gagal menampilkan data

Article

Halo Effect: Kunci untuk Disenangi Semua Orang, Ini Definisi dan Cara Praktiknya!

Written by Adila Putri Anisya

Kamu ingin disenangi oleh setiap orang yang kamu temui? Coba deh, terapkan ‘Halo Effect’ (efek halo), fenomena ini seringkali berhasil membuat perspektif orang lain menjadi positif terhadap kita bahkan tanpa harus mencoba. Yuk, kenali lebih dalam!

Baca juga: Rahasia-rahasia yang Bisa Bikin Kamu Jago Public Speaking

APA ITU HALO EFFECT?

Halo effect adalah ketika kesan pertama (first impression) mempengaruhi perspektif orang lain terhadap keseluruhan karakter kita.

Dalam kata lain, ketika kita memiliki pandangan positif terhadap seseorang, maka secara otomatis kita cenderung akan menganggapnya positif secara keseluruhan, meski kita sendiri mungkin belum memiliki pengalaman dengan orang tersebut.

Sebaliknya, ketika seseorang tidak terlihat menarik dikesan pertamanya, maka kita cenderung mengasumsikan bahwa orang tersebut kurang cerdas dan memiliki sifat negatif lainnya, meski itu mungkin tidak benar.

Dengan menerapkan halo effect, artinya kamu akan memanipulasi pandangan seseorang terhadap diri kamu, baik itu secara penampilan maupun karakter.

Baca juga: Viral Tentang Manifesting di Medsos, Memang Apa Artinya?

HAL YANG AKAN DITERIMA SAAT MENERAPKAN ‘HALO EFFECT’

Tak semua orang memahami halo effect, padahal hal ini sangat memengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk penilaian dalam konteks profesional, pengambilan keputusan, evaluasi kinerja, dan persepsi sosial. Adapun hal-hal yang mungkin akan diterima ketika kamu menerapkan efek halo, antara lain:

DICINTAI BANYAK ORANG

Menerapkan efek halo akan membuatmu dicintai banyak orang. Seseorang akan melihat kamu sebagai pribadi yang positif, bahkan akan mengabaikan atau tidak memperhatikan sifat negatif yang mungkin ada pada dirimu. 

DISEGANI BANYAK ORANG

Ketika mendapatkan penghormatan dari orang lain, itu dapat meningkatkan pengaruh kamu dalam kelompok atau komunitas. Orang lain mungkin lebih cenderung mendengarkan pendapatmu, mengikuti saran, atau memilih kamu sebagai pemimpin. Disegani oleh orang lain dapat memberikan kesempatan untuk memengaruhi dan membawa perubahan yang positif.

SELALU DIDENGAR

Percaya tidak percaya, jika kamu menerapkan halo effect, pasti akan selalu didengar saat berbicara. Ketika kita menjadi orang yang didengar, kita memiliki kesempatan untuk mempengaruhi orang lain, memperjuangkan gagasan dan pandangan kita. Selain itu, ketika kita menyampaikan pesan dengan jelas dan mendapatkan perhatian orang lain, mereka cenderung lebih terbuka terhadap apa yang kita katakan.

Baca juga: 5 Tanda Independent Woman yang Menarik Perhatian Laki-laki, Termasuk Kamu?

CARA MEMPRAKTIKAN HALO EFFECT

Efek halo bisa kamu praktikan dimana saja, baik dalam dunia kerja, sosial, maupun menarik perhatian lawan jenis. Berikut ini adalah cara mempraktikan efek halo yang efektif.

BERPAKAIAN RAPI

Berpakaian rapi dapat mempengaruhi cara orang lain memperlakukan dan berinteraksi dengan kita. Tidak perlu baju yang mahal, cukup sesuaikan baju dengan warna kulitmu. Pintar mix and match adalah kunci agar pakaianmu enak dipandang orang lain.

Seseorang cenderung akan lebih responsif dan lebih terbuka terhadap individu yang tampil rapi. Ini dapat memudahkan komunikasi, memperoleh dukungan, atau membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

MENGGUNAKAN PARFUM, MAKEUP, DAN PERHIASAN

Tak hanya berpakaian rapi, menggunakan parfum, makeup dan sedikit perhiasan bagi perempuan bisa menjadi nilai plus ketika bertemu dengan seseorang. Untuk laki-laki, kamu juga bisa menggunakan jam tangan untuk meningkatkan penampilanmu. Dengan mempraktikkan hal ini, orang-orang di sekitarmu akan lebih nyaman.

KOMUNIKASI DAN TUTUR KATA YANG BAIK

Komunikasi yang baik memungkinkan kita untuk membangun hubungan yang sehat dan bermakna dengan orang lain. Dengan tutur kata yang sopan, intonasi yang baik, dan mendengarkan dengan penuh perhatian, akan menciptakan ikatan emosional yang positif. Komunikasi yang baik juga membangun rasa saling percaya dan memperkuat hubungan interpersonal.

KONTAK MATA

Kontak mata dapat membangun hubungan dan koneksi lebih dalam dengan orang lain. Ketika kita melihat orang secara langsung dalam mata, kita menciptakan ikatan emosional yang lebih kuat dan menunjukkan minat serta perhatian pada mereka. Hal ini membantu membangun hubungan yang lebih intim dan saling menghargai.

Baca juga: Lagi Mau Level Up? Dengerin 7 Podcast Pengembangan Diri Ini!

Itulah beberapa contoh halo effect yang bisa kamu praktikan. Namun penting untuk diingat, kamu harus memanfaatkannya dengan baik, jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang melanggar norma. Semoga informasi ini membantu!

Join Girls Beyond Circle untuk diskusi seputar halo effect dan personal growth lainnya agar kamu terus berkembang!

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Skill Komunikasi di Dunia Kerja, Jobseeker Wajib Tahu!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond