gagal menampilkan data

Article

7 Contoh Gaslighting Dalam Percintaan dan Cara Meresponnya!

Written by Adila Putri Anisya

Dalam hubungan percintaan, komunikasi yang sehat sangatlah penting. Namun, terkadang ada taktik manipulatif yang digunakan oleh salah satu pasangan untuk mengendalikan pikiran serta perasaan pasangan mereka. Salah satu taktik ini dikenal sebagai gaslighting. Bagaimana contoh gaslighting?

Sebelum tahu contoh-contoh kalimat gaslighting, penting untuk memahami apa itu gaslighting. Gaslighting adalah taktik manipulatif yang digunakan untuk membuat orang lain meragukan diri mereka sendiri. 

Dalam hubungan percintaan, gaslighting dilakukan dengan cara mengubah fakta, memutarbalikkan kejadian, atau menggambarkan pasangan sebagai orang yang tidak dapat diandalkan atau tidak masuk akal. 

Berikut adalah beberapa contoh kalimat gaslighting yang perlu diwaspadai dalam hubungan.

Baca juga: Romantis atau Manipulatif? Yuk, Kenalan dengan Love Bombing!

“KAMU GAK BISA DIPERCAYA, AKU LEBIH BAIK DARI KAMU”

Contoh gaslighting ini biasanya terlontar ketika pelaku gaslighting meragukan kemampuan mereka dalam membuat keputusan atau penilaian. Mereka mencoba mengambil kendali atas kehidupanmu, ini dapat menimbulkan efek di mana korban nantinya akan selalu bergantung pada pendapat pelaku.

Jika kamu mengalami situasi ini, sebaiknya kamu membela diri dengan bersikap tegas, “Aku tahu mana yang baik dan buruk untuk urusan ini. Meski kamu meragukanku, tapi aku yakin dengan keputusanku sendiri.”

Baca juga: Tips untuk Meninggalkan Toxic Relationship, Jangan Mau Terjebak Terus!

“AKU MELAKUKAN INI KARENA MENCINTAIMU, KAMU GAK AKAN BISA HIDUP TANPA AKU”

Jika pasanganmu berbicara ini kepadamu, artinya mereka ingin memperkuat kekuasaan dan kendali mereka atas dirimu. Mereka mencoba untuk membuat kamu ketergantungan dengan mereka. Ini membuat kamu meragukan kemampuan diri untuk hidup tanpa kehadiran mereka.

Katakan bahwa kamu menyadari pernyataannya, tapi katakan juga bahwa kamu tidak setuju dengan cara pembenarannya. Beritahu tindakannya tersebut seharusnya tidak melibatkan kontrol atau manipulasi. Kamu bisa menjawab seperti ini, “Aku tahu kalau kamu mencintaiku, tetapi caramu salah dan ini membuat aku tidak nyaman.”

Baca juga: 8 Tanda Playing Victim dalam Hubungan dan Tips Menghadapinya

“KAMU SELALU MENGINGKARIKU. AKU TIDAK PERNAH MELAKUKAN HAL YANG KAMU TUDUHKAN”

Contoh gaslighting ini akan membuat korban meragukan ingatan mereka sendiri. Pelaku gaslighting mencoba untuk memutar balikan situasi dan meyakinkan pasangannya bahwa mereka tidak melakukan hal-hal buruk tersebut, padahal sebenarnya mereka melakukannya.

Jika kamu mulai terlena dengan taktik manipulatif ini, cobalah untuk menekan keterbukaan, kamu bisa menjawabnya dengan kalimat seperti ini, “Yuk, kita berbicara terbuka dan jujur satu sama lain. Kalau ada ketidaksesuaian, kita cari cara untuk menyelesaikannya”.

Baca juga: Red Flag dalam Hubungan? Kenali 5 Ciri-cirinya

“KALAU KAMU CINTA DENGANKU, KAMU AKAN MEMBIARKAN APAPUN YANG AKU INGINKAN”

Ketika kamu mencoba menetapkan suatu batasan kepada pelaku gaslighting, mereka mungkin akan merasa bersalah, tapi justru akan membuatmu tambah merasa bersalah dengan mengatakan bahwa kamu terlalu mengekangnya.

Untuk menjawab kalimat gaslighting ini, kamu bisa menjawabnya seperti ini, “Setiap hubungan seharusnya didasari dengan saling pengertian dan menghormati kebutuhan masing-masing. Kita perlu menentukan batasan apa saja agar kedepannya nggak menyinggung satu sama lain.”


Baca contoh gaslighting dalam hubungan lainnya.

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond