gagal menampilkan data

Article

Anti Boros! Ini 5 Cara Menabung Gaji UMR Paling Efektif

Written by Adila Putri Anisya

Gaji UMR (Upah Minimum Regional) terkadang membuat kita kesulitan menabung. Padahal, menabung merupakan hal penting, terutama ketika dalam keadaan darurat. Menabung nggak harus banyak kok! karena menabung bukanlah tentang uang yang besar, tetapi lebih kepada kebiasaan dan konsistensi. Lalu, bagaimana cara menabung gaji UMR yang efektif? simak informasinya di bawah ini ya!

Baca juga: Lakukan Tips Manajemen Keuangan Ini untuk Menabung Tiket Konser!

CARA MENABUNG GAJI UMR

Meski kondisi setiap orang berbeda-beda, bukan menjadi penghalang seseorang nggak bisa nabung. Pasalnya, walau kondisi kamu sulit, usaha kecil yang kamu lakukan untuk menabung, bisa memiliki dampak positif di masa depan. 

Berikut adalah cara menabung dengan gaji UMR yang bisa kamu terapkan.

MENERAPKAN METODE 60, 20, 20

Metode 60, 20, 20 merupakan metode menabung yang tepat untuk gaji UMR, di mana 60% untuk biaya sehari-hari, 20% untuk tabungan/investasi dan 20% untuk keinginan. 

Misalnya, gaji UMR kamu sebesar Rp4,9 juta di Jakarta, maka 60%-nya adalah Rp2,940.000 dan 20%-nya Rp980 ribu. Dalam sebulan, kamu hanya boleh mengeluarkan 60% untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan, obat-obatan, skincare, ongkos, peralatan rumah tangga, atau bayar kosan. 

Sementara itu, sebanyak 20% Rp980 digunakan untuk menabung dan 20%-nya lagi membeli keinginan, seperti jalan-jalan atau sekedar membeli barang yang kamu sukai.

MEMBUAT REKENING TABUNGAN

Jika kamu ingin menabung, pastikan uang tersebut nggak disatukan dengan rekening yang digunakan sehari-hari. Lebih baik, buatlah rekening khusus tabungan. Ini akan mencegah kamu nggak sengaja mengambil uang tabungan.

Saat ini, hampir semua bank Indonesia menawarkan tabunganku, seperti BCA Tabunganku, BNI Tabunganku, Mandiri Tabunganku, dll. Kamu nggak perlu khawatir, tabunganku nggak ada potongan biaya admin, kamu juga nggak bisa mengambil uang selain di ATM, dan minimal transaksi hanya Rp1 juta per hari. Sangat aman bukan?

MEMBUAT ANGGARAN KEUANGAN

Cara mengatur gaji UMR juga bisa dilakukan dengan membuat anggaran keuangan. Ini sangat cocok buat kamu yang memang boros. Dengan membuat anggaran yang rasional, kamu akan tahu kemana uang itu harus dialokasikan.

Contoh alokasi gaji dan anggarannya, bisa kamu lihat pada kolom berikut ini.

Gaji: Rp4,9 juta

Alokasi GajiAnggaran
MakanRp1.000.000
TransportasiRp500.000
Bayar kosRp1.000.000
Kebutuhan rumah tangga (termasuk listrik, air) Rp500.000
SedekahRp100.000
Kirim orang tuaRp800.000
NabungRp500.000
Belanja bulananRp500.000

Lalu, bagaimana cara menabung gaji 4 jutaan? anggaran keuangan diatas sebenarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kamu, yang terpenting adalah pengeluaran tersebut harus sesuai dengan anggaran yang sudah kamu buat.

MEMBIASAKAN HIDUP HEMAT

Membiasakan hidup hemat merupakan cara menabung gaji UMR yang benar-benar harus diterapkan. Dengan hidup hemat, kamu mengurangi risiko terjebak dalam hutang yang berlebihan. Hutang yang nggak terkendali dapat mengganggu keseimbangan keuangan, sehingga nggak bisa menabung.

Namun, perlu diingat, bahwa hidup hemat bukan berarti kamu harus mengorbankan kualitas hidup atau menahan diri sepenuhnya dari kenikmatan. Ini lebih tentang menemukan keseimbangan antara kebutuhan dan keinginan, serta mengelola sumber daya dengan bijak.

Terus, bagaimana sih cara membiasakan hidup hemat? setiap orang mungkin memiliki cara masing-masing. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu contoh, misalnya:

  • Membuat anggaran keuangan
  • Memprioritaskan kebutuhan dasar
  • Gunakan transportasi murah
  • Gunakan marketplace untuk belanja lebih murah atau belanja di tempat relatif murah
  • Masak di rumah (jangan terlalu sering beli makanan di luar)
  • Membawa bekal makanan ke kantor
  • Hemat penggunaan listrik dan air
  • Batasi akses hiburan
  • Beli barang yang dibutuhkan dan jual yang nggak digunakan, jangan impulsif!

ALOKASIKAN PENGELUARAN YANG KURANG DIPERLUKAN UNTUK MENABUNG

Pernahkah nggak sih kamu mengeluarkan uang yang sebenarnya nggak perlu-perlu banget? kalau pernah, lebih baik gunakan uang tersebut untuk ditabung! Penting untuk tahu prioritas dan non prioritas, ini akan memberikan kamu lebih banyak ruang untuk menabung atau mengalokasikan dana untuk tujuan yang penting.

Kamu bisa mengalokasikan sebagian dari penghematan yang kamu capai dari pengeluaran tidak perlu untuk menambah dana tabungan Namun, sebaiknya cara ini hanya dilakukan jika kamu sudah memiliki dana darurat yang cukup dan telah memenuhi kebutuhan dasar dan tujuan finansial yang lebih penting.

Menabung dengan gaji UMR tetaplah penting, meskipun mungkin akan lebih menantang dibandingkan dengan menabung dengan gaji yang lebih tinggi. Meskipun gaji UMR mungkin tidak besar, namun dapat membantu kamu memiliki cadangan dana untuk menghadapi situasi darurat atau peristiwa tak terduga yang mungkin terjadi. 

Yuk, rajin menabung!

Ingin informasi lebih tentang cara menabung gaji UMR? jangan ragu untuk bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle, yuk kita diskusi disana!

Baca juga: Kenali Financial Abuse, Kekerasan Lewat Keuangan

Sumber gambar : Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond