gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Kekayaan Elon Musk Setelah Beli Twitter, Berada di Peringkat Satu!

Written by Adila Putri Anisya

Salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk cukup sering dibicarakan akhir-akhir ini. Sebagai pemilik Twitter, ada banyak perubahan yang dibuat olehnya, mulai dari fitur dan kebijakan-kebijakan lain yang membuat warga Twitter tidak nyaman. Meski begitu, kekayaan Elon Musk masih sering dipertanyakan. Kira-kira berapa kekayaan beliau sekarang? Yuk, simak ulasan berikut.

Baca juga: 7 Perempuan Self-Made yang Buktikan Siapa Saja Bisa Sukses

KEKAYAAN ELON MUSK 2023

kekayaan elon musk VOI
Sumber foto: VOI

Dilansir dari Forbes per 26 Juli 2023, Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai $239.9B. Jumlah kekayaan tersebut mengalahkan Bernard Arnault pemilik Louis Vuitton, yang memang sering bertukar posisi dengan Elon Musk.

Musk memiliki berbagai sumber penghasilan yang terdiri dari enam perusahaan, termasuk pembuatan mobil listrik Tesla, roket SpaceX dan perusahaan rintisan terowongan Boring Company.

Kekayaan Elon Musk sempat merosot ketika dirinya membeli Twitter pada 27 Oktober 2022 lalu. Pembelian Twitter tersebut membutuhkan waktu yang panjang sebelum akhirnya berada di tangan Elon Musk. 

Menurut berbagai sumber, pembelian Twitter tahun lalu membuat saham Tesla anjlok sekitar 50% ini membuat para investor khawatir. Bahkan saat itu Elon Musk turun dari nomor satu ke nomor dua setelah akuisisi Twitter yang hampir menenggelamkan saham Tesla. Namun seiring berjalannya waktu, Musk berhasil menduduki peringkat satu di tahun 2023.

Baca juga: Selena Gomez Jadi Duta UNICEF Termuda, Apa Saja Pencapaian Lainnya? 

ELON MUSK MEMBUAT RESAH WARGA TWITTER

kekayaan elon musk twitter logo baru X
Sumber foto: Kabar Banten

Awalnya warganet tak terlalu menanggapi soal pembelian Twitter oleh Elon Musk, namun semenjak perubahan fitur dan kebijakan Twitter yang membuat pengguna twitter tidak nyaman, mereka menjadi sering protes, dan berakhir menyudutkan Elon Musk.

Hanya dalam waktu sepekan Musk mengambil alih Twitter, ia sudah banyak membuat sejumlah perubahan, mulai dari PHK karyawan, perubahan kebijakan centang biru hingga menjadikan Twitter sebagai platform periklanan. Hal ini membuat warga Twitter terkejut atas langkah yang Musk ambil.

Hingga saat ini ada banyak sekali perubahan yang dilakukan Elon Musk pada Twitter. Baru-baru ini, warganet kembali dikejutkan dengan keputusan Musk untuk mengganti logo Twitter, yang mana selama ini dikenal dengan lambang burung biru, kini berganti menjadi X. 

CEO Twitter, Linda Yaccarion angkat suara dan mengatakan penggantian logo ini adalah bagian dari rebranding dan memperkenalkan poros utama untuk platform microblogging. Menurut Elon Musk, logo X akan menjadi akhir perjalanan logo ikonik burung biru.

Baca juga: Viral di TikTok! Kata Rizz adalah: Definisi Lengkap dan Cara Memilikinya

PROFIL DAN PERJALANAN KARIR ELON MUSK

kekayaan elon musk saat lulus
Sumber foto: Euronews

Elon Musk lahir pada tanggal 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Ia merupakan anak dari pasangan Maye Musk, seorang model dari Regina Saskatchewan dan Errol Musk seorang ahli elektromekanik.

Elon Musk pernah belajar di beberapa perguruan tinggi terkemuka, termasuk Universitas Pretoria, dengan jurusan fisika dan ekonomi. Namun, setelah beberapa tahun, ia pindah ke Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat dan meraih gelar sarjana dalam bidang ekonomi dan fisika.

Setelah menyelesaikan studinya di Universitas Pennsylvania, Musk pindah ke California untuk mengejar karir di bidang teknologi dan inovasi. Ia memulai perjalanan karier dengan mendirikan perusahaan web bernama Zip2, sebuah perusahaan yang menyediakan solusi peta online untuk perusahaan media. Pada tahun 1999, Compaq mengakuisisi Zip2 dengan nilai sekitar $307 juta, memberikan Elon Musk kesuksesan pertamanya dalam dunia bisnis.

Pada tahun 2004, Musk bergabung dengan perusahaan mobil listrik, Tesla Motors (sekarang dikenal sebagai Tesla, Inc.). Dia berperan sebagai CEO dan arsitek utama di balik produk-produk inovatif, yang mendefinisikan kembali industri otomotif dan mendorong popularitas mobil listrik. Kesuksesan Tesla mengantarkan Musk menjadi salah satu orang terkaya di dunia sampai saat ini.

Itulah kekayaan seorang Elon Musk saat ini, jika kamu bertanya, "Berapa total kekayaan Elon Musk dalam rupiah?" Nilai kekayaan bersihnya per 26 Juli 2023 tercatat sebesar 3.592 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.032,75/US$). Sangat besar bukan? Meski begitu, peringkat Elon Musk mungkin berubah, dan ada kemungkinan bahwa ada orang lain yang saat ini menjadi orang terkaya di dunia.

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

Sumber foto: WikiCommons