gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Cara Menentukan Personal Color, Bikin Penampilan Lebih Stand Out!

Written by Adila Putri Anisya

Tes personal color merupakan tren yang populer di Korea Selatan. Dengan mengikuti tes ini, seseorang dapat meningkatkan penampilannya dan menambah kecantikannya.  Lantas, bagaimana sih cara menentukan personal color?

Sesuai dengan namanya personal color’ atau warna pribadi. Setiap orang memiliki warna pribadi yang berbeda, ini dikarenakan warna kulit, tekstur, dan fitur alami seseorang berbeda-beda.

Mungkin, kamu pernah merasa ketika menggunakan pakaian warna tertentu, kamu terlihat lebih cantik dibandingkan dengan warna lainnya yang membuat kamu terlihat kusam atau pucat. Fenomena itulah yang menegaskan berapa pentingnya pemilihan warna dalam mempengaruhi kesan visual dan penampilan seseorang.

Jadi, apakah kamu penasaran dengan cara mengetahui personal color? Simak ulasan berikut ya!

Baca juga: Ini 5 Cara Menentukan Personal Style Agar Penampilanmu Menarik!

APA ITU PERSONAL COLOR?

Sebelum membahas lebih detail tentang cara menentukan personal color. Mari kita cari tahu dulu apa itu personal color.

Dilansir dari The Sungkyun Times, personal color merujuk pada warna yang paling sesuai dengan karakteristik warna tubuh seseorang. 

Dengan menjalani tes personal color, seseorang dapat menentukan warna kosmetik, pakaian, dan perhiasan yang paling cocok dengan warna kulit mereka. 

Tes ini tidak hanya mempertimbangkan warna kulit, tetapi juga memperhitungkan berbagai faktor lain seperti warna rambut dan pupil mata.

Ketika kita telah mengetahui warna pribadi, kita dapat menutupi kelemahan kita dan memaksimalkan kelebihan kita untuk menciptakan aura yang lebih positif, sehingga bisa lebih percaya diri.

Hal tersebut didukung dengan pernyataan dari laman MyColor.Kr, bahwa penggunaan personal color mempengaruhi pola kehidupan individu, kondisi psikologis, dan bioritme.

Baca juga: Prediksi 6 Tren Kecantikan 2024 ala Pinterest, Buat Penampilanmu Makin Ciamik!

4 TIPE SEASONAL PERSONAL COLOR

Personal color terbagi menjadi empat jenis berdasarkan seasonal dan warna dasar, antara lain:

WARM SPRING TONE

Seseorang yang memiliki tipe warm spring tone terkesan muda, ceria, dan penuh energi. Mereka biasanya memiliki rambut dan warna mata yang cenderung cerah, seperti pirang atau keemasan, dan warna mata coklat terang.

Warna-warna yang paling cocok untuk tipe ini adalah warna-warna hangat dan cerah seperti peach, coral, golden yellow, dan lime green. Warna-warna ini akan memberikan kilau dan kehangatan pada tampilan seseorang dengan tipe ini.

COOL SUMMER TONE

Seseorang yang memiliki tipe cool summer tone, memiliki penampilan yang cheerful dan fresh. Biasanya tipe ini dimiliki oleh undertone cool dengan warna rambut dan mata yang gelap.

Warna-warna yang paling cocok untuk tipe cool summer tone adalah warna-warna lembut dan netral seperti mint, soft fuchsia, lavender, icy pink, dan rose. Warna-warna ini akan memberikan kesan elegan jika digunakan orang dengan cool summer tone.

WARM AUTUMN TONE

Warna warm autumn tone umumnya dimiliki oleh seseorang yang memiliki rambut dan mata yang terang. Palet warna ini dikaitkan dengan nuansa kenyamanan, keagungan, dan kemewahan. 

Untuk memperkuat daya tarik karakteristik pemilik warna warm autumn, disarankan untuk memilih nuansa warna yang lebih gelap dan keruh, seperti coklat, forest green, deep peach, dan cream.

COOL WINTER TONE

Cool winter tone memiliki citra yang kuat, sopan, dan selaras dengan warna-warna dingin. Seseorang yang memiliki tone ini, biasanya memiliki warna kulit cool undertone dengan rambut dan warna mata gelap.

Warna yang paling cocok untuk tipe warm autumn tone adalah warna-warna dark cool, seperti hot pink, ungu, abu-abu, dan burgundy, yang membuat mereka terlihat karismatik dan berkelas.

Baca juga: Prediksi 7 Tren Makeup 2024 yang Akan Viral Menurut Expert, Kamu Wajib Coba!

CARA MENENTUKAN PERSONAL COLOR

Setelah mengetahui tipe seasonal personal color, sekarang saatnya menentukan warna pribadi apa yang cocok dengan diri kamu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

TEMUKAN WARNA UNDERTONE KULIT

cara menentukan personal color
Sumber foto: WikiHow

Undertone kulit merupakan rona yang ada di bawah permukaan kulit kita. Biasanya, hal ini dapat dilihat dari pembuluh darah yang ada di bagian pergelangan tangan.

  • Jika didominasi oleh warna biru, artinya kamu memiliki cool tone.
  • Jika didominasi oleh warna hijau, maka kamu memiliki warm tone.

WARNA LIPSTIK

cara menentukan personal color
Sumber foto: The Official Register of Color Names

Apabila kamu sudah tahu warna permukaan kulit, cara selanjutnya adalah menyesuaikan dengan warna lipstik yang digunakan. 

  • Jika kamu merasa cocok dan tampak lebih cerah menggunakan lipstik berwarna peach orange, artinya kamu memiliki warm tone.
  • Jika kamu merasa cocok dan tampak lebih cerah menggunakan lipstik berwarna pink, artinya kamu memiliki cool tone.

SESUAIKAN DENGAN PAKAIAN DAN AKSESORIS

cara menentukan personal color
Sumber foto: Pexels

Cara mengetahui personal color yang terakhir adalah dengan menyesuaikan jenis pakaian atau aksesoris yang digunakan.

  • Jika kulit kamu terlihat lebih cerah dengan baju atau perhiasan warna putih/silver, artinya kamu termasuk cool tone.
  • Jika kulit kamu terlihat lebih cerah dengan perhiasan warna emas atau baju dengan ivory/beige, artinya kamu termasuk warm tone.

LAKUKAN PERSONAL COLOR TEST DENGAN AHLI

cara menentukan personal color
Sumber foto: Hab Korea

Masih belum yakin dengan cara di atas? Kamu bisa kunjungi personal color test, lho. Pengenalan tes warna ini nantinya akan ditangani oleh seorang profesional. Mereka akan membantu kamu menentukan warna yang cocok untuk karakter pribadi kamu.

Dalam tes ini, kamu akan diberikan berbagai kain warna dan nantinya warna yang cocok akan memberikan kulit kamu cerah. Setelah itu, kamu akan diberikan rekomendasi warna-warna yang cocok dengan personal color kamu.

Personal color test ini berbayar, ya! Dilansir dari Volumedia, harga personal color test dimulai dari harga Rp1 jutaan. Ya, memang terbilang cukup mahal, namun akan sebanding dengan penentuan penampilanmu ke depannya.

Kamu tak perlu membuang-buang uang dengan salah membeli perhiasan, baju, atau salah mewarnai rambut yang akhirnya membuat penampilan kamu tidak terlihat baik.

Itulah berbagai cara menentukan personal color yang bisa kamu lakukan. Dengan mengetahui warna pribadimu, kamu dapat tampil lebih baik dan memancarkan aura bersinar!

Tertarik mencoba personal color test?

Mau tahu informasi menarik lainnya seputar entertainment? Jangan lupa untuk bergabung Girls Beyond Circle!

Baca juga: 7 Tips Makeup untuk Interview Kerja, Simpel dan Terlihat Profesional!

Sumber foto: Pexels