gagal menampilkan data

Article

4 Cara Mudah Membangun Relasi untuk Karier, Yuk Pelajari!

Written by Zefanya Pardede

Membangun relasi bisnis sangat penting dalam dunia profesional. Kamu nggak harus jadi pengusaha untuk melakukan ini. Menambah relasi bisnis bisa dilakukan oleh karyawan, mahasiswa, dan bahkan pelajar.

Semakin banyaknya relasi yang terbentuk, semakin banyak kesempatan yang akan kamu dapatkan untuk mengembangkan diri dan kariermu di masa depan. Hal ini nggak susah dilakukan, kok.

Berikut adalah 4 cara dan strategi untuk membangun relasi bagi kamu yang lagi menumbuhkan karier!

Baca juga: Rahasia-rahasia yang Bisa Bikin Kamu Jago Public Speaking

Tentukan Tujuan

Sebelum merangkai strategi untuk membangun relasi bisnis, kamu wajib menentukan tujuan terlebih dahulu. Rencana menambah relasi akan lebih efektif ketika kamu memiliki goals tertentu. Ada sejumlah tujuan dalam membangun relasi bisnis, seperti:

Menemukan Ide Baru untuk Berkarya dan Berbisnis

Ketika kamu sudah menambah relasi yang cukup banyak, kamu bisa berdiskusi dan bertukar pikiran dengan orang-orang dalam jaringan sosialmu. Mencari inspirasi untuk berkarya dan berinovasi akan terasa makin mudah karena adanya pihak-pihak yang mampu menyediakan saran dan masukan yang berguna bagi apa yang sedang dikerjakan.

Mencari Lebih Banyak Peluang Kerja

Biasanya, anak muda menambah relasi dengan tujuan mencari peluang kerja yang menjanjikan. Kalau kamu berniat untuk mencari pekerjaan baru atau mengembangkan karier, peluang-peluang bisa datang melalui relasi-relasi ini. Kamu bisa ngobrol orang-orang dari perusahaan atau bisnis yang kamu incar. Tanyakan pertanyaan seputar kegiatan, kewajiban, dan pengalaman bekerja di tempat tersebut agar kamu bisa menggali informasi.

Memperluas Jangkauan Bisnis

Bila kamu seorang pengusaha, membangun relasi bisnis bisa memperluas target pasarmu. Nggak hanya itu, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness dan image bisnismu di benak orang-orang! Lakukan hal ini dengan acara menceritakan dan membagikan bisnismu kepada orang lain. Strategi ini disebut sebagai word of mouth.

Baca juga: Begini Cara Investasi Bagi Pemula, Nggak Ribet & Minim Risiko!

Buat Daftar Orang yang Kamu Kenal

Jaringanmu lebih besar daripada yang kamu perkirakan, loh. Jadi, langkah selanjutnya untuk membangun relasi bisnis adalah mengetahui semua orang yang kamu kenal. Ini membantu kamu mengenali seberapa luas dasar koneksimu dan mencari tahu siapa saja yang bisa kamu ajak bicara soal karier.

Satu strategi untuk membangun relasi bisnis adalah mengetahui tingkat-tingkat jaringan sosial (networking). Ketika ingin menambah relasi, ada 8 tingkat jaringan yang harus kamu pahami:

  • Tingkat pertama: Tingkat ini terdiri dari orang-orang yang kamu kenal secara personal, seperti keluarga dan sahabat.
  • Tingkat kedua: Terdiri dari teman-teman yang nggak termasuk dalam tingkat pertama.
  • Tingkat ketiga: Terdiri dari orang-orang yang hanya sekadar kamu ketahui keberadaannya dan kamu nggak terlalu kenal dengan mereka.
  • Tingkat keempat: Orang-orang yang sama sekali nggak kamu kenali.

Setelah mempelajari tingkat-tingkat ini, kamu akan langsung tahu harus memulai diskusi dan komunikasi dengan siapa untuk membangun relasi bisnis.

Baca juga: Ini 5 Tools AI Gratis Online yang Bikin Pekerjaan Kamu Lebih Mudah!

Mulai untuk Reach Out dan Menginisiasi Komunikasi

Kalau kamu sudah tahu tujuan dan siapa saja yang akan dijadikan relasi, waktunya untuk memulai komunikasi. Membangun relasi bisnis merupakan proses yang give-and-take. Artinya, proses ini melibatkan hal-hal seperti berbagi informasi dan bertanya-tanya.

Namun, perlu diingat bahwa give-and-take ini adalah cara berhubungan dengan orang lain, bukan teknik untuk memanfaatkan sesama. Kamu nggak perlu langsung mempromosikan kemampuan dan pengalamanmu. Hal yang terpenting adalah mengulurkan tangan dan mengajak bicara.

Evaluasi Upayamu dalam Berelasi

Kalau upaya-upayamu dalam membangun relasi bisnis tampaknya kurang berhasil, kamu mungkin perlu mengevaluasi strategi untuk membangun relasi yang kamu selama ini gunakan. Luangkan waktu untuk memikirkan kelemahan, keunggulan, dan peluang relasi-relasimu.

Untuk mengevaluasi jaringan sosialmu, kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Apa kamu mampu memercayai relasi-relasimu dengan hal-hal serius, baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan?
  • Apa kamu justru merasa terhalang oleh relasi-relasi alih-alih merasa didukung?
  • Apa relasi-relasimu dinamis dan tidak stagnan?
  • Apa relasi-relasimu merepresentaskan goals kamu di masa depan?

Tanpa adanya evaluasi, kamu nggak akan bisa mencapai tujuan awal yang sudah kamu tetapkan. Kamu juga akan kehilangan kesempatan untuk berkembang dan membangun relasi bisnis baru yang membantumu maju. Jadi, rutinlah mengevaluasi upaya-upayamu selama ini!

Nah, itu dia 4 cara untuk mebangun relasi bisnis. Gimana? Sudah siap menambah relasi?

Mau tahu tips lainnya soal networking? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond