gagal menampilkan data

Article

5 Pilihan Universitas di Korea Selatan yang Berikan Beasiswa Full untuk Jenjang S1-S3

Written by Adila Putri Anisya

Universitas di Korea Selatan seringkali menjadi incaran para beasiswa hunters. Apakah kamu salah satunya?

Nah, bagi kamu yang sedang mengincar program beasiswa di negara ginseng tersebut, namun terkendala biaya. Ada lho, beberapa universitas yang menawarkannya beasiswa penuh, termasuk biaya hidup.

Dengan mengetahui informasi tentang beasiswa ini, kamu dapat mulai mempersiapkan diri dari sekarang, sehingga jika pendaftarannya nanti dibuka kamu sudah siap untuk mendaftarnya.

Kalau kamu penasaran dengan universitas di Korea Selatan yang menerima beasiswa full, simak artikel ini sampai habis.

Baca juga: 5+ Program Beasiswa S2 Luar Negeri Fully Funded Alternatif LPDP 2024!

UNIVERSITAS DI KOREA SELATAN YANG MENAWARKAN BEASISWA PENUH

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang memiliki standar pendidikan tinggi, serta diakui oleh internasional. Berikut beberapa universitas yang sediakan beasiswa penuh yang bisa kamu daftar:

SEOUL NATIONAL UNIVERSITY (SNU)

Seoul National University (SNU) merupakan universitas di Korea Selatan terbaik nomor satu. Tak hanya menjadi incaran siswa internasional saja, namun juga siswa Korea sendiri berlomba-lomba untuk berkuliah di sana.

Pada tahun 2024 ini, SNU menempati posisi terbaik ke-41 di dunia, baik dalam penelitian maupun pendidikan. Tak heran, jika SNU menjadi perguruan tinggi pilihan bagi banyak siswa lokal maupun internasional yang bersemangat untuk mengejar pendidikan tinggi yang unggul.

Program beasiswa tersebut diselenggarakan oleh pemerintah Korea Selatan kepada mahasiswa/i internasional. Melalui program ini, kamu dapat dibiayai secara full, termasuk sekolah bahasa hingga biaya hidupnya.

SNU memiliki 15 fakultas untuk jenjang sarjana, mulai dari fakultas humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, pendidikan, teknik hingga kedokteran. Sementara untuk program pascasarjana (magister dan doktoral) terdiri 106 jurusan.

Bagi kamu yang ingin berkuliah di Seoul National University, kamu bisa mendaftarkan diri melalui beberapa jalur beasiswa seperti, Global Korea Scholarship (GKS), Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS), SNU Presiden Fellowship Program (SPF), hingga Overseas Koreans Scholarship.

KOREA ADVANCED INSTITUTE OF SCIENCE AND TECHNOLOGY (KAIST)

universitas di korea selatan Korea menawarkan beasiswa penuh
Sumber foto: Scholars Official

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) merupakan universitas di Korea Selatan yang berfokus dalam bidang sains, teknik dan teknologi. 

Ada banyak beasiswa yang disponsori oleh pemerintah atau sekolah juga tersedia untuk siswa KAIST, yang mencakup biaya sekolah dan biaya secara penuh. 

Universitas ini juga mengoperasikan lebih dari 20 asrama mahasiswa serta beberapa apartemen untuk mahasiswa yang sudah menikah.

Beasiswa KAIST ini ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan kuliah sarjana. 

Sementara itu, cakupan beasiswa KAIST antara lain, tanggungan biaya penuh selama masa studi S1 (8 semester), tunjangan hidup sebesar 350 ribu won, atau Rp4,45 juta per bulan, serta asuransi kesehatan dari KAIST. 

Adapun yang tidak termasuk dalam biaya beasiswa ini, yaitu biaya asrama dan biaya perjalanan ke Korea. Calon mahasiswa harus menggunakan dana pribadi atau sumber lain.

Kamu bisa mendaftar beasiswa KAIST melalui beberapa program, seperti GKS, NIIED, dan beasiswa KAIST yang biasanya dibuka pada Agustus hingga September.

KOREA UNIVERSITY  

universitas di korea selatan Korea menawarkan beasiswa penuh
Sumber foto: Korea University

Korea University adalah universitas swasta di Korea Selatan terkemuka, dan termasuk dalam universitas “SKY” yang terbaik di Korea, yaitu Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

Korea University dikenal sebagai kampus yang menyediakan fakultas hukum pertama kali, hal inilah yang membuat Korea University sebagai kampus hukum favorit di Korea Selatan. 

Untuk jenjang sarjana beberapa program studi yang menarik antara lain, Business Administration, Liberal Arts, Life Sciences and Biotechnology, Political Science and Economics, Science, Engineering, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, untuk jenjang pascasarjana ada Law, Business Administration, Information Security, Management of Technology, dan lain-lain.

Setiap tahunnya kampus favorit ini memberi banyak kesempatan untuk siswa internasional dengan beasiswa full, termasuk biaya kuliah, biaya hidup dan dukungan kebutuhan dana lainnya. 

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa full di Korea University maka bisa mendaftarkan diri melalui beasiswa GKS, NIIED, KOICA.

KOREA NATIONAL UNIVERSITY OF ARTS (K’ARTS)

universitas di korea selatan Korea menawarkan beasiswa penuh
Sumber foto: Idei.club

Korea National University of Arts (K’Arts) adalah universitas negeri di Korea yang berfokus pada bidang seni. Universitas ini membuka beasiswa penuh bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan jurusan seni. 

Beasiswa yang diselenggarakan K’Arts dibuka untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah jenjang sarjana (S1) dan magister (S2) di Korea Selatan. 

Adapun beberapa program studi yang ditawarkan dalam ranah seni antara lain, Vocal Music, Instrumental Music, Composition, Conduction,  Acting, Directing, Stage Design, Theatre Studies, Film Making, Broadcasting, Multimedia, Animation, dan masih banyak lagi.

Biaya yang ditanggung oleh beasiswa nantinya meliputi, tiket pesawat PP, uang saku sekitar 800 won (Rp9,4 juta), latihan bahasa, intensif tesis hingga 1 juta won, hingga asuransi kesehatan. 

Beasiswa K’Arts umumnya dibuka pada awal tahun sekitar bulan Maret. Sementara itu, lembaga yang menyelenggarakan beasiswa ini adalah Art Major Asian plus atau AMA+ Scholarship.

EWHA WOMANS UNIVERSITY (EWU)

Universitas di Korea Selatan terakhir yang menawarkan beasiswa penuh adalah Ewha Womans University (EWU), yakni termasuk salah satu kampus swasta yang juga ternama di Korea Selatan. 

Salah satu ciri khas EWU adalah fokusnya pada pendidikan perempuan, meskipun saat ini universitas ini juga menerima mahasiswa pria di tingkat pascasarjana dan beberapa program sarjana.

Universitas ini menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, humaniora, sains, teknik, seni, dan banyak lagi. EWU juga dikenal karena penelitian dan inovasinya yang berkelanjutan dalam berbagai disiplin ilmu.

Bagi kamu yang tertarik berkuliah di EWU, maka bisa mengikuti program beasiswa yang ditawarkan oleh Ewha sendiri, yaitu EGGP (Ewha Global Partnership Program) dan GKS.

Beasiswa tersebut terbuka untuk tingkat studi sarjana, magister hingga PhD dengan mendapatkan biaya penuh, mulai dari biaya masuk, biaya kuliah, biaya perumahan (jika penghuni asrama, dan intensif lainnya.

Saat mencari beasiswa universitas di Korea Selatan, penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi agar dapat membuat keputusan yang terinformasi dan terbaik, seperti melalui situs web resmi, grup atau komunitas online, atau media sosial.

Good luck, ya!

Mau tahu informasi terkait beasiswa lainnya? Gabung ke komunitas Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: 5 Program Beasiswa Kuliah di Korea yang Wajib Kamu Coba!

Sumber foto: tchinese.seoul.go.kr

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond