living adalah kesadaran diri dan konsistensi. Jika kamu ingin memulai hidup hemat, kamu harus sadar akan kebutuhan yang benar-benar kamu perlukan adalah prioritas utama dibanding barang-barang lain yang hanya ingin kamu miliki dan sebenarnya tidak dibutuhkan.

Kemudian, konsisten dalam penerapan frugal living juga perlu dilakukan agar dapat dilaksanakan dalam jangka waktu yang lama. Seluruh manfaat frugal living di atas hanya bisa kamu rasakan jika kamu menerapkan frugal living secara berkelanjutan, tidak hanya untuk sesaat.

Membuat Pilihan Cerdas

Frugal living adalah tentang membuat pilihan cerdas.” Bagaimana maksudnya? Nah, makna dari poin ini mengarah pada praktik frugal living yang mendorong kamu untuk membuat pilihan cerdas terkait pengelolaan keuangan.

Misalnya, kamu bisa memilih untuk mencoba mix and match baju yang kamu miliki dari pada membeli pakaian baru, padahal baju-baju yang kamu miliki masih sangat layak untuk digunakan.

Mencintai Lingkungan

Penerapan gaya hidup frugal living sangat berkaitan erat dengan kelestarian lingkungan. Ingat, frugal living adalah tentang memangkas kebutuhan yang tidak diperlukan. Jadi, ketika kamu memilih untuk menyimpan wadah yang bisa kamu gunakan kembali—agar tidak membeli wadah baru adalah bentuk memangkas keperluan yang tidak perlu. Di mana hal tersebut juga merupakan upaya menjaga lingkungan karena wadah yang bisa digunakan kembali tidak langsung dibuang.

Tips Memulai Penerapan Frugal Living

Evaluasi Pengeluaran

frugal living adalah
Sumber foto: Pexels

Langkah pertama dalam memulai frugal living adalah memahami ke mana uang pendapatan kamu pergi. Jadi, cobalah untuk mencatat semua pengeluaranmu selama sebulan. Dari sini, kamu akan bisa melihat mana saja pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan.

Membuat Anggaran

frugal living adalah
Sumber foto: Pexels

Setelah mengetahui pengeluaran bulanan, maka langkah selanjutnya dalam penerapan frugal living adalah membuat anggaran. Ini sangat penting dan wajib hukumnya. Dengan anggaran, kalian bisa mengalokasikan uang untuk kebutuhan penting dan mengontrol pengeluaran.

Mengurangi Pembelian Impulsif

frugal living adalah
Sumber foto: Pexels

Pembelian impulsif sering kali jadi penyebab utama borosnya keuangan. Frugal living mendorong kita untuk menahan diri dan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Inilah peran penting anggaran yang sebelumnya sudah dibuat, sehingga kamu memiliki reminder tentang hal-hal apa saja yang benar-benar kamu butuhkan.

Memanfaatkan Diskon dan Promo

frugal living adalah
Sumber foto: Pexels

Sebelum membeli suatu barang, pastikan kamu selalu mencari tahu promo atau diskon terlebih dahulu. Saat ini, sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa membantu kamu menemukan penawaran terbaik. Hal ini juga merupakan bentuk dari pilihan cerdas yang perlu dilakukan. Membeli barang yang dibutuhkan dengan harga miring adalah kepuasan tersendiri, ‘kan?

Hidup Sederhana

frugal living adalah
Sumber foto: Pexels

Hidup sederhana bukan berarti kamu harus bersusah-susah dan menjauhi segala bentuk teknologi yang sudah ada. Hidup sederhana di sini maksudnya adalah tentang merasa cukup atas apa yang kamu miliki, merasa bersyukur karena kebutuhan kamu sudah terpenuhi, dan kesadaran akan rasa bahagia yang hadir pada momen-momen sederhana. Frugal living membantu kamu untuk berdamai dengan keadaan tanpa harus mengikuti gaya hidup seseorang atau tuntutan gaya hidup lingkungan sekitar.

Yuk, Mulai Frugal Living Hari Ini!

Sejatinya, praktik frugal living tidak sulit untuk dilakukan. Jika kamu belum ada tujuan yang benar-benar spesifik  terkait keuangan di masa yang akan datang, tidak apa-apa. Kamu bisa memulai frugal living dengan praktik sederhana yang bisa membuat kamu lebih hemat dan mulai menabung walaupun jumlahnya tidak besar.

Kamu bisa memulai frugal living dengan membawa botol air minum, membawa bekal makan siang, tidak membeli barang dengan jenis yang sama jika barang sebelumnya masih bisa digunakan, menghemat listrik dengan mematikan barang elektronik yang sudah tidak terpakai, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak perlu menunggu besok, kamu bisa memulai frugal living hari ini, saat ini, dan detik ini juga. Tidak sulit selama kamu bertekad dan mau untuk konsisten. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!

Cari tahu  informasi menarik lainnya yang bisa bantu kamu jadi pribadi lebih baik bersama komunitas Girls Beyond Circle. Ayo gabung sekarang!

Baca juga: Slow Living Adalah Gaya Hidup untuk Gen Z? Simak Faktanya!

Sumber: Pexels