gagal menampilkan data

Article

5 Kebiasaan Sepele Pemicu Penuaan Dini, Pola Hidup Sangat Berpengaruh!

Written by Rayya Adila Sakinah

Ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dianggap sepele namun dapat menjadi pemicu penuaan dini, sehingga secara tidak sadar membuat wajah tampak lebih tua. Penuaan adalah proses alami yang tak bisa dihindari dan dapat terjadi di usia muda karena pola hidup yang kurang sehat. 

Namun, untuk dapat mencegah hal tersebut, kamu perlu mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang bisa menjadi pemicu penuaan pada kulit. Baru kemudian kita dapat mencegahnya dengan beberapa tips pencegahan penuaan dini dari Girls Beyond. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Tua

5 Kebiasaan Sepele Pemicu Penuaan Dini
Sumber Foto: Pexels

Tak hanya usia, yang menjadi faktor pemicu kulit mengalami penuaan, tetapi gaya hidup yang buruk dapat menimbul masalah penuaan sebelum umurnya. Mungkin tanpa sadar, gen z kerap melakukan berbagai hal yang bisa memicu penuaan sebelum waktunya. Jika kamu ingin memiliki kulit sehat dan awet muda, coba untuk menghentikan kebiasaan di bawah ini.

Sering Begadang Sebabkan Berbagai Masalah Kulit

5 Kebiasaan Sepele Pemicu Penuaan Dini - Sering Begadang Sebabkan Berbagai Masalah Kulit
Sumber Foto: Pexels

Tidur berperan penting dalam kesehatan kulit. Sebab, ketika tidur, kulit kita akan mengalami regenerasi. Namun, apabila kamu terus begadang, berbagai masalah kulit akan muncul, seperti penuaan maupun jerawat. 

Memakai skincare tak menjamin wajah kita akan tetap sehat apabila kita tidak memedulikan gaya hidup kita selama ini. Skincare hanya penunjang saja, tapi gaya hidup apalagi pola tidur sangat berpengaruh besar pada kesehatan kulit.

Usahakan tidur 7-8 jam demi terhindar dari penuaan sebelum waktunya. Tapi, jangan biasakan tidur diatas jam 10 karena sangat berbahaya bagi kesehatan kulit maupun mental juga. Ingin awet muda dan glowing. Cara pertama yang harus kamu lakukan dengan mengurangi kebiasaan begadang.

Tips tambahan, jauhkan handphone dari tempat tidur dan stop scrolling media sosial sejam sebelum tidur untuk menjaga kualitas tidur. Coba ganti kebiasaan main hp sebelum tidur dengan baca buku fisik.

Jangan Makan Sembarangan, Jika Ingin Punya Wajah Glowing

5 Kebiasaan Sepele Pemicu Penuaan Dini - Jangan Makan Sembarangan, Jika Ingin Punya Wajah Glowing
Sumber Foto: Pexels

Belakangan ini beragam jajanan kekinian mulai bermunculan dan menjadi makanan favorit gen z, sehingga tak heran jika masalah kulit hingga diabetes mulai dirasakan sebagai anak muda. Pola makan yang sembarang membuat banyak gen z mengalami penuaan sebelum waktunya. 

Makanan yang digoreng, mengandung lemak jahat, tingginya kadar gula di dalamnya dan mengandung bahan-bahan berbahaya lainnya, seperti pewarna, ternyata dapat memicu berbagai masalah kesehatan termasuk penuaan dini.

Oleh karena itu, wajib bagi gen z untuk lebih bijak dalam memilih cemilan favorit agar tak berdampak pada kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebisa mungkin untuk hentikan kebiasaan makan berlebihan yang mengandung tinggi gula dan lemak.

Bila ingin makanan yang manis, kamu bisa ganti dengan buah-buahan segar. Solusi ini akan memberikan dampak baik bagi kesehatanmu. Plus-nya kamu bisa punya berat badan yang ideal jika menjaga pola makan dengan baik.

Kurang Minum Bisa Mengancam Kulit dan Nyawa

5 Kebiasaan Sepele Pemicu Penuaan Dini - Kurang Minum Bisa Mengancam Kulit dan Nyawa
Sumber Foto: Pexels

Berbagai gangguan kesehatan bisa terjadi apabila kamu malas minum air putih. Bahkan dapat menimbulkan masalah kulit dan mengancam jiwa dengan penyakit kronis yang disebabkan kebiasaan buruk ini, seperti gagal ginjal. 

Air putih sangat penting bagi kesehatan kulit. Apabila asupan air tak tercukupi maka kita akan mengalami dehidrasi dan penuaan dini. Akibat kurang minum air putih maka kelembapan kulit kian menurun sehingga kulit lebih kering dan sensitif.

Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Minum air putih paling tidak 8 gelas dalam sehari atau setara 2 liter. Namun, jangan berlebihan juga karena bisa membahayakan kinerja ginjal.

Sering Berpergian Tapi Malas Pakai Sunscreen

5 Kebiasaan Sepele Pemicu Penuaan Dini - Sering Berpergian Tapi Malas Pakai Sunscreen
Sumber Foto: Pexels

Masih banyak yang menyepelekan penggunaan sunscreen. Padahal, salah satu pemicu cepatnya proses penuaan pada adalah sinar matahari, sehingga kita perlu rutin menggunakan sunscreen, apalagi jika berada di luar ruangan. Jangan malas untuk touch up lagi sunscreen-nya agar kamu bisa terlindungi dari jahatnya sinar matahari. 

Bahaya kalau kamu malas pakai sunscreen selain penuaan dini adalah terkena kanker kulit. Jadi sebisa mungkin kita hindari penyebab penuaan dini dan kanker kulit dengan merutinkan penggunaan sunscreen.

Berbagai varian sunscreen sudah bisa ditemui di pasaran tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu, apabila kamu butuh rekomendasi sunscreen, kamu bisa mengunjungi Female Daily.

Sering Lupa Hapus Make up

5 Kebiasaan Sepele Pemicu Penuaan Dini - Sering Lupa Hapus Make up
Sumber Foto: Pexels

Masih banyak perempuan yang memilih langsung tidur tanpa menghapus make up-nya terlebih dahulu. Ini bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti penuaan maupun berjerawat karena pori-pori jadi tersumbat maupun sel kulit mati menumpuk, sehingga kulit menjadi cepat kusam dan mengalami tanda penuaan dini sebelum waktunya. Selain itu, wajah juga jadi mudah bruntusan dan kulit menjadi kasar.

Apabila kamu sering menggunakan make up, usahakan menerapkan double cleansing dan seminggu sekali melakukan eksfoliasi agar kulit selalu sehat. Cara mencegah penuaan dini secara alami bisa menggunakan skincare yang berbahan herbal, sudah banyak brand lokal yang menyediakan produk skincare herbal.

Itulah beberapa informasi seputar kebiasaan buruk yang kerap menjadi pemicu penuaan dini, mulailah menguranginya agar kamu bisa memiliki kulit sehat dan glowing!

Baca juga: 10+ Rekomendasi Warna Rambut Agar Wajah Cerah untuk Berbagai Tipe Kulit

Penasaran sama informasi seputar kesehatan lainnya? Yuk, gabung sekarang ke komunitas Girls Beyond Circle!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond