gagal menampilkan data

Article

5+ Langkah Memulai Journaling untuk Pemula Agar Konsisten, Mudah Lho!

Written by Adila Putri Anisya

Journaling merupakan aktivitas yang baik di zaman yang serba sibuk seperti sekarang ini, terutama untuk menjaga kesehatan mental. Bagi kamu yang mau memulai, penting memahami bagaimana cara journaling untuk pemula.

Journaling adalah kegiatan menulis yang dilakukan secara teratur, biasanya dibuat dalam bentuk buku atau digital.

Dalam hal ini, tak ada aturan baku tentang apa yang harus ditulis dalam jurnal karena journaling adalah ruang pribadi untuk mengekspresikan diri.

Agar tidak bingung, simak beberapa insight tentang journaling yang patut dipahami oleh pemula!

Baca juga: 5 Aplikasi Digital Journaling yang Bisa Bikin Kamu Kembali Produktif

TIPS JOURNALING UNTUK PEMULA

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu memulai journaling.

TENTUKAN METODE JOURNALING

Secara umum, kegiatan penulisan jurnal seringkali dilakukan secara konvensional, yakni dengan menggunakan kertas sebagai medianya. Meskipun demikian, tak menjadi masalah jika kamu memilih untuk melakukannya melalui gadget seperti ponsel atau iPad.

Bayangkan situasi di mana kamu mendapati diri tanpa kertas dan pena, namun ingin menyalurkan pikiran kamu melalui tulisan. Dalam keadaan seperti itu, satu-satunya pilihan yang tersedia adalah menggunakan gadget yang dimiliki, seperti ponsel atau iPad.

Jika kamu memilih menggunakan gadget, gunakanlah aplikasi journaling yang user-friendly, temukan alat-alat yang mudah dan dapat disesuaikan dengan konsepmu.

Rekomendasi aplikasi journaling:

  • Penly
  • Notion
  • Kilonotes
  • Microsoft OneNote
  • Daybook

TENTUKAN JADWAL MENULIS JURNAL

Tentukanlah frekuensi dan jadwal yang tepat untuk menulis dalam jurnal. Beberapa orang mungkin memilih untuk menulis setiap hari, sementara yang lain mungkin memilih untuk menulis hanya sekali seminggu. 

Selain itu, pilihlah waktu yang tepat bagi kamu, misalnya pagi hari ketika pikiran masih segar atau malam hari sebelum tidur. 

Tips untuk menentukan jadwal yang tepat untuk menulis jurnal:

  • Lakukan eksperimen. Lakukan journaling di waktu berbeda dalam sehari. Ini wajib bagi pemula untuk mengetahui waktu yang cocok untuk menulis agar konsisten.
  • Pertimbangkan suasana hati. Bagi beberapa orang, mungkin mereka lebih produktif dan reflektif di waktu-waktu tertentu dalam sehari. Jadi, cobalah pertimbangkan suasana hati kamu untuk temukan waktu terbaik.
  • Buat pengingat. Pastikan kegiatan journaling termasuk sebagai prioritas kamu meski sedang sibuk. Hal ini dapat membuat kamu membentuk sebuah kebiasaan.

TENTUKAN TOPIK TULISAN

Sebenarnya, journaling dapat mencakup berbagai topik, seperti pemikiran, perasaan, pengalaman, atau bahkan tujuan hidup kamu. Dengan menulis dalam jurnal, kamu dapat mengungkapkan diri dengan bebas tanpa takut dihakimi oleh orang lain.

Apabila kamu kesulitan menentukan topik untuk ditulis, terdapat beberapa opsi tema yang dapat dijadikan acuan. Dilansir dari Better Up, berikut pilihan topik yang bisa kamu tulis:

  • Mimpi.
  • Tujuan karier.
  • Rasa syukur.
  • Kutipan yang memotivasi.
  • Refleksi diri.
  • Pertanyaan yang ingin kamu jawab di kemudian hari.
  • Hal-hal yang ingin kamu tingkatkan.
  • Pujian untuk diri sendiri.
  • Visi jangka panjang tentang tujuan yang kamu inginkan.
  • Aktivitas sehari-hari yang dialami.
  • Rasa sedih atau kecemasan yang dirasakan.
  • Apa yang kamu makan dalam sehari dan bagaimana perasaan kamu setelahnya.

TANAMKAN KEBEBASAN MENULIS

Sebagaimana telah dituliskan sebelumnya, tidak ada ketentuan yang baku mengenai apa yang seharusnya kamu tulis dalam jurnal. Saat kamu memulai proses menulis jurnal, tanamlah dalam pikiran bahwa hal tersebut merupakan wadah ekspresi kebebasan kamu.

Tidak perlu cemas terhadap penilaian orang lain atau ketidaksempurnaan dalam tata bahasa dan ejaan. Ingatlah bahwa kamu menulis untuk kepentingan diri sendiri, bukan untuk diperiksa oleh orang lain sebagai pembaca.

Dalam menulis jurnal, penting untuk tetap jujur pada diri sendiri. Hal ini penting agar manfaat journaling dapat dirasakan secara efektif dalam kehidupanmu.

MULAILAH DENGAN TULISAN SEDERHANA

Journaling untuk pemula tidaklah sulit. Tidak perlu memaksakan diri untuk menulis secara panjang dan mendetail, cukup mulailah dengan tulisan yang sederhana.

Kamu memiliki kebebasan untuk menuliskan apa pun yang ada dalam pikiran atau perasaan kamu saat itu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin terbiasa menulis dengan lebih panjang dan mengeksplorasi topik-topik tertentu.

Jika kamu merasa kebingungan mengenai apa yang hendak ditulis, cobalah untuk menjelajahi pertanyaan-pertanyaan acak yang tersedia di mesin pencari seperti Google atau fitur yang disediakan oleh aplikasi jurnal. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut satu per satu.

GUNAKAN TEMPLATE JURNAL

Apabila kamu menggunakan media digital untuk membuat jurnal, disarankan untuk mencari template yang dapat membantu kamu melalui proses penjurnalan. Biasanya, template ini akan menyediakan petunjuk, pertanyaan, atau rangkaian hal-hal yang dapat merangsang refleksi terhadap pikiran, perasaan, atau pengalamanmu.

Di sisi lain, jika kamu memilih menggunakan metode kertas, saat ini sudah banyak tersedia buku-buku jurnal yang dirancang khusus, yang dapat sangat membantu kamu sebagai seorang pemula. Dalam buku jurnal tersebut, umumnya sudah tersedia bagan atau serangkaian pertanyaan yang dapat kamu isi sebagai panduan.

Baca juga: 8 Situs Template PPT Seminar Proposal Gratis untuk Mahasiswa, Dijamin Aesthetic!

MANFAAT JOURNALING BAGI KEHIDUPAN

Journaling memiliki banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

MENGURANGI STRES

Menulis dalam jurnal dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Dengan mengekspresikan perasaan dan pikiran kamu secara tertulis, kamu dapat melepaskan beban emosional yang mungkin selama ini kamu pendam dan rasakan.

MENINGKATKAN KREATIVITAS

Journaling dapat memicu kreativitas kamu. Dengan menulis secara teratur dan merancang jurnalmu dengan template atau stiker yang menarik, secara tak langsung dapat melatih otak untuk berpikir secara kreatif dan menghasilkan ide-ide baru yang segar.

MEMBANTU MENGATASI MASALAH PIKIRAN

Menulis dalam jurnal juga dapat membantu kamu mengatasi masalah dengan cara yang lebih efektif. Dengan mencatat masalah yang sedang hadapi, kamu dapat melihatnya dari sudut pandang yang berbeda dan mencari solusi yang tepat.

MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PRIBADI

Journaling dapat membantu kamu memahami diri sendiri dengan lebih baik. Dengan menulis tentang perasaan, tujuan, dan impian, kamu dapat mengembangkan rasa kepribadian yang lebih kuat dan memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang diri sendiri.

Baca juga: 5 Manfaat Journaling, Bisa Redakan Kecemasan?

CONTOH JOURNALING HARIAN DI BUKU

CONTOH JOURNALING HARIAN DI IPAD

Journaling adalah kegiatan menulis yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan kreativitas. Dengan mengikuti tips journaling untuk pemula, kamu dapat memulai perjalanan membuat tulisan jurnal dengan mudah. 

Semoga membantu, ya!

Dapatkan tips n’ trick lainnya seputar penulisan jurnal dengan join komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5 Aplikasi Digital Journaling yang Bisa Bikin Kamu Kembali Produktif

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond