gagal menampilkan data

Article

5+ Tips Memilih Baju Thrift Berkualitas dan Layak Pakai, Wajib Tahu!

Tren thrifting mulai banyak digandrungi kalangan milenial dan Gen Z beberapa tahun terakhir. Model pakaiannya yang unik menjadikan thrifting menjadi salah satu alternatif fashion item berkualitas. Terlebih harga yang ditawarkan juga jauh lebih terjangkau. 

Selain lebih murah, tren ini juga kerap disamakan dengan slow fashion yang mendukung pakaian bisa digunakan dalam waktu yang lama. Dengan begitu, pemakainya tidak perlu membeli banyak baju baru sehingga dianggap lebih ramah lingkungan. 

Kini, ada banyak thrift shop yang menjamur di tengah masyarakat. Kualitas yang ditawarkan cukup beragam. Agar kamu bisa memilih pakaian yang berkualitas dan masih layak pakai, berikut beberapa tips memilih baju thrift yang bisa membantumu. 

Baca juga: Mulai Rp 5 Ribuan, 6 Tempat Thrift di Jogja Ini Jual Barang Branded dan Menarik!

tips memilih baju thrift
Sumber foto: Pexels

Sebelum membeli pakaian thrifting, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal saat memilih pakaian yang akan dibeli. Adapun tipsnya sebagai berikut ini.

1. TENTUKAN TEMPAT THRIFT

Sebelum membeli pakaian thrift, kamu bisa menentukan tempat thrifting terlebih dahulu. Cobalah mencari tempat yang menawarkan pakaian yang berkualitas dan cukup terkenal.

Pilih baju bekas di thrift shop terpercaya sehingga kamu tidak akan merasa kecewa dengan produk yang dijual di sana. Kamu bisa menanyakan melalui teman atau kenalan yang berpengalaman dalam thrifting. Media sosial juga bisa kamu jadikan referensi untuk mencari tempat yang sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk membantumu menemukan tempat yang tepat, kamu bisa membuat list berisi informasi barang hingga ulasan dari para pembelinya. 

2. CEK KUALITAS PAKAIAN

Dalam memilih baju thrift, penting untuk mengecek kondisi dan kualitas pakaiannya. Seperti yang diketahui, baju thrift biasanya produk reject dari pabrik yang masih bisa dipakai. Tidak heran, harga yang ditawarkan juga lebih murah dibandingkan di pasaran.

Agar kamu mendapatkan kualitas barang yang masih bagus, perhatikan setiap detail pakaiannya.

Kamu bisa mengecek kualitas jahitan dan kain yang dipakai. Pastikan juga tidak ada bercak noda pada pakaiannya. Jika terdapat noda, perhatikan kembali noda tersebut bisa hilang atau malah sulit dihilangkan. 

Pada dasarnya, pilihlah baju yang masih dalam kondisi yang bagus dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. 

3. CARI UKURAN YANG PAS

Setelah mengecek detail setiap bagian pakaiannya, penting untuk mencari ukuran yang sesuai dengan badan. Biasanya, pakaian thrifting dijual dalam beberapa ukuran yang cukup bervariatif sehingga perlu ketelitian dalam memilih ukuran yang pas. 

Kamu bisa mencoba beberapa pakaian yang menarik perhatianmu. Biasanya, karyawan toko memperbolehkan pelanggan untuk mencobanya sebelum dibeli. Jika kamu membelinya di toko thrift online, cek informasi mengenai ukuran pakaiannya. 

Dengan memperhatikan ukuran baju, kamu tidak akan merasa menyesal saat membelinya. 

Baca juga: 5 Tempat Thrift di Bandung Paling Banyak Didatangi, Mulai dari 10 Ribuan!

4. PASTIKAN KEASLIAN PRODUK

Saat berkunjung ke thrift shop, kamu bisa menemukan berbagai produk bermerek yang dijual dengan harga miring. Hal tersebut tentu sangat menggoda mengingat harga regulernya yang jauh di atasnya. 

Meskipun begitu, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilihnya. Tidak jarang, pakaian branded yang dipajang dalam etalase tersebut merupakan produk palsu atau barang dengan kualitas KW. 

Kamu bisa mengecek keaslian barang dengan melihat label bajunya atau cara tercepatnya dengan menanyakan kepada pemilik toko untuk memastikannya. Lewat cara memilih baju thrift satu ini, kamu bisa menghindari produk palsu. 

5. JANGAN TERGODA DENGAN HARGA MURAH

Tidak dapat dipungkiri bahwa pakaian thrifting cenderung dijual dalam harga yang murah. Bahkan, ada yang dijual mulai dari Rp10 ribuan saja. Hal tersebut tentu sangat menggoda bagi sebagian besar orang. 

Di balik harganya yang murah, jangan sampai kamu malah tidak teliti dalam membeli barangnya. Setelah kamu mengeceknya kembali di rumah, kamu bisa menemukan banyak noda atau jahitan yang robek. 

Pada akhirnya, barang tersebut malah berada di tempat sampah dan malah menjadi pemborosan. Oleh karena itu, kamu jangan mudah untuk tergoda dengan harganya yang murah.

6. SESUAIKAN DENGAN BUJET

Untuk menghindari pemborosan, kamu bisa memilih baju thrift sesuai dengan bujet yang sudah disiapkan. Kamu bisa mengalokasikan jumlah uang yang cukup untuk thrifting. Batasi juga jumlah pakaian yang akan kamu beli sehingga tidak terjadi pemborosan. 

Pilihlah baju yang memang sesuai dengan bujet. Jangan ragu juga untuk menawar harga pada penjual. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. 

Itulah beberapa tips memilih baju thrift yang bisa perhatikan saat membeli pakaian di thrift shop favoritmu. Tertarik untuk membeli baju di tempat thrifting?

Baca juga: 6 Tempat Thrifting di Jakarta dengan Barang Berkualitas dan Harga Terjangkau!

Mau tahu rekomendasi tempat thrift murah dan berkualita? Dapatkan informasi terbaru dan lebih banyak dengan gabung komunitas Girls Beyond Circle.

Sumber foto: Pexels

Kenalin, namaku Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana, penulis artikel ini. Let’s connect on LinkedIn!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond