gagal menampilkan data

Article

Waspadai Burnout Syndrome! Ini 3 Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Written by Rayya Adila Sakinah

Pekerjaan yang terus berdatangan kerap membuat kamu merasakan kelelahan. Banyaknya pekerjaan bisa membuat kamu kekurangan waktu untuk beristirahat yang cukup sehingga rentan terkena stres. Oleh sebab itu, kamu memerlukan cara mengatasi stres yang tepat agar kondisi mental bisa kembali sehat dan dapat bekerja secara optimal. 

Setiap orang pasti memiliki cara masing-masing dalam mengatasi stres di kantor. Namun, kebanyakan dari kita sudah mencoba berbagai cara tapi tidak berhasil dan kadang kita belum pernah mencoba mengatasi stres di tempat kerja. 

Artikel Girl Beyond kali ini akan memberikan informasi seputar bagaimana cara mengatasi stres kerja. Yuk, simak selengkapnya artikel ini agar kamu bisa mencegah stres akibat pekerjaan dan kembali bekerja dengan pikiran yang lebih tenang!

Baca juga: Ujian Anti-Stres dengan 7 Metode Belajar Efektif di Bawah Ini

Penyebab Stres di Kantor

Cara Mengatasi Stres - Penyebab Stres di Kantor
Sumber: Pexels

Stres yang kamu alami di kantor sebenarnya banyak penyebabnya, seperti terlibat konflik dengan rekan kerja, waktu kerja yang berlebihan, jenuh dengan pekerjaan, kurangnya tantangan dalam pekerjaan, level pekerjaan yang terlampau sulit, memiliki rekan kerja atau pimpinan yang toksik bahkan jarak kantor dengan rumah yang terlampau jauh bisa memicu stres di kantor, lho.

Penyebab stres di dalam lingkungan kerja bisa terjadi karena faktor internal maupun eksternal sehingga tidak semuanya bisa kamu kendalikan. Misalnya, faktor eksternal, seperti rekan kerjamu yang toksik. Nah, sifat dia yang buruk itu di luar kendali kamu, tapi kamu masih bisa meminimalisir terjadinya konflik dengannya dan terhindar dari stres berlebihan. Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari cara mengatasi stres yang tepat pada masalah yang sedang kamu hadapi.

Sedangkan, faktor internal seperti ketika mendapatkan banyak kerjaan dari atasan. Karena hal itu, kamu jadi overthinking dan cemas. Pikiran yang kalut membuat kerjaan tak kunjung selesai sehingga kamu perlu mengatasi overthinking dan rasa cemas ini agar tidak menjadi stres yang berujung burnout. Memahami penyebab bisa membantu kamu dalam mengetahui bagaimana cara mengatasi stres yang baik dan benar.

Dampak Buruk dari Stres Kerja 

Cara Mengatasi Stres - Dampak Buruk dari Stres Kerja
Sumber: Pexels

Ternyata, stres kerja bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan mental. Gak hanya itu, tapi tingkat produktifmu bisa menurun akibat stres bekerja, lho! 

Stres bekerja bisa menyebabkan burnout yang memungkinkan adanya penurunan performa kerja dan kamu akan kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya kamu gemari. Stres juga bisa menimbulkan rasa cemas berlebihan sehingga kamu akan sulit merasa tenang dan susah untuk berkonsentrasi. Jika sudah terlalu parah, stres bisa berubah jadi depresi. 

Kualitas tidur pun juga akan terganggu sehingga kamu rentan terkena insomnia. Saat stres, kita juga cenderung mudah emosi sehingga kita gampang tersinggung dan terlibat konflik dengan orang sekitar. 

Tenang, banyak cara mengatasi stres di kantor. Tentunya, Girl Beyond akan spill 3 cara mengatasi stres kerja agar mental bisa segera pulih kembali. 

3 Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja Agar Mental Sehat

  1. Mulai Pagimu Tanpa Media Sosial
 Cara Mengatasi Stres - Mulai Pagimu Tanpa Media Sosial
Sumber: Pexels

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan aktivitas yang produktif. Dua jam setelah kamu bangun pagi merupakan periode emas produktivitasmu. Saat pagi hari, tubuh dan pikiran masih fresh sehingga kamu bisa lebih fokus dan mood dalam keadaan baik juga, sehingga inilah waktu yang tepat untuk kamu belajar ataupun bekerja. Pekerjaan juga bisa semakin cepat selesai tanpa harus menyita waktu istirahatmu. 

Jika kamu sulit beraktivitas pada pagi hari, kamu bisa mencoba menyeduh kopi hitam ataupun olahraga ringan agar tubuh menjadi lebih segar. Ingat, kopinya jangan mengandung gula yang berlebih. Kebanyakan gula bisa menimbulkan rasa malas, ngantuk, hingga timbulnya emosi.

Daripada kita membuang waktu optimal kita untuk scrolling media sosial yang tidak ada habisnya, lebih baik kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Menahan diri untuk bermain media sosial saat pagi hari bisa jadi cara mengatasi stres yang tepat.

Di samping manfaatnya, nyatanya media sosial memiliki banyak efek buruk yang bisa mengganggu kesehatan mental kita. Terlalu banyak menyerap informasi bisa mengakibatkan overthinking, sulit berkonsentrasi, stres, maupun mudah kepancing emosi. Jika dampak buruk tersebut kita bawa ke kantor, maka kita dapat semakin stres, belum lagi jika ada masalah di pekerjaan.

Jangan sampai merasakan stres yang bertubi-tubi karena bisa menyebabkan burnout hingga depresi. Saat akan beristirahat, ada baiknya berhenti main media sosial 30 menit sebelum tidur agar tidak mengganggu waktu tidurmu dan di pagi hari kamu bisa lebih fresh. Jadi, terapkan salah satu cara mengatasi stres yang ampuh ini, agar kamu bisa lebih produktif lagi.

  1. Tetapkan Batasan saat Bekerja
Cara Mengatasi Stres - Tetapkan Batasan saat Bekerja
Sumber: Pexels

Menetapkan batasan di dalam lingkungan kerja sangatlah penting agar kita bisa mendapatkan work life balance. Dengan memberikan batasan yang tepat, bisa menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan anti toksik. Batasan dapat membantu kita untuk memilah-milah, mana yang masih bisa ditoleransi, mana yang tidak dan mana yang penting untuk dilakukan, mana yang tidak. 

Seringkali, kita kerap merasa tidak enak untuk menolak tugas dari rekan kerja atau atasan di luar jobdesk kita sendiri. Bahkan, kita tetap bekerja di saat waktunya beristirahat.

Nah, kondisi seperti ini bisa memicu stres karena tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Oleh karena itu, pentingnya memberikan batasan terhadap pekerjaan dan berani menolak tugas yang bukan tanggung jawabmu, serta tidak bekerja di luar jam kerja. Ketika tidak berani menolak, maka kita akan gampang merasa lelah.

Kita juga akan mudah stres dan ada kemungkinan kita dimanfaatkan oleh orang sekitar. Berani menolak dan membangun batasan agar kita memiliki mental yang lebih sehat dalam bekerja dan bisa mengatasi stres di tempat kerja. Menetapkan batasan pada lingkungan kerja bisa menjadi salah satu cara mengatasi stres yang tepat.

  1. Luangkan Waktu untuk Me Time
Cara Mengatasi Stres - Luangkan Waktu untuk Me Time
Sumber: Pexels

Rutinitas kehidupan yang kian berisik dengan berbagai aktivitas yang kita jalani, kadang kala membuat kita mudah merasa lelah bahkan stres karena minimnya ruang untuk kita beristirahat sejenak. Padahal, berinvestasi pada waktu dan perhatian untuk diri sendiri melalui kegiatan bersantai ataupun memanjakan diri bisa menjadi salah satu cara mengatasi stres kerja dan menjaga keseimbangan dalam hidup.

Me time merupakan salah satu cara mengatasi stres yang perlu kamu coba. Melalui me time, kamu memberikan kesempatan untuk otak beristirahat sejenak, terlebih setelah terkuras untuk bekerja sepanjang hari, dengan melakukan quality time untuk diri sendiri, kamu bisa memiliki ruang untuk rehat sejenak dari bisingnya kehidupan dan pikiran bisa kembali jernih.

Ketika tubuhmu kembali fresh dan pikiran menjadi jernih, maka tingkat produktivitas dan daya konsentrasi bisa meningkat. Kurangnya waktu untuk diri sendiri bisa menimbulkan konflik dengan orang sekitar dan kualitas hubungan bisa memburuk. Sehingga kamu memerlukan cara mengatasi stres yang tepat untuk masalahmu.

Selain itu, kamu jadi bisa punya waktu untuk belajar hal baru yang kamu inginkan, sehingga mindset-mu menjadi lebih berkembang. Apabila kamu merasa lelah secara fisik dan mental, kamu akan mudah merasa emosi dan mudah tersinggung.

Namun, melakukan me time tidaklah mudah, nyatanya banyak distraksi yang mengganggu. Meski begitu, luangkan waktu sejenak untuk diri sendiri, paling tidak selama 10 menit. Tak perlu melakukan hal yang sulit, cukup sediakan waktu sebentar untuk melakukan meditasi ataupun membaca buku favorit di kafe kesayangan.

Kamu juga bisa melakukan self talk ataupun jurnaling agar kamu bisa semakin memahami diri sendiri lebih baik dan mengurangi sedikit uneg-uneg karena kerjaan. Sehingga kamu jadi mengetahui bagaimana cara mengatasi stres di tempat kerja yang tepat.

Baca juga: 8 Jenis Gangguan Kecemasan yang Banyak Diderita Anak Muda, Pernah Mengalaminya?

Yuk,  join GB Circle agar kamu semakin level up! Girl Beyond banyak membahas perihal karier, lifestyle hingga kesehatan. Gak cuma nambah wawasan saja, tapi juga bisa nambah networking buat kamu!

Halo! Aku Rayya Adila Sakinah salah satu kontributor program YTTA GB dan ini artikelku. Let’s connect on LinkedIn!

Selamat membaca semuanya!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond