Menu
Scholarship

Beasiswa untuk Kuliah di Korea Selatan, Adakah Incaranmu?

Korea Selatan merupakan salah satu negara tujuan kuliah yang paling diminati, tak terkecuali oleh masyarakat Indonesia. Sebab, Negeri Ginseng tersebut menawarkan sistem pendidikan berkualitas yang lulusannya diakui secara global. Korea Selatan merupakan rumah dari 238 perguruan tinggi. 

Menuntut ilmu di Korea Selatan memang memerlukan biaya yang nggak sedikit. Namun, jangan patah semangat dulu! Kamu tetap bisa mewujudkan mimpimu berkuliah di sana dengan sejumlah program beasiswa menarik di bawah ini. Apa saja kira-kira?

Baca juga: Yuk, Daftar 10 Beasiswa Kuliah di Dalam Negeri Ini!

Global Korean Scholarship

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Korea Selatan. Karenanya, beasiswa ini dikenal juga dengan nama Korean Government Scholarship Program (KGSP). Global Korean Scholarship (GKS) ditawarkan untuk jenjang S1, pascasarjana, serta penelitian dosen atau program pasca doktoral. 

Cakupan pembiayaan GKS meliputi tiket pesawat, biaya kuliah, kursus Bahasa Korea, biaya hidup, asuransi kesehatan, arrival and departure allowance, dan biaya akademis lainnya (penelitian dan pencetakan tesis/disertasi). Kuota penerimaan GKS relatif besar, yaitu 220 orang untuk program S1 dan 1.080 orang untuk program pascasarjana.

Informasi selengkapnya mengenai Global Korean Scholarship bisa kamu lihat di sini, ya.

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

Seoul National University Scholarship

Kamu yang pernah menonton drama Korea “SKY Castle” mungkin nggak asing lagi dengan universitas yang satu ini. Seoul National University (SNU) merupakan satu dari tiga kampus paling top di Negeri Ginseng. Bahkan, saat ini SNU menduduki peringkat pertama universitas terbaik di Korea Selatan. Tentunya sebuah kebanggaan tersendiri apabila bisa menuntut ilmu di sana. 

SNU menawarkan beasiswa untuk pelajar internasional yang tertarik berkuliah di sana. Beasiswa diberikan untuk mahasiswa program S1 dan S2 dengan cakupan biaya kuliah fully-funded, biaya hidup 900 ribu won per bulan, kursus Bahasa Korea, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan. Bagi mahasiswa S2 yang berprestasi, kamu bisa mendapatkan beasiswa melalui program Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS). Kamu akan mendapatkan pembiayaan kuliah 100% selama 4 semester, serta uang saku 500 ribu won per bulan. 

Kampus ini juga membuka SNU President Fellowship Program (SPF), serta beasiswa untuk mahasiswa yang berasal dari negara “jalur sutra” (silk road), termasuk Indonesia. Informasi lebih lengkap mengenai program beasiswa S1 Seoul National University bisa kamu baca di sini. Sementara itu, informasi terkait program beasiswa S2 bisa disimak di sini, ya.

Baca juga: Beasiswa untuk Kamu yang Ingin Kuliah Gratis di Jepang

Korea University Scholarship

Selain SNU, anggota “universitas SKY” yang kedua adalah Korea University. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta prestigius di Korea Selatan. Kampus ini menawarkan sejumlah program beasiswa bagi para mahasiswa asing di jenjang S1, salah satunya Global Leader Scholarship. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa baru Korea University. Beasiswa ini terdiri dari dua jenis, yaitu program A (gratis biaya kuliah 100%) dan program B (potongan biaya kuliah 50%). Keduanya sama-sama berlaku untuk 2 semester.

Korea University juga menawarkan beasiswa bagi mahasiswa S1 yang telah menjalani perkuliahan. Pertama, Excellence Scholarship yang diberikan berdasarkan IPK semester sebelumnya. Nggak jauh beda dengan Global Leader Scholarship, beasiswa ini terdiri dari program A (gratis biaya kuliah 100%) dan program B (potongan biaya kuliah 65%). Kedua, High Achievers Scholarship bagi kamu yang berhasil mempertahankan IPK tinggi selama 2 semester berturut-turut. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk potongan biaya kuliah hingga 50%. 

Selain itu, ada pula program beasiswa Challenges Scholarship dan Bright Future Scholarship. Informasi selengkapnya mengenai Korea University Scholarship bisa kamu simak di sini, ya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Adakah Pilihanmu?

Ewha Global Partnership Program

Ewha Womans University merupakan perguruan tinggi swasta khusus perempuan yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan. Kampus ini adalah salah satu institusi pendidikan khusus perempuan terbesar di dunia. Ewha Womans University menawarkan berbagai program beasiswa menarik, termasuk Ewha Global Partnership Program.

Program ini ditujukan bagi mahasiswi dari negara berkembang yang memiliki potensi sebagai pemimpin. Beasiswa ini diberikan untuk jenjang S1, S2, maupun S3. Cakupan pembiayaannya meliputi biaya kuliah fully-funded, biaya sewa tempat tinggal, serta tunjangan biaya hidup. 

Kamu bisa melihat informasi lebih lengkap mengenai Ewha Global Partnership Program di sini, ya.

Baca juga: 8 Beasiswa Khusus Perempuan, Kamu Perlu Tahu!

KAIST Scholarship

Korea Advanced Institution of Science and Technology (KAIST) merupakan universitas negeri yang terletak di Daejeon, Korea Selatan. Sesuai namanya, universitas ini merupakan PTN saintek pertama di sana. KAIST menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing yang berkuliah di jenjang S1. 

Beasiswa KAIST mencakup biaya kuliah, uang saku bulanan, dan asuransi kesehatan. Beasiswa ini dibuka dalam 3 gelombang, early (September-Oktober), regular (November-Januari), dan late (Maret-Mei). Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu perlu membayar biaya registrasi sebesar 80 ribu won atau kurang-lebih 950 ribu rupiah.

Informasi lebih detail mengenai KAIST Scholarship bisa kamu baca di sini.

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

AMA Scholarship

Korea National University of Arts (K-Arts) adalah kampus nasional khusus seni yang berlokasi di Seoul, South Korea. Universitas ini telah meluluskan banyak musisi, seniman, sutradara, dan selebriti ternama Korea Selatan yang prestasinya diakui oleh dunia. Sebut saja sutradara Na Hong-jin, pianis Kim Sun-wook, dan aktris Kim Go-eun. 

K-Arts menawarkan program beasiswa Art Major Asian (AMA) yang diperuntukkan bagi pelajar internasional. Beasiswa ini dibuka untuk jenjang perkuliahan S1 maupun S2. AMA Scholarship meliputi biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat. Selain itu, kamu akan mendapatkan kursus Bahasa Korea intensif selama 4 bulan sebelum memulai studimu di sana. 

Informasi selengkapnya mengenai AMA Scholarship bisa kamu baca di sini, ya.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Scholarship for Asian Students Studying in Korea

POSCO merupakan perusahaan produsen baja ternama yang berbasis di Pohang, Korea Selatan. Pada tahun 1971, pendiri POSCO, mendiang Park Tae-joon mendirikan Steel Scholarship Foundation dan membagikan beasiswa bagi masyarakat Korea Selatan. Yayasan tersebut berubah nama menjadi POSCO TJ Park Foundation pada tahun 2005 dan mulai menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional.

Beasiswa ini diberikan oleh POSCO TJ Park Foundation kepada para pelajar Asia yang tertarik untuk menuntut ilmu di Korea Selatan. Beasiswa ini berlaku bagi jenjang S2 maupun S3 dengan kuota 50 orang per tahun. Cakupan pembiayaannya, antara lain biaya kuliah, biaya kedatangan, kursus Bahasa Korea, serta uang saku 1 juta won per bulan. 

Kamu bisa cek informasi lebih lengkap mengenai Scholarship for Asian Students Studying in Korea di sini, ya.

Baca juga: 5 Jurusan Teknik yang Direkomendasikan bagi Perempuan

Nah, itu tadi sejumlah beasiswa menarik yang ditawarkan oleh Korea Selatan bagi kamu yang ingin berkuliah di sana. Gimana, nih? Adakah yang menjadi incaranmu? Segera persiapkan dirimu sebaik mungkin, ya! Semoga beruntung, girls!

Kalau kamu pengen sharing seputar beasiswa dan pendidikan, yuk join Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk bergabung, ya!

No Comments

    Leave a Reply