gagal menampilkan data

Article

Selena Gomez Jadi Duta UNICEF Termuda, Apa Saja Pencapaian Lainnya?

Written by Zefanya Pardede

Selena Gomez adalah sebuah nama yang pastinya familiar bagi banyak orang di seluruh dunia. Bagaimana nggak, penyanyi asal AS ini telah lama menemani penggemarnya, mulai dari kariernya sebagai aktris cilik di era 2000-an sampai perannya di industri musik sekarang.

Eh, tapi menyanyi bukan satu-satunya hal yang ia lakukan, loh. Penyanyi usia 30 tahun ini telah banyak berkarya di bidang lain, seperti bisnis dan sosial. Sebagai seorang pengusaha dan advokat sosial, ada berbagai tonggak pencapaian yang berhasil diterobos olehnya.

Yuk, intip pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih Selena Gomez di luar dunia hiburan!

Baca juga: Selain Heo Solji “EXID”, Ini Beberapa Selebriti yang Punya Karier Sukses di Luar Dunia Hiburan

Pernah Jadi Juru Bicara UNICEF

Selena Gomez saat menjadi juru bicara "Trick-or-Treat" UNICEF pada 2008. (FOTO: Joe Corrigan via Getty Images)

Ternyata, Selena Gomez pernah ditunjuk untuk menjadi juru bicara salah satu kampanye United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) pada Oktober 2008. Kampanye yang dinamakan “Trick-or-Treat” ini bertujuan untuk menggalang dana di Hari Halloween untuk membantu anak-anak di seluruh dunia.

Ia berhasil mengumpulkan 700.000 USD yang kemudian dibagikan ke organisasi-organisasi anak lainnya. Pada 2009 dan 2010, Selena dipilih lagi untuk menjadi juru bicara di kampanye yang sama selama tiga tahun berturut-turut. Keren banget!

Baca juga: Tampil Sehat dan Cantik di Super Bowl 2023, Ini 5 Tips Jitu ala Rihanna yang Pasti Kamu Belum Tahu!

Duta UNICEF Termuda

Selena Gomez di Ghana. (FOTO: Dok. UNICEF)

Pada September 2009, Selena Gomez dinobatkan sebagai duta UNICEF. Usianya yang masih 16 tahun saat itu membuatnya orang termuda yang berhasil menjadi duta UNICEF pada masanya! Sebagai ambassador, ia berperan dalam berbagai kegiatan dan kampanye UNICEF.

Penyanyi ini sempat berkunjung ke Ghana selama seminggu untuk mengobservasi secara langsung kondisi kehidupan anak-anak di sana. Di sana, Selena membantu anak-anak ini menyuarakan kebutuhan mereka akan air bersih, makanan, pendidikan, dan layanan kesehatan. 

Nggak cuma Ghana, penyanyi ini juga berkunjung ke Chile untuk bertemu dengan keluarga-keluarga dari “Programa Puente”, sebuah program yang mendukung pendidikan dan perkembangan dini anak-anak. Ia mengomunikasikan dan mengadvokasikan pentingnya pendidikan awal untuk anak-anak.

Baca juga: [TERBARU] Selain Kolaborasi dengan Levi’s Jeans, Ini Dia Top 8 Kolaborasi NewJeans dengan Brand-brand Ternama

Raih Penghargaan Advokat Kesehatan Mental

Selena Gomez meraih penghargaan dari Stanford University. (FOTO: Dok. Stanford)

Sebagai seorang figur publik ternama, Selena Gomez tentu nggak jauh dari sorotan orang. Ini pun berdampak pada kesehatan mentalnya. Ia mengidap penyakit mental psychosis dan bipolar disorder. Namun, ia nggak malu untuk menyatakan hal tersebut.

Ia menggunakan kesempatan ini untuk mengadvokasikan pentingnya kesadaran masyarakat global akan kesehatan mental dan dampaknya. Segala platform yang dimiliki dimanfaatkan untuk mengedukasi orang-orang tentang betapa pentingnya isu ini.

Pada 2016, Selena bertemu dengan Barack Obama, mantan presiden AS, untuk membicarakan masalah tersebut. Tahun 2022 yang lalu, ia diberikan penghargaan Morton E. Ruderman Award in Inclusion atas kontribusi luar biasanya bagi para penyandang penyakit mental.

Setelah itu, Selena menang penghargaan lagi. November tahun lalu, Selena meraih penghargaan Mental Health Innovations (“Mentee”) Award for Excellence in Mental Health Advocacy dari Stanford University!

Baca juga: Selain “The Glory”, Inilah 5 Series Bertema Bullying yang Wajib Kamu Tonton!

Membantu Riset Pengobatan Penyakit Lupus

Penyakit Lupus yang dialami Selena Gomez. (FOTO: Selena Gomez)

Selain penyakit mental, Selena Gomez juga mengidap penyakit lupus yang menyebabkan dirinya susah bergerak dan sering kesakitan. Oleh sebab itu, Selena bertekad untuk membantu orang-orang penyandang penyakit lupus lainnya.

Selena mendonasikan hampir 500.000 USD ke Lupus Research Alliance untuk mendukung para ilmuwan dalam riset dan pengembangan pengobatan penyakit lupus. Dana ini ia kumpulkan dari sebagian hasil penjualan tiket konser terakhirnya.

Melalui media sosial, Selena melanjutkan advokasi penyakit lupusnya. Ia sering kali membuat call to action yang menarik perhatian orang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit ini.

Baca juga: Say No More to Gamon, Inilah Lagu yang Bisa Bikin Kamu Move On dari Mantan!

Merintis Beauty Brand ‘Rare Beauty’

Beberapa produk Rare Beauty. (FOTO: Rare Beauty)

Rupanya, Selena Gomez juga seorang businesswoman! Pada 2019, Selena mendirikan Rare Beauty, sebuah brand kecantikan miliknya sendiri. Nama brand ini diambil dari judul salah satu album Selena, yaitu Rare.

Melalui brand ini, Selena ingin menunjukkan keindahan diversity dan kecantikan yang dimiliki semua perempuan di dunia. Selena juga ingin menyebarkan hal-hal positif dan membantu para perempuan lainnya untuk merasa pede serta lebih mencintai diri.

Nama-nama seri lipstik Rare Beauty juga dinamakan berdasarkan kind words atau kata-kata kebaikan dari Selena, seperti Talented, Lively, Creative, Worthy, Humble, Fun, Wise, Bold, Gifted, dan Strong.

Selain itu, banyak orang juga mengatakan bahwa packaging produk Rare Beauty bersifat disability-friendly! Desain bentuk produk-produk Rare Beauty membantu mereka yang memiliki kesulitan untuk menggerakan tubuh karena kondisi-kondisi fisik saat mengaplikasikan makeup. Ini baru namanya brand!

Baca juga: Fenomena Objektifikasi Perempuan dalam Media

Membuat Program Charity ‘Rare Impact Fund’

FOTO: Rare Beauty

Rare Beauty nggak hanya menyediakan produk kecantikan, tetapi juga menggalang dana untuk meningkatkan layanan kesehatan mental publik dan memberikan pendidikan kepada generasi muda di seluruh dunia.

Melalui program charity Rare Impact Fund, Selena Gomez bercita-cita untuk mengumpulkan 100 juta USD selama 10 tahun ke depan dari hasil penjualan Rare Beauty. Program ini berkolaborasi dengan berbagai komunitas, organisasi, dan partner lainnya

Itu dia pencapaian-pencapaian Selena Gomez lainnya di luar kariernya sebagai seorang penyanyi pop. Gimana menurutmu? Hebat, ‘kan?

Suka Selena Gomez? Atau mau tahu artis-artis lainnya yang berdampak? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond