gagal menampilkan data

Article

10 Kuliner Malam Semarang dari Kekinian sampai Legendaris, Yuk Coba!

Written by Adila Putri Anisya

Kuliner malam Semarang wajib kamu telusuri saat berkunjung. Kota ini menawarkan beragam hidangan lezat, mulai dari yang kekinian hingga yang melegenda.

Sebagaimana yang diketahui, Semarang terkenal dengan kelezatan lumpianya yang khas. Namun, di samping hidangan tersebut, terdapat pula beragam kuliner khas lainnya yang unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Jika kamu berkesempatan untuk singgah di Semarang dan ingin menikmati kulinernya, berikut beberapa tempat yang patut untuk kamu kunjungi.

Baca juga: 12 Tempat Kuliner Hits Bandung 2024 yang Wajib Dikunjungi!

REKOMENDASI KULINER MALAM SEMARANG

Berjalan-jalan di kota Semarang pasti tak akan bosan, selain karena kotanya yang penuh sejarah, juga terdapat makanan-makanan menarik yang bisa dikunjungi sepanjang malam.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah kuliner Semarang pada malam hari yang wajib dikunjungi!

KERANG MELET 

kuliner malam semarang kerang melet
Sumber foto: Tribun Jateng

Bagi warga Semarang pasti sudah tak asing dengan kuliner yang satu ini. Pasalnya, Kerang Melet pernah viral di TikTok karena menyajikan seafood oyster dengan harga yang terjangkau.

Tenant ini diketahui baru dibuka pada September 2023 lalu, dan menjadi hidangan yang menarik karena per satu keping tiramnya hanya diberi harga Rp3 ribu. Sementara satu porsinya dimulai dari Rp18 ribu saja. 

Meskipun harganya terjangkau, tetapi penyajian dan proses pembuatannya tetap bersih serta rasanya sangat lezat. Apakah kamu tertarik untuk mencoba?

  • Alamat: Jl. Kedungmundu No. 136, Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.
  • Jam buka: 17.00 - 22.00 WIB

BUBUR AYAM PAK SUGIYO

kuliner malam semarang Bubur ayam Pak Sugiyo
Sumber foto: Bangga Semarang

Bubur ayam Pak Sugiyo buka pada jam tengah malam saja dan selalu ramai dengan pengunjung. Dilansir dari Radar Semarang, rahasia usaha mereka banyak pelanggannya adalah dengan menjaga kualitas dan kepuasaan pelanggan.

Tidak hanya menjadi pilihan bagi warga Semarang, kuliner malam ini juga sering dikunjungi oleh banyak pejabat serta artis terkenal. 

Beberapa tokoh ternama bahkan pernah mampir dan berfoto di tempat ini, seperti Tomas Jordi, Habib Ja’far, dan Chef Juna.

Menu yang tersedia di sini hanya terdapat tiga pilihan, yakni bubur ayam, bubur sayur, dan lontong sayur, dengan harga mulai dari Rp17 ribu per porsi.

  • Alamat: Jl. MT. Haryono No.966, Lamper Kidul, Kota Semarang.
  • Jam buka: 23.00 - 06.00 WIB

GUDEG KOYOR MBAK TUM

kuliner malam semarang Gudeg Koyor Mbak Tum
Sumber foto: Detikfood

Jika kamu sedang menginginkan hidangan gudeg, maka Gudeg Koyor Mbak Tum adalah pilihan yang tepat. Kuliner malam legendaris Semarang ini seringkali ramai dengan antrian pengunjung, terutama saat malam hari.

Berbeda dengan rasa gudeg khas Jogja, gudeg koyor ini memiliki cita rasa yang lebih gurih. Yang menarik, tempat ini hanya memiliki dua kios, salah satunya digunakan untuk meracik makanan, sedangkan satunya untuk area lesehan untuk menyantap hidangan.

Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal, dimulai dari Rp16 ribu saja, sementara untuk nasi gudeg komplit sekitar Rp35 ribu.

  • Alamat: Jl. MT Haryono, Wonodri, Semarang Selatan. 
  • Jam buka: 17.00 - 03.00 WIB.

SIOMAY GORENG/REBUS PAK NDUT 55

kuliner malam semarang SIOMAY GORENG/REBUS PAK NDUT 55
Sumber foto: Menukuliner.net

Kalau kamu mau jajanan ringan namun mengenyangkan, maka siomay goreng dan rebus dari Pak Ndut adalah pilihan yang tepat. Penyajiannya cepat, harganya sangat terjangkau, dan tentunya rasanya lezat.

Menu siomay yang ditawarkan juga sangat lengkap dan semuanya selalu segar. Teksturnya yang renyah, terutama saat disajikan dengan bumbu kacang, akan membuat kamu semakin tergoda. Dijamin, setelah mencicipi hidangan ini, kamu akan ketagihan.

Siomay Pak Ndut juga menyediakan layanan pengantaran online melalui aplikasi seperti Grab atau Gojek, lho.

  • Alamat: Jl. Pasir Mas Raya No.b21
  • Jam buka: 10.00 - 04.00 WIB.

SOTO BANGKONG

kuliner malam semarang Soto bangkong PK
Sumber foto: Travelingyuk.com

Soto Bangkok, yang berlokasi di Peterongan, seringkali disebut "Soto PK", merupakan salah satu warung soto legendaris yang terkenal di Semarang yang beroperasi sejak tahun 1950.

Selain rasanya yang lezat, suasananya juga nyaman meskipun ramai oleh para pelanggan. Di sini juga tersedia berbagai makanan pelengkap seperti ayam goreng dan otak-otak, yang menambah kemewahan hidangan.

Banyak warga dari kota-kota lain yang datang khusus ke sini hanya untuk menikmati soto Bangkong. Sementara itu, harga hidangannya pun dimulai dari kisaran Rp16 ribu saja.

  • Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Semarang Selatan.
  • Jam buka: 07.00 - 22.00 WIB.

NASI AYAM BU WIDO

kuliner malam semarang nasi ayam bu Wido
Sumber foto: Detikfood

Kenikmatan dari nasi ayam bu Wido memang sudah tidak diragukan lagi. Di tempat kuliner malam Semarang ini, kamu dapat menikmati ayam suwir, sayur labu siam, dan krecek pedas gurih yang disajikan dengan nasi hangat.

Menurut laporan dari Detikfood, sang penjual mengatakan pada akhir pekan mereka mampu menjual hingga 200 porsi, banyak yang menjadi penggemar setia Nasi Ayam Bu Wido ini karena rasanya yang lezat.

Selain itu, kamu juga dapat memilih berbagai lauk tambahan seperti sate-satean, seperti telur puyuh, ampela, ati, usus, kulit, dan uritan. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp12 ribu saja.

  • Alamat: Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Kota Semarang.
  • Jam buka: 15.30 - 22.30 WIB.

NASI AYAM BU JAWI

Tak hanya Bu Wido, nasi ayam bu Jawi juga tak kalah diminati dan seringkali ramai di malam hari. Tempat ini termasuk kuliner malam Semarang murah, karena harganya mulai dari Rp6 ribu saja.

Dikatakan bahwa tempat kuliner ini telah beroperasi sejak tahun 70-an, menjadikannya sebagai salah satu kuliner legendaris di kota ini.

Menu di sini menawarkan beragam pilihan isian, termasuk ayam, telur bacem, dan sayuran. Tersedia pula berbagai variasi sate-satean seperti usus, ati, dan ampela yang tentunya menggugah selera.

  • Alamat: Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Kota Semarang.
  • Jam buka: 18.00 - 23.00 WIB.

TAHU GIMBAL H.EDY

kuliner malam semarang Tahu gimbal H. Edy
Sumber foto: Detikfood

Tahu gimbal merupakan sajian khas Semarang yang terdiri dari tahu goreng yang dilumuri dengan gimbal atau bakwan udang, kemudian digoreng hingga melebar dan dipotong-potong.

Untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, tahu ini disajikan dengan irisan kol segar, bawang merah, dan seledri yang memberikan cita rasa yang khas. Kamu juga dapat menambahkan kuah kacang dan telur goreng sesuai selera.

Banyak yang mengaku memiliki tahu gimbal khas H. Edy, namun yang asli dapat dikenali dari foto di spanduk penjualnya.

  • Alamat: Jl. Menteri Supeno sekitar Taman Indonesia Kaya.
  • Jam buka: 15.00 - 23.00 WIB.

ES PUTER CONGLIK

kuliner malam semarang Es Puter Conglik
Sumber foto: SoloposJateng

Apabila kamu menginginkan hidangan segar di tengah malam, Es Puter Conglik adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. 

Tempat yang sudah menjadi legenda ini sering kali diserbu oleh wisatawan karena memiliki rasa yang unik dan pastinya lezat.

Es puter ini tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari coklat, durian, alpukat hingga kelapa. Harganya juga terjangkau, dengan kisaran antara Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per porsi.

Keaslian rasa es puter conglik ini terjamin karena bahan-bahannya tidak ditambah dengan perasa tambahan, seperti yang biasa dilakukan oleh penjual es puter lainnya.

  • Alamat: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karang Kidul, Kec. Semarang Tengah.
  • Jam buka: 18.00 - 23.00 WIB.

LUMPIA SEMARANG 24 JAM

Salah satu kuliner malam Semarang 24 jam adalah Lumpia Semarang 24 Jam. Sesuai dengan namanya, tempat ini menyediakan lumpia khas Semarang dengan rasa yang otentik.

Selain lumpia versi original, tersedia juga lumpia Semarang yang diisi dengan rebung. Ini menjadi pilihan yang sangat cocok bagi wisatawan yang sedang berlibur di Semarang dan ingin membawa oleh-oleh lumpia karena tempat ini siap melayani pelanggan kapan saja.

  • Alamat: Jl. Pemuda No.30, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.
  • Jam buka: 24 jam.

Kuliner malam Semarang memberikan kesan yang istimewa bagi penduduk lokal maupun wisatawan. Ditemani dengan pemandangan kota yang hidup dan keramaian suasana malam, pengalaman kuliner menjadi semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Mau tahu rekomendasi makanan malam di Semarang? Dapatkan informasi selengkapnya di Girls Beyond Circle!

Baca juga: 10 Wisata Dekat Stasiun Malang, Bisa Dikunjungi Selama Mudik!

Sumber foto: Pariwisata Semarang Kota

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond