gagal menampilkan data

Article

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Efektif, Yuk Rutin Konsumsi 5 Buah ini!

Written by Rayya Adila Sakinah

Banyak cara menjaga kesehatan mata, seperti mengistirahatkan mata hingga memenuhi asupan nutrisi melalui makanan. Penting untuk menjaga kesehatan mata di era digital karena paparan radiasi teknologi dapat menyebabkan mata minus maupun silinder

Tak hanya wortel saja yang efektif dalam menjaga kesehatan mata, mengonsumsi buah yang kaya vitamin A, C, E, lutein, dan zeaxanthin, seperti buah bluberi maupun pepaya juga dapat mengurangi risiko mata minus dan penyakit mata lainnya. 

Buah-buahan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, kualitas penglihatan semakin membaik dan menurunnya risiko penyakit mata, seperti glaukoma maupun katarak. Berikut 5 buah untuk menjaga kesehatan mata, seperti:

Alpukat

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Efektif, Yuk Rutin Konsumsi 5 Buah ini! Alpukat
Sumber Foto: Pexels

Alpukat adalah buah yang sangat baik bagi kesehatan mata karena kaya akan vitamin E, vitamin A, dan antioksidan seperti lutein, maupun zeaxanthin. Lutein dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula, serta melindungi mata dari efek buruk sinar ultraviolet. 

Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat meminimalisir risiko penyakit atau kelainan pada mata. Selain itu, nutrisi pada alpukat membantu mata menjadi lebih fokus dalam menangkap obyek, sehingga penglihatan menjadi lebih jelas. 

Oleh karena itu, terkait cara menjaga kesehatan mata yang efektif, pastikan memasukkan alpukat ke dalam menu makanan harianmu karena kandungan nutrisinya sangat berpengaruh untuk kesehatan mata jangka panjang.

Kiwi

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Efektif, Yuk Rutin Konsumsi 5 Buah ini! Kiwi
Sumber Foto: Pexels

Kiwi adalah buah yang kaya nutrisi serta rendah kalori, hanya memiliki 42 kalori per buah, menjadikannya camilan sehat dan lezat. Mengonsumsi minimal dua buah kiwi per hari dapat melindungi dari berbagai penyakit mata, termasuk katarak. Kiwi mengandung vitamin A, B, C, E, serat, magnesium, kalsium, riboflavin, lutein, dan beta karoten, yang semuanya baik untuk kesehatan mata.

Satu buah kiwi mengandung 167 miligram vitamin C, dua kali lipat dari jeruk, yang berperan sebagai antioksidan efektif dalam mencegah sejumlah penyakit mata. Vitamin C membantu memperbaiki sel yang rusak dan mendorong pertumbuhan sel baru, serta mencegah pembentukan katarak. 

Mineral tembaga dalam kiwi berguna untuk mengoptimalkan sistem saraf dan fungsi retina. Selain itu, vitamin C dan E dalam kiwi melawan radikal bebas serta membantu mempertahankan kesehatan jaringan mata. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan mata ini perlu kamu rutin lakukan agar fungsi mata semakin optimal.

Mangga

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Efektif, Yuk Rutin Konsumsi 5 Buah ini! Mangga
Sumber Foto: Pexels

Mangga, selain rasanya manis dan berdaging tebal, ternyata kaya akan vitamin A, B1, C, dan E yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A dalam mangga membantu mencegah mata kering dan rabun senja, serta menangkal bakteri maupun infeksi di area mata. 

Mangga juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melindungi mata dari sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget. Mangga menyediakan sekitar 48 mikrogram lutein dan zeaxanthin per buah yang dapat mendukung kesehatan mata secara keseluruhan.

Mengonsumsi mangga secara rutin bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata yang efektif. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, mangga tidak hanya lezat tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan meningkatkan kualitas penglihatan.

Pepaya

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Efektif, Yuk Rutin Konsumsi 5 Buah ini! Pepaya
Sumber Foto: Pexels

Pepaya kaya akan vitamin A yang esensial untuk kesehatan retina dan meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik. Mengonsumsi pepaya setiap hari dapat menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko gangguan penglihatan pada orang dewasa. 

Pepaya juga mengandung vitamin C dan E, serta beta-karoten, yang membantu melindungi kornea dan mengurangi degenerasi pada retina. Buah ini mengandung sekitar 271 mikrogram lutein dan zeaxanthin dalam setengah buahnya, sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Pentingnya menjaga kesehatan mata dapat diwujudkan dengan rutin mengonsumsi pepaya dalam pola makan harian. Tetap konsisten dengan pola makan seimbang, hindari merokok, dan lindungi mata dari paparan sinar matahari langsung untuk kesehatan mata lebih optimal. Mengonsumsi buah ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan mata yang efektif, berkat kandungan nutrisinya.

Bluberi

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Efektif, Yuk Rutin Konsumsi 5 Buah ini! Bluberi
Sumber Foto: Pexels

Bluberi adalah buah dengan kadar antioksidan yang tinggi, sehingga dapat memberikan perlindungan ekstra pada indera penglihatan serta meningkatkan aliran darah menuju mata dan menjaga kesehatan mata secara optimal.

Antosianin dalam bluberi dapat mencegah penyumbatan arteri retina dan melindungi retina dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, superfood ini mengandung sifat anti-inflamasi dan mendukung regenerasi rhodopsin. 

Rutin mengonsumsi bluberi dapat menurunkan risiko terkena katarak dan penyakit mata lainnya seperti degenerasi makula. Buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman memori. 

Jadi, mengonsumsi bluberi adalah cara menjaga kesehatan mata yang tepat karena buah-buahan dengan biru, mengandung senyawa antioksidan kuat yang disebut antosianin. Vitamin C dalam bluberi juga merangsang pembentukan kolagen kulit, sehingga bisa mencegah penuaan dini juga, lho

Itulah beberapa pilihan buah-buahan yang bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan mata secara optimal dan efektif. Tertarik mencoba?

Baca juga: Manfaat Pola Hidup Sehat ala Orang Korea: Bikin Awet Muda, Yuk Tiru!

Dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle, kamu bisa menemukan berbagai informasi penting tentang kesehatan, kecantikan, hingga pengembangan diri. Yuk, join sekarang!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond