gagal menampilkan data

Article

Anti Malas Beberes Rumah Pakai 5 Tips Termudah, Yuk Coba!

Written by Rayya Adila Sakinah

Pada dasarnya, setiap orang pasti menginginkan rumah yang nyaman, rapi, dan bersih. Namun, beberes rumah seringkali menjadi kegiatan yang membosankan bagi kebanyakan orang, sehingga seringkali rumah tampak berantakan akibat malasnya membenahi rumah. 

Kita kerap menganggap kegiatan beberes adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Apalagi ketika kita sudah beberes rumah, besoknya akan kembali berantakan lagi, oleh karena itu kita juga sering menganggap benah-benah rumah adalah hal yang sia-sia.

Tenang, sebenarnya merapikan rumah tidak sesulit yang kita bayangkan, asalkan kita mengetahui cara beberes rumah yang tepat. Girl Beyond akan spill tips beberes rumah yang menyenangkan dan gak perlu drama. Yuk, simak lebih lanjut!

Baca juga: Gak Cuma Diet, Inilah 7 Rutinitas Pagi Bisa Cepat Kurus!

Manfaat Beberes Rumah

Manfaat Beberes Rumah
Sumber: Pexels

Udara Jadi Lebih Segar dan Mencegah Penyakit 

Rumah yang berantakan dan kotor bisa jadi sarang debu, jamur, bakteri, bahkan membuat ruangan menjadi lembab jika kita enggan membersihkan dan merapikan rumah. Hal tersebut dapat menimbulkan datangnya penyakit, lho! Kondisi ruangan yang berantakan dan kotor juga bisa menyebabkan kualitas udara di dalam ruangan tersebut memburuk, sehingga dapat mengganggu saluran pernafasan dan juga menimbulkan reaksi alergi pada tubuh. 

Jadi, beberes rumah sebenarnya bukan hanya untuk kerapian hunian saja, tapi ternyata dapat mencegah datangnya penyakit. Dengan membersihkan dan merapikan rumah, kotoran maupun debu akan menghilang. Selain itu, membersihkan rumah juga bisa menghambat pertumbuhan jamur dan kuman. 

Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Rumah yang rapi dan bersih bisa menjadi mood booster dan obat untuk stres, lho! Sebab, saat kita beberes, aroma dari sabun atau pengharum dapat membuat kita rileks. Melihat rumah yang berantakan ternyata dapat memicu stres muncul, sehingga kegiatan beberes rumah dapat menjadi obat yang tepat untuk penghilang rasa stres, tanpa harus perlu ribet dan keluar banyak duit. Melakukan bersih-bersih dan merapikan rumah ternyata bisa memunculkan rasa bahagia, tenang, dan nyaman. 

Meningkatkan Daya Konsentrasi dan Mendorong Produktivitas

Kegiatan membersihkan dan merapikan rumah dapat membuat kita bergerak lebih banyak dan berkeringat, sehingga dapat membakar kalori. Beberes rumah bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Gak hanya bersih dan sehat saja ya, namun dapat menurunkan berat badan juga, nih!

Ruangan yang berantakan dan kotor bisa membuat kita malas melakukan aktivitas di dalamnya. Selain itu, jadi kesulitan untuk menemukan barang yang dicari, ibarat mencari jarum yang ada di dalam jerami. Ruangan yang tampak bersih dan rapi dapat meningkatkan daya konsentrasi dan membuat pikiran jernih tanpa harus terdistraksi oleh barang-barang yang berantakan. Jika ingin hidup lebih efektif, mari rapikan rumahmu agar kamu semakin produktif!

5 Tips Anti Malas Beberes Rumah

beberes rumah
Sumber: Pexels

Sebenarnya, beberes rumah kewajiban siapa, sih? Benah-benah rumah memanglah tugas wajib untuk setiap individu tapi ketika mereka hidup bersama orang lain, maka tanggung jawab itu milik bersama. Jika dilakukan bersama-sama, akan terasa ringan. Tapi, jika kita hanya bisa melakukannya sendiri, memang akan terasa lebih sulit dan membosankan. 

Namun, ternyata beberes rumah tidaklah sesulit dan membosankan seperti yang kita bayangkan selama ini. Selama kita paham mengenai cara beberes rumah yang tepat. Girl Beyond akan memberitahumu tips beberes rumah yang anti bosan dan anti ribet. Berikut lima tips anti malas beberes rumah yang wajib kamu coba:

  • Buat Rencana dan Jadwal Beberes Rumah
Buat Rencana dan Jadwal Beberes Rumah
Sumber: Pexels

Seringkali kita kebingungan mau beberes rumah mulai dari mana. Manusiawi kok, hal ini sering kali jadi dilema di kebanyakan orang. Pada dasarnya jika kita tidak membuat sebuah planning dan tak punya jadwal maka kita akan kebingungan untuk memulai suatu hal. Beberes rumah juga perlu direncanakan dengan perencanaan yang matang dan jadwal yang efektif serta membuat target agar kegiatan beberes rumah tidak lagi memberatkan dan mudah untuk diselesaikan.

Perencanaannya gak perlu ribet, cukup tentukan ruangan atau bagian mana yang menjadi prioritas dalam sesi beberes rumah yang akan dilakukan, setelah itu kita perlu memikirkan apakah barang tersebut perlu kita pertahankan atau lebih baik dibuang. Namun, jika barang bekas yang kamu miliki masih layak pakai, lebih baik kita sedekahkan, sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Kita juga perlu merutinkan kegiatan benah-benah rumah dengan membuat jadwal harian, mingguan, dan bulanan. Misalnya untuk harian cukup kegiatan beberesnya yang sederhana saja seperti merapikan meja kerja atau belajar, untuk mingguan bisa dengan merapikan isi lemari sedangkan jadwal bulanan kamu bisa melakukan sortir barang yang masih layak pakai dan tidak.

  • Berhenti Menunda-nunda
Berhenti Menunda-nunda beberes rumah
Sumber: Pexels

Jika kamu menunda beberes rumah, kegiatan benah-benah ini akan semakin sulit dan berat untuk dilakukan karena akan semakin banyak yang perlu untuk dibenahi dan dibersihkan.

Agar kegiatan beres-beres rumah lebih mudah, sebaiknya mulai dari yang mudah untuk kamu selesaikan dan paling mendesak untuk dibenahi, baru ke hal yang paling sulit dan tidak mendesak. Ketika kamu berhasil melakukan satu langkah, beres-beres rumah maka akan memicu semangat untuk melanjut langkah selanjutnya. Misalnya, benahi kamar tidur terlebih dahulu. ketika sudah selesai, kamu akan lebih bersemangat untuk beberes ruangan selanjutnya.

  • Singkirkan Barang Tak Terpakai
Singkirkan Barang Tak Terpakai
Sumber: Pexels

Beberes rumah tidak akan ada kemajuan jika kamu terus menumpuk barang yang sudah tak terpakai lagi terus-menerus. Memang, terkadang sangat berat hati untuk mengikhlaskan barang-barang lama dibuang atau disedekahkan. Mungkin karena memiliki nilai historisnya, harganya yang cukup mahal, atau perjuangan mendapatkan barang tersebut. Namun, jika sudah tidak digunakan kembali, kenapa harus dipertahankan?

Lebih baik kita sedekahkan, selama masih bisa digunakan kembali oleh orang lain. Namun, jika barang itu sudah tak layak pakai, ada baiknya dibuang ke tempat pengolahan barang daur ulang agar barang tersebut bisa didaur menjadi barang yang dapat digunakan kembali. Cara beberes rumah satu ini termasuk bagian wajib benah-benah rumah ala Marie Kondo, lho!

  • Catat Progresmu
progres beberes rumah
Sumber: Pexels

Mencatat progres dapat menjadi bahan evaluasi untuk kita kedepannya dan ketika kamu melihat progresmu mengalami kemajuan. Kamu akan semakin semangat untuk melakukan benah-benah rumahnya. Melihat progres dapat membuat kita mengetahui mana yang perlu diperbaiki, mana yang perlu dipertahankan. 

Misalnya, progres merapikan rumah di hari ini, mengalami banyak distraksi sehingga hanya mampu merapikan lemari saja. Berarti kita perlu membedah apa distraksi yang mengganggu itu dan kedepannya kita upayakan untuk menyingkirkan distraksi tersebut disaat kita sedang merapikan rumah.

  • Simpan Barang pada Tempatnya 
Simpan Barang pada Tempatnya
Sumber: Pexels

Tips benah-benah rumah yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan. Menyimpan barang pada tempatnya butuh metode khusus agar barang mudah dicari dan enak dipandang. Ketika kita menaruh barang dengan asal, akan ada kemungkinan kita membuang waktu banyak saat mencari barang tersebut. 

Benah-benah rumah dengan tepat dan rapi maka akan meningkatkan estetika untuk hunian juga, lho! Contohnya, menata buku menyesuaikan warna, sehingga tampilan rak buku lebih enak dipandang dan buku mudah untuk dicari juga. 

Benah-benah rumah dengan tepat dan rapi maka akan meningkatkan estetika untuk hunian juga, lho! Contohnya, menata buku menyesuaikan warna, sehingga tampilan rak buku lebih enak dipandang dan buku mudah untuk dicari juga. 

Benah-benah rumah dengan tepat dan rapi maka akan meningkatkan estetika untuk hunian juga, lho! Contohnya, menata buku menyesuaikan warna, sehingga tampilan rak buku lebih enak dipandang dan buku mudah untuk dicari juga. 

Berdasarkan metode Konmari, kamu perlu mengkategorikan barang-barang dan simpan sesuai kategorinya. Misalnya, saat beberes lemari, kamu patut mengkategorikan pakai-pakaianmu, seperti jas dan baju dingin dimasukkan ke lemari gantung. Sedangkan, kaos-kaos bisa ditaruh di lemari laci drawer. Hal ini dapat memudahkan pencarian barang, sehingga tidak perlu waktu lama untuk mencarinya. Tapi, perlu diingat ketika menaruh sebuah barang, usahakan taruh barang tersebut dengan rapi dan ditempatkan kembali pada tempatnya.

Inilah tips anti malas beberes rumah ala Girls Beyond, kelima tips ini merupakan cara benah-benah rumah yang efektif dan membuat rumah tampak lebih rapi setiap harinya. 

Baca juga: Sehat Nggak Perlu Mahal, Inilah Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah Aja

Yuk,  join GB Circle agar kamu semakin level up! Kamu bisa menambah wawasan dan networking karena Girl Beyond akan memberimu banyak insight baru seputar karier, lifestyle, hingga kesehatan.

Halo! Aku Rayya Adila Sakinah salah satu kontributor program YTTA GB dan ini artikelku. Let’s connect on LinkedIn!

Selamat membaca semuanya!

Sumber foto:Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond