gagal menampilkan data

Article

Estimasi Biaya Perawatan Scaling Gigi di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit

Written by Adila Putri Anisya

Biaya perawatan scaling gigi sangat bervariasi tergantung daerah dan fasilitas kesehatan (Faskes) yang kamu datangi.

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan yang dilakukan oleh dokter gigi guna menghilangkan plak, tartar (karang), dan noda pada gigi. Dengan menjalani perawatan scaling secara berkala, gigi kamu akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang estimasi biaya scaling gigi, berikut adalah informasi selengkapnya.

Baca juga: Boleh Sikat Gigi saat Puasa? Ini Hukum dan Penjelasannya

ESTIMASI BIAYA PERAWATAN SCALING GIGI DI BERBAGAI TEMPAT

Merawat gigi, ternyata tidak hanya sebatas menyikat gigi setiap hari. Namun, perawatan rutin seperti scaling juga diperlukan guna membersihkan plak atau disebut juga karang pada gigi.

Pelayanan scaling gigi umumnya tersedia di berbagai Faskes, termasuk puskesmas, klinik, dan rumah sakit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah biaya scaling gigi di dokter gigi.

BIAYA SCALING GIGI DI PUSKESMAS

Biaya scaling gigi di puskesmas cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan di klinik atau rumah sakit. Di puskesmas, biayanya bisa berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp200 ribu, tergantung dari kota dan fasilitas yang dimiliki.

Nah, kalau kamu memiliki BPJS Kesehatan, maka tidak perlu membayar sama sekali, alias gratis. Namun, ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya, diperbolehkan apabila ada indikasi medis, bukan untuk alasan estetika. 

Untuk informasi lebih jelas mengenai pemberlakuan BPJS untuk scaling gigi, sebaiknya kunjungi puskesmas terdekat.

BIAYA SCALING GIGI DI KLINIK

Sementara itu, biaya scaling gigi di tempat klinik bisa lebih mahal, berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp500 ribu. 

Biaya ini bisa berbeda tergantung dari tingkat pembersihan karang, kecanggihan alat, hingga reputasi klinik tersebut. 

Namun, di klinik, kamu juga bisa mendapatkan pelayanan yang lebih lengkap dan berkualitas dengan teknologi yang lebih canggih.

BIAYA SCALING GIGI DI RUMAH SAKIT

Tak berbeda jauh dengan di klinik, namun biaya perawatan scaling gigi di rumah sakit bisa lebih tinggi lagi, yakni berkisar dari Rp200 ribu hingga Rp800 ribu atau bahkan lebih.

Estimasi biaya tersebut tergantung dari kompleksitas tindakan dan biaya layanan tambahan lainnya. 

Selain itu, daerah rumah sakit yang kamu kunjungi bisa menentukan harga. Jika berada di kota yang berpenghasilan tinggi, tentu jauh lebih mahal daripada yang rendah.

Baca juga: Ini Cara Operasi Gigi Bungsu Pakai BPJS, Dijamin Gratis!

MANFAAT SCALING GIGI

Meskipun terkadang dianggap sebagai prosedur yang menakutkan, scaling gigi sebenarnya memiliki banyak manfaat yang penting untuk kesehatan gigi dan mulut, yaitu: 

MEMBERSIHKAN PLAK DAN TARTAR

Plak dan tartar adalah dua masalah umum yang dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi serius. 

Plak terbentuk ketika bakteri menumpuk di sekitar gigi dan tidak dibersihkan dengan baik. Jika tidak diobati, plak dapat mengeras menjadi tartar yang sulit dihilangkan dengan sikat gigi biasa. 

Scaling gigi adalah cara terbaik untuk membersihkan plak dan tartar dengan menggunakan alat khusus yang dapat menghilangkan penumpukan tersebut. 

MENGURANGI NAFAS TAK SEDAP

Nafas tak sedap adalah masalah yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Namun, masalah ini dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan gigi yang serius. 

Scaling gigi dapat membantu mengurangi nafas tak sedap dengan membersihkan plak dan tartar yang dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab bau mulut.

MENCEGAH KERUSAKAN GIGI

Plak dan tartar tidak hanya menyebabkan masalah pada gusi, tetapi juga dapat merusak gigi secara langsung. Ketika plak dan tartar menumpuk di sekitar gigi, mereka dapat menyebabkan pembusukan gigi dan kerusakan permanen pada email gigi. 

Maka dari itu, scaling gigi dapat membantu mencegah kerusakan gigi dengan membersihkan plak dan tartar. Alhasil, gigi jauh lebih sehat dan kuat.

Baca juga: Bisa ke Psikolog Gratis dengan BPJS, Begini Caranya!

BERAPA LAMA WAKTU UNTUK SCALING GIGI?

Seberapa sering kamu perlu scaling, tergantung dari kondisi kesehatan dan kebersihan area mulut dan gigi kamu. Selain itu, pola makan, usia, dan kebiasaan merokok dapat menentukan hal ini.

Tetapi, idealnya, setiap orang harus melakukan scaling gigi setidaknya 6 bulan sekali, atau 2 kali dalam setahun.

Proses scaling gigi tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 30 menit, namun dalam kondisi tertentu, misalnya jika plak sulit dihilangkan, maka bisa membutuhkan waktu hingga 2 jam.

Demikian ulasan tentang biaya perawatan scaling gigi yang dapat disampaikan. Penting diketahui, bahwa setiap Faskes memiliki biaya perawatan berbeda, tergantung daerah dan juga fasilitas yang dimiliki.

Cari harga scaling gigi terdekat? Yuk, Berbagi informasi seputar kesehatan dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Vaksin HPV Adalah: Penjelasan, Manfaat, dan Syaratnya

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond