gagal menampilkan data

Article

Lagu-lagu tentang Self Love yang Bisa Membangun Kepercayaan Dirimu Lagi

Written by Angela Ranitta

Self love adalah upaya mencintai diri sendiri. Artinya, kamu nggak hanya menerima kelebihan yang kamu punya, tetapi juga mengakui kekurangan dalam dirimu. Ketika kamu memutuskan untuk memperbaiki diri, kamu melakukannya untuk kebaikanmu sendiri. Bukan karena tuntutan dari luar, atau kamu ingin menyenangkan orang lain. Self love juga berarti menghargai diri sendiri. Kamu nggak lagi menempatkan kepercayaan diri berdasarkan cara orang menilai atau memandangmu. 

Saat ini, semakin banyak musisi yang mengangkat tema self love dalam karya-karyanya. Mereka menciptakan lagu yang mengajak para pendengarnya untuk semakin mencintai diri sendiri. Berikut adalah sejumlah lagu tentang self love yang bisa kamu dengarkan:

Baca juga: 7 Perempuan Self-Made yang Buktikan Siapa Saja Bisa Sukses

“This Is Me”, Keala Settle

Lagu ini merupakan salah satu original soundtrack dalam film “The Greatest Showman” (2017). Dalam film tersebut, lagu ini dinyanyikan oleh karakter Lettie Lutz yang diperankan oleh Keala Settle. Lettie Lutz adalah perempuan yang mengalami kelainan genetik, sehingga memiliki jenggot tebal seperti laki-laki. Lettie mengikuti rombongan sirkus P. T. Barnum yang mayoritas anggotanya memiliki disabilitas fisik dan dikucilkan oleh masyarakat.

This Is Me” mengisahkan tentang seseorang yang selalu direndahkan karena nggak ada siapa pun yang mau menerima kekurangannya. Namun, orang tersebut akhirnya menunjukkan bahwa ia nggak lagi peduli dengan komentar buruk orang lain terhadapnya. Melalui lagu ini, Keala Settle menegaskan bahwa dirinya pun berhak dicintai terlepas dari kekurangannya.

Baca juga: 5 Perempuan dari Drama Korea Ini Nggak Kalah Hebat dari Queen Hwa-ryeong

“Palette”, IU ft. G-Dragon

Lagu ini menceritakan kehidupan IU sebagai perempuan berusia 25 tahun. Usia tersebut memang usia yang sangat krusial bagi banyak orang. Nggak jarang kita dituntut macam-macam ketika mencapai usia 25 tahun. Dituntut sudah menikah, punya gaji dua digit, dan sebagainya. Melalui “Palette”, IU menegaskan bahwa ia tahu apa yang harus dilakukannya. Dia nggak butuh orang lain untuk mendikte atau mengatur kehidupannya. 

Baca juga: Strategi Hadapi Quarter-Life Crisis untuk Kamu yang Mulai Masuk Usia 20an

“Wannabe”, ITZY

Nggak jauh beda dengan “Palette”, lagu ini merupakan curahan hati seseorang yang merasa hidupnya terlalu diurusi oleh orang lain. Bahkan mereka selalu dibandingkan dan dituntut untuk menjadi seperti orang lain. Melalui lagu “Wannabe”, girl group ITZY hendak menyampaikan bahwa setiap orang sempurna sebagai dirinya sendiri. Selain itu, lebih baik kita fokus pada diri sendiri, alih-alih ikut campur urusan orang lain.

Baca juga: Lagu K-Pop Bertema Feminisme yang Super Empowering

“Strip”, Little Mix ft. Sharaya J

Para anggota Little Mix memang mengaku pernah memiliki masalah dengan body image. Bahkan Jade Thirlwall pernah mengidap gangguan makan anorexia nervosa karenanya. Lagu “Strip” menggambarkan kepercayaan diri seorang perempuan. Meski ia nggak memakai makeup, atau punya bentuk tubuh yang dianggap nggak ideal, ia tetap mencintai dirinya sendiri. 

Baca juga: Be Healthy, Not Thin

“Dear Me”, Taeyeon

Sesuai judulnya, “Dear Me” adalah lagu dari Taeyeon untuk dirinya sendiri. Melalui lagu ini, Taeyeon hendak menyampaikan bahwa ia mencintai dirinya sendiri. Lagu ini juga menggambarkan ketangguhan seseorang dalam melewati berbagai masalah dalam hidupnya. Selain itu, Taeyeon berjanji nggak akan sembunyi apabila masalah kembali datang nantinya, karena ia percaya diri bisa menghadapi semuanya. 

Baca juga: Rekomendasi Buku Self Help dari Member “SEVENTEEN”

“Scars to Your Beautiful”, Alessia Cara

Lagu ini menggambarkan tentang insecurity serta keinginan seorang perempuan memiliki penampilan yang ideal. Namun, perempuan tersebut nggak menyadari bahwa dirinya cantik apa adanya. Alessia Cara hendak menyampaikan bahwa kita nggak perlu mengubah diri sendiri demi mengikuti tuntutan orang lain. Sebaliknya, dunialah yang seharusnya mengubah cara mereka memandang atau menilai kecantikan.

Baca juga: Rekomendasi Film tentang Kemerdekaan Perempuan yang Wajib Kamu Tonton

“Good as Hell”, Lizzo

Melalui lagu “Good as Hell”, Lizzo hendak menyemangati para perempuan yang kehilangan kepercayaan dirinya akibat percintaan yang gagal. Kata Lizzo, daripada sibuk menangisi orang yang telah menyakiti kita, lebih baik kita fokus merawat diri sendiri. Meskipun seringkali terasa sulit, tapi percayalah bahwa setelah ini kita bisa come back stronger!

Baca juga: Terlalu Bergantung pada Laki-laki, Bisa Jadi Kamu Punya Cinderella Complex

Nah, itu tadi 7 lagu yang bisa kamu dengarkan untuk memberimu confidence boost. Ingat, ya, sebanyak apa pun cinta dari orang lain, rasanya nggak akan pernah cukup kalau kamu nggak mencintai diri sendiri. Sebab, tanpa adanya self love, kita nggak akan pernah bisa menerima cinta dari orang lain karena selalu merasa diri kita nggak berharga. You are beautiful and you deserve to be happy, girls! Semangat, ya!

Kalau kamu butuh ruang aman untuk ngobrol seputar self love dan kesehatan mental, yuk bergabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond