gagal menampilkan data

Article

Terbiasa Nonton Tiktok, Begini Cara Meningkatkan Attention Span

Written by Lintang Olivia

Hobi scrolling Tiktok atau menonton video pendek lainnya ternyata efek sampingnya bisa membuat kamu susah fokus lho, yang membuat attention span kamu semakin pendek. Kalau kamu penasaran apa itu attention span dan bagaimana cara meningkatkan attention span itu sendiri, baca artikel di bawah ini sampai selesai, ya!

Baca juga: Bikin Struktur Otak Berubah, Kenali Dampak Scroll TikTok Berjam-Jam!

APA ITU ATTENTION SPAN

Attention span adalah rentang waktu atau lamanya waktu saat seseorang dapat berkonsentrasi atau tetap fokus pada suatu kegiatan tertentu. Saat ini, banyak pengguna sosial media aktif yang mengalami masalah terkait dengan attention span yaitu short attention span

Short attention span adalah gangguan fokus yang dialami orang, sehingga tidak mampu untuk fokus pada tugas dalam jangka waktu yang lama tanpa mudah terganggu. Hal ini terjadi karena terbiasa secara terus menerus untuk menonton video pendek di media sosial yang hanya berdurasi 15 sampai 60 detik. Berikut beberapa efek dari short attention span, di antaranya: 

  • Memiliki kinerja atau performa yang buruk di tempat kerja atau sekolah.
  • Mudah terdistraksi sehingga memiliki ketidakmampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.
  • Sulit menangkap informasi atau detail yang penting.
  • Memiliki kesulitan untuk berkomunikasi dalam bersosialisasi.

Baca juga: Ingin Produktif saat Belajar? Gunakan Teknik Pomodoro, Bantu Tingkatkan Konsentrasimu!

CARA MENINGKATKAN ATTENTION SPAN

Berikut beberapa cara di bawah ini yang bisa dilakukan agar kamu bisa fokus lebih lama untuk mengerjakan tugas agar produktif kembali. 

1. LATIHAN MEMBACA 

cara meningkatkan attention span
Sumber foto: Pexels

Cara meningkatkan attention span bisa dengan latihan membaca. Pilih buku bacaan yang kamu sukai dan pilih yang halamannya sedikit. Kamu juga bisa mulai membaca yang ringan seperti komik, cerpen, atau buku cerita anak-anak. 

Usahakan untuk konsisten dalam membacanya, misalnya satu hari satu halaman. Ketika sudah fokus membaca dari halaman yang sedikit, maka otomatis fokusmu akan bertambah dan lebih panjang. 

2. BERJALAN KAKI

cara meningkatkan attention span
Sumber foto: Pexels

Dilansir dari Forbes, cara meningkatkan attention span yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki dengan menikmati pemandangan alam sekitar. Berjalan kaki secara teratur dapat memberikan banyak manfaat di antaranya: mendorong pembentukan koneksi baru antara sel-sel otak, menghentikan kematian progresif jaringan otak seiring bertambahnya usia, meningkatkan volume hipokampus (bagian otak yang berperan untuk menyimpan memori). 

Tidak hanya itu, manfaat lainnya yaitu meningkatkan kadar molekul yang merangsang pertumbuhan neuron baru dan mengirimkan pesan di antara hipokampus. Sehingga ketika kamu selesai meluangkan waktu untuk berjalan kaki, otakmu pasti terasa jauh lebih fresh lalu siap untuk fokus kembali mengerjakan tugas untuk waktu yang lama.

3. MEMASANG TIMER PADA PONSEL

cara meningkatkan attention span
Sumber foto: Pexels

Cara meningkatkan attention span juga bisa dimulai dari yang termudah yaitu memasang timer atau pengatur waktu pada ponsel maupun pada aplikasi. Mulai dari membatasi waktu hanya 4 jam sehari,  lalu 2 jam sampai nanti lambat laun kamu akan terbiasa untuk membatasi diri untuk scrolling sosmed. 

Saat ini di Instagram maupun Youtube sudah bisa untuk memasang waktu pemakaian aplikasi, jadi nanti ketika batas waktu habis, aplikasi tersebut akan berhenti bekerja.

4. MEDITASI

cara meningkatkan attention span
Sumber foto: Pexels

Meditasi merupakan cara meningkatkan fokus dan daya ingat yang paling mudah untuk dilakukan. Dalam buku yang berjudul Altered Traits, dijelaskan bahwa ternyata melalui latihan meditasi dapat membuat perubahan permanen dalam struktur otak kita. 

Tepatnya di area yang terkait dengan kualitas seperti perhatian, kecemasan, depresi, ketakutan, kemarahan, dan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Tidak perlu lama-lama, cukup satu menit dan berkonsentrasilah, lakukan kegiatan ini setiap hari agar konsisten dan efeknya bisa dirasakan. 

5. MENGUNYAH PERMEN KARET

Sumber foto: Pexels

Dilansir dari Healthline, cara meningkatkan attention span salah satunya adalah dengan mengunyah permen karet. Berbagai penelitian dari sumber terpercaya telah menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan perhatian dan kinerja ketika sedang mengerjakan tugas. 

Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan stres. Meskipun mengunyah permen karet kemungkinan tidak memiliki efek jangka panjang pada kemampuan untuk berkonsentrasi, namun ini adalah cara yang mudah untuk meningkatkan attention span dalam keadaan darurat.

6. BUAT JADWAL KEGIATAN SESUAI PRIORITAS

Sumber foto: Kompasiana

Cara meningkatkan attention span adalah dengan tidak mengerjakan lebih dari satu tugas dalam satu waktu atau yang biasa disebut dengan multitasking. Karena jika kamu melakukan multitasking secara terus menerus, maka dapat mengikis kemampuan otak untuk menyaring informasi yang tidak relevan sehingga jadi sulit fokus. 

Untuk itu, kamu dapat membuat jadwal yang bernama 4 skala kuadran yang isinya yaitu menulis kegiatan lalu dikelompokkan, yaitu: dari yang paling penting dan mendesak, penting namun tidak mendesak,  mendesak namun tidak penting, tidak penting dan tidak mendesak. 

7. MELATIH OTAK DENGAN BERMAIN GAMES

Sumber foto: Pexels

Bukan sembarang games, cara meningkatkan attention span adalah dengan memilih games yang dapat membuat kamu jauh lebih berkonsentrasi seperti: 

  • Sudoku
  • Teka-teki silang
  • Catur
  • Merangkai Lego
  • Menyusun puzzle
  • Games tebak kata atau gambar

8. MENGATUR JADWAL TIDUR

Sumber foto: Pexels

Terlihat sepele, namun ternyata mengatur jadwal tidur dapat mempengaruhi daya fokusmu, lho, ketika bekerja. Khusus dewasa, disarankan untuk tidur 7 sampai 8 jam setiap malam. Usahakan tidur dalam keadaan minim cahaya dan tidak bermain ponsel satu jam sebelum tidur. 

Itulah beberapa cara yang telah diulas yang bisa kamu terapkan. Namun, dilansir dari Healthline, ada juga beberapa kondisi terkait mental yang menimbulkan short attention span seperti adanya: ADHD, depresi, cedera kepala ataupun lainnya yang bisa kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada Psikolog. 

Baca juga: 7 Layanan Tes Kesehatan Mental Online Gratis, Yuk Cek di Sini!

Sumber foto: Pexels

Kenalin, namaku Lintang Olivia, penulis artikel ini. Let’s connect on LinkedIn!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond