gagal menampilkan data

Article

5 Perpustakaan di Jakarta Nyaman & Estetik, Gen Z Wajib ke Sini!

Written by Adila Putri Anisya

Ada banyak perpustakaan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Tak hanya nyaman, tapi juga estetik, sehingga cocok banget dikunjungi Gen Z yang bosan dengan nuansa belajar atau sekadar ingin mencari ketenangan di perpustakaan.

Dengan koleksi buku yang beragam dan fasilitas yang modern, perpustakaan-perpustakaan ini menawarkan tempat yang sempurna untuk membaca, belajar, dan bersantai.

Kalau kamu berencana untuk ke perpustakaan di wilayah Jakarta, berikut adalah beberapa rekomendasi perpustakaan yang wajib kamu kunjungi.

Baca juga: Butuh Tempat Buat Nugas? Yuk, Berkunjung ke Perpustakaan Keren Ini!

REKOMENDASI PERPUSTAKAAN DI JAKARTA

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa perpustakaan merupakan tempat yang kaku dan cenderung membosankan. Padahal, di Jakarta ada banyak loh perpustakaan yang nyaman dan estetik, nuansanya cocok banget untuk para anak muda yang ingin mengerjakan tugas atau sekedar baca-baca. 

Di bawah ini adalah 5 rekomendasi perpustakaan daerah Jakarta yang wajib banget kamu kunjungi.

OMAH LIBRARY

perpustakaan di jakarta omah library
Sumber foto: Manual Jakarta

Kalau kamu suka membaca buku tentang arsitektur, Omah Library adalah perpustakaan yang tepat. Perpustakaan ini layak disebut “hidden gem” karena tempatnya yang nyaman, estetik, dan tak banyak orang yang tahu. 

Perpustakaan ini mengusung konsep bioklimatik atau rendah energi dengan memanfaatkan sinar matahari dan angin langsung. Di sini, terdapat fasilitas wifi, meja, dan kursi yang nyaman, sehingga seperti sedang berada di rumah.

  • HTM: Mulai dari Rp30 ribu -  Rp50 ribu
  • Alamat: Taman Villa Meruya Blok F2/15-16, Karang Mulya, Kec. Kembangan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 
  • Info selengkapnya: Instagram.com/omahlibrary

ERASMUS HUIS LIBRARY

perpustakaan di jakarta erasmus huis library
Sumber foto: Alinear.id

Erasmus Huis adalah perpustakaan aesthetic di Jakarta dengan ruangan yang ramah, modern, dan nyaman. Ketika kamu masuk ke tempat ini, kamu akan menemukan ketenangan di dalamnya. Sayangnya, kamu nggak boleh bawa barang elektronik di sini.

Meski lokasinya berada di kantor kedutaan Belanda, perpustakaan ini dibuka untuk umum. Kamu bisa membaca berbagai macam buku di sana, mulai dari seni budaya Indonesia & Belanda hingga buku anak-anak berbahasa Inggris & Indonesia.

PERPUSTAKAAN JAKARTA DI TAMAN ISMAIL MARZUKI (TIM)

perpustakaan di jakarta perpustakaan jakarta di tamah ismail marzuki
Sumber foto: Instagram/@perpusjkt

Perpustakaan Jakarta Cikini ini memang sudah viral banget di kalangan anak muda. Selain tempatnya estetik, ada banyak pilihan buku juga di sana. Meski ruangannya terbuka dan penuh cahaya matahari, tapi ruangannya cukup dingin.

Ada berbagai fasilitas yang tersedia, mulai dari bilik diskusi, ruang siaran, hingga komputer khusus pengunjung yang sudah memiliki kartu keanggotaan. Sebelum datang ke sini, pastikan kamu sudah reservasi terlebih dahulu ya!

  • HTM: Gratis
  • Alamat: Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Info selengkapnya: Instagram/@perpusjkt

BACA DI TEBET: PERPUSTAKAAN DAN RUANG TEMU

perpustakaan di jakarta baca di tebet
Sumber foto: Urbanasia.com

Perpustakaan di Jakarta Selatan ini, pengunjung nggak hanya bisa baca buku saja. Tapi, kamu juga bisa baca buku sambil makan dan ngopi di area Ruang Temu. Bagi kamu yang gemar membaca, bisa dibilang di sini adalah surganya buku, banyak sekali buku yang menarik bahkan ada yang harganya mencapai jutaan rupiah.

Kalau kamu mau ke sini, sebaiknya jangan berkunjung di hari Jumat dan Sabtu karena akan ramai. Untuk hari Senin dan hari libur nasional, perpustakaan ini tutup. Jadi, disarankan berkunjung di Hari Minggu, Selasa, atau Kamis.

PERPUSTAKAAN FREEDOM INSTITUTE

perpustakaan di jakarta freedom institute
Sumber foto: Freedom Institute

Kalau kamu mau ke perpustakaan gratis di Jakarta, kamu bisa ke Freedom Institute. Perpustakaan ini sangat nyaman dan cocok untuk mengerjakan tugas. Agar bisa masuk ke dalam, kamu perlu melakukan registrasi dengan membuat kartu keanggotaan.

Tersedia berbagai fasilitas, seperti jaringan wifi, bilik baca lengkap dengan stop kontak, hingga meja panjang yang cocok untuk digunakan kerja kelompok. Jika kamu ingin bersantai sambil membaca buku, ada sofa empuk juga disana.

Itu dia beberapa perpustakaan di Jakarta yang terkenal nyaman dan estetik. Sebelum berkunjung kesana, pastikan untuk selalu melihat informasi terkait perpustakaan melalui website resmi atau media sosialnya karena beberapa perpustakaan bersistem reservasi. 

Jadi, perpustakaan mana yang membuatmu tertarik?

Yuk, perbanyak koneksi secara virtual dengan masuk komunitas Girls Beyond Circle, klik di sini untuk bergabung!

Baca juga: TERBARU! 7 Rekomendasi Buku Maudy Ayunda yang Bahas tentang Personal Growth

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond