gagal menampilkan data

Article

5 Situs Latihan Psikotes Online Gratis, Jobseekers Wajib Tahu!

Written by Zefanya Pardede

Banyak perusahaan menggunakan psikotes sebagai bahan assessment dalam proses rekrutmen. Psikotes adalah tes untuk mengukur kemampuan berpikir dan kepribadian kandidat.

Pertanyaan yang muncul di tes psikotes biasanya cukup menantang. Karena itu, orang-orang biasa melakukan latihan psikotes terlebih dahulu untuk mempersiapkan diri. 

Di bawah ini adalah 5 situs latihan psikotes online yang bisa kamu coba!

Baca juga: Gunakan 5 Situs Ini untuk Membuat Portofolio Lamaran Kerja Menarik

Job Test Prep

Situs latihan psikotes online yang pertama adalah Job Test Prep. Dalam situs ini, kamu bisa berlatih diri dengan beragam jenis psikotes online yang digunakan dalam seleksi kerja, termasuk tes kepribadian dan tes kemampuan.

Model-model psikotes online di Job Test Prep berupa Tes SHL, Korn Ferry/Talent-Q, Cut-e/Aon, Saville Assessment, CCAT, McQuaig, Thomas GIA, UCAT, dan Watson Glaser. Psikotes online yang disediakan Job Test Prep dalam bahasa Inggris, sehingga berguna buat kamu yang lagi mau melamar ke perusahaan internasional.

Pros:

  • Menyediakan psikotes online dalam beraneka macam model.
  • Ada tes kepribadian dan tes kemampuan.

Cons:

  • Hanya dalam bahasa Inggris, nggak cocok kalau kamu sedang mencari tes psikotes bahasa Indonesia.

Baca juga: Cari Lowongan Magang Anak SMA dan Kuliah? Cek 5 Situs Ini!

Practice Aptitude Test

Situs latihan psikotes online yang satu ini memiliki tes kecakapan verbal, tes numerik, dan tes abstrak. Practice Aptitude Test menyediakan psikotes online untuk bidang-bidang pekerjaan yang berkaitan dengan perbankan, akuntansi, finance, hukum, teknik, business, pemasaran, dan bidang vokasi.

Kategori psikotes online yang diberikan adalah numerical reasoning, verbal reasoning, diagrammatic reasoning, situational judgement, mechanical reasoning, dan tes kepribadian.

Pros:

  • Tes numerik situs ini lengkap dan tergolong salah satu yang terbaik.

Cons:

  • Hanya tersedia dalam bahasa Inggris.
  • Untuk mendapat fitur premium, pengguna harus membeli langganan.

Baca juga: Ini Dia 5 Platform Belajar UI/UX Gratis untuk Pemula, Pasti Berguna!

Psikotesyuk.com

Psikotesyuk.com merupakan situs latihan psikotes online berbahasa Indonesia yang bisa dicoba. Pastikan bahwa kamu memiliki akun di situs ini untuk mengerjakan psikotes online. Tenang, gratis, kok!

Setelah berhasil mendaftarkan akun, kamu bisa login dan mengakses berbagai jenis tes psikotes online, seperti tes keterampilan spasial, tes verbal, tes matematika dasar, dan tes ketelitian. Setelah latihan psikotes online selesai, situs ini akan memperlihatkan data performa kamu dalam setiap bagian psikotes online.

Pros:

  • Psikotes online Psikotesyuk.com sesuai standar rata-rata perusahaan di Indonesia.

Cons:

  • Tampilan UI/UX kurang nyaman di mata.

Baca juga: Ada 5 Platform Belajar Coding Gratis yang Bisa Bikin Skill Kamu Level Up!

Latihanpsikotes.com

Latihanpsikotes.com merupakan sebuah platform psikotes online yang menawarkan berbagai macam latihan psikotes yang bisa kamu kerjakan di mana pun.

Selain secara online, ada fitur download yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh soal-soal tes psikotes supaya bisa dikerjakan secara offline. Kamu juga mengakses berbagai artikel menarik berisi tips mengerjakan psikotes online untuk mendapat hasil terbaik.

Pros:

  • Bisa download latihan soal.
  • Menyediakan artikel-artikel yang bisa dibaca.

Cons:

  • Sebagian artikel kurang update.

Baca juga: Ada 5 SEO Tools untuk Pemula, Gratis Semua!

ProProfs

ProProfs adalah situs penyedia latihan psikotes online yang menawarkan berbagai jenis soal latihan yang sangat terintegrasi. 

Di sini, kamu bisa mengakses beragam psikotes online dalam lebih dari 40 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Jepang, Inggris, dan Mandarin. Kalau kamu ingin sedang mengincar perusahaan di negara-negara lain, psikotes online dari ProProfs bisa jadi acuan belajar!

Pros:

  • Menyediakan psikotes online dalam lebih dari 40 bahasa.

Cons:

  • Tingkat kesulitan psikotes online ProProfs belum mencapai tingkat yang advanced.

Itu dia 5 situs latihan psikotes online gratis yang bisa jadi bahan belajar!

Mau informasi loker ter-update? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond