gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

7 Makanan Khas Bandung Terbaru dan Viral yang Wajib Dicoba!

Written by Adila Putri Anisya

Bandung dikenal sebagai surganya kuliner di Jawa Barat. Tak heran jika kota ini selalu mencetuskan makanan khas Bandung yang menjadi viral. 

Selain menjadi destinasi wisata, Bandung juga terkenal sebagai tempat yang menggoda selera dengan beragam kuliner lezat. 

Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke Bandung hanya untuk menikmati kulinernya karena makanan-makanan khasnya selalu memikat lidah orang Indonesia. 

Jika kamu berencana untuk berlibur ke Bandung dan ingin mencicipi makanan yang sedang viral, berikut beberapa tempat makanan khas dari Bandung yang patut kamu kunjungi!

Baca juga: 12 Tempat Kuliner Hits Bandung 2024 yang Wajib Dikunjungi!

SAMBAL TEMBIKAR PAK WIKA BANDUNG

makanan khas bandung sambal tembikar pak wika bandung
Sumber foto: Bengkuluekspress

Sambal Tembikar Pak Wika merupakan salah satu makanan khas Bandung Sunda-Chinese yang menjadi viral karena menggunakan cabai terpedas di dunia, yakni carolina reaper.

Menu andalannya, seperti kulit goreng dan kulit bakar, tak boleh dilewatkan. Selain itu, terdapat juga pilihan menu seperti tumis cumi, paru cabe, hingga nasi pedas yang dapat kamu pesan, serta berbagai snack dan minuman yang menyegarkan.

Di sini, terdapat area sambal dan lalapan yang dapat dinikmati sepuasnya. Dengan tempat yang luas dan nyaman, Sambal Tembikar Pak Wika menjadi salah satu destinasi kuliner wajib saat berada di Bandung.

Alamat: Jl. Sumatera No.31, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

BACIMUT BANDUNG

makanan khas bandung bacimut bandung
Sumber foto: Detikfood

Makanan khas Bandung yang viral belakangan ini adalah Bacimut Bandung, singkatan dari “Baso Aci Imut”. Meskipun baso aci ini biasanya menjadi camilan khas kota Tasikmalaya, namun di Bandung, Bacimut diolah dengan inovasi yang berbeda.

Jajanan kekinian Bandung ini disajikan dengan beragam saus, mulai dari saus pizza, saus tartar, saus karedok, saus ayam pedas, hingga saus Japanese mayo. Kerenyahan dan paduan bumbu yang tidak biasa membuatnya memiliki cita rasa yang unik saat dinikmati.

Makanan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, berkisar antara Rp5 ribu hingga Rp17 ribu. Lokasinya memang agak terbatas, sehingga sebaiknya parkir di luar gang untuk menjangkau tempat ini.

Alamat: depan toko, Jl. Tamim No.54, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

MIE BAKSO LIMA SAUDARA

makanan khas bandung bakso 5 saudara
Sumber foto: Instagram.com/bakso.limasaudara

Sepertinya, chili oil sedang menjadi tren sebagai tambahan pada makanan. Bakso, yang biasanya disajikan dengan kuah atau sambal biasa, kini dapat dinikmati dengan tambahan chili oil yang memberikan cita rasa yang berbeda.

Di Bandung, ada satu tempat yang menawarkan makanan khas Bandung yang viral dengan penambahan chili oil pada bakso sebagai bumbunya. Berbagai jenis bakso sapi dan aci disajikan dengan topping menarik seperti ceker, tulang rangu, kikil, dan tahu walik.

Kualitas bakso yang lembut, ceker yang kenyal, dan kuah yang gurih telah menarik banyak pengunjung, terutama saat jam makan siang. Harga yang terjangkau, mulai dari Rp7 ribu, menjadikan tempat ini sebagai pilihan yang menarik bagi para pecinta bakso yang berkunjung ke Bandung!

Alamat: JJl. Sukamenak No.89 A, Sayati, Kec. Margahayu, Kabupaten Bandung.

BAKMIE IMING

makanan khas bandung bakmie iming
Sumber foto: Instagram.com/bakmieiming

Jika ingin mencicipi bakmie dengan cita rasa yang unik, sebaiknya kunjungi Bakmie Iming. Di sini, ada menu bakmie disajikan dengan cara yang tidak biasa, yaitu dibakar langsung di atas hotplate sebelum disantap. 

Proses pembakarannya tersebut menghasilkan aroma yang sangat menggugah selera, membuat pembeli tak sabar untuk segera menikmatinya. 

Berbagai pilihan toping yang tersedia antara lain, bakmie iming ayam, bakmie bakar chili oil, bakmie iming bakso, dan lain sebagainya. 

Karena popularitasnya yang terus meningkat dan kelezatan bakmie yang ditawarkan, jajanan khas bandung ini telah membuka dua cabang di Bandung, yakni Bakmie Iming Cibaduyut dan Bakmie Iming Dipatiukur. 

Makanan khas Bandung ini memiliki harga yang terjangkau, yakni mulai dari Rp15 ribuan saja, tak heran jika semakin diminati oleh banyak orang.

Alamat: Jl. Taman Cibaduyut Indah, Cangkuang Kulon dan Jl. Dipati Ukur No.68, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

DRUNK BAKER

makanan khas bandung drunk baker
Sumber foto: Instagram.com/drunkbaker_indonesia

Jika kamu mencari Japanese bakery yang lezat di Bandung, maka Drunk Baker adalah pilihan yang tepat. Salah satu menu andalannya, Hokkaido toast, disebut-sebut diolah selama hampir 12 jam, lho

Drunk Baker juga menawarkan berbagai pilihan menu lainnya seperti lava chocoreo, tiramisu bread, cheese tuna, vanila chic choc, hingga smoked beef mozza yang semuanya dijamin menggugah selera. 

Tempat ini juga menjadi tempat favorit bagi anak muda untuk berkumpul, tidak hanya karena bakery-nya yang lezat, tetapi juga karena suasana interiornya yang cozy dengan desain warm krem dan ornamen estetik,

Sementara itu, harga makanan khas Bandung ini cukup standar, mulai dari Rp20 ribu hingga Rp55 ribu per item.

Alamat: Jl. Bahureksa No.24, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

TIRAMISUSU BY CHOCOMORY

makanan khas bandung tiramisusu by chocomory
Sumber foto: Chocomory

Tiramisusu merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang selalu menjadi favorit para wisatawan untuk dibawa pulang. 

Ketenaran Tiramisusu ini di media sosial tidak lain karena kelezatannya yang luar biasa. Setiap gigitannya terasa meleleh dan lezat di mulut. 

Tiramisusu ini tersedia dalam dua varian rasa, yakni cookies & cream dan original, dengan harga sekitar Rp75 ribu.

Namun, penting untuk diingat, jika kamu membeli makanan khas Bandung ini untuk dibawa pulang, pastikan untuk tidak menyimpannya di luar selama lebih dari 12 jam, karena dessert box ini hanya dapat bertahan di suhu ruangan selama waktu tersebut.

Alamat: Jl. Anggrek No.48, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

BOLU SUSU LEMBANG 

makanan khas bandung bolu susu lembang
Sumber foto: Bolulembang

Bolu Susu Lembang merupakan makanan khas Bandung yang kerap dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan. Pada awalnya, produk ini dibuat untuk memperkenalkan Bandung, terutama di daerah Lembang melalui citra rasa kulinernya.

Sebagaimana namanya, bolu susu ini terbuat dari susu sapi murni, yang memang salah satu komoditas utama di Lembang. Bolu ini tersedia dalam beragam varian rasa seperti original, green tea, vanilla, hingga coklat.

Harganya juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp50 ribu saja. Kamu bisa membelinya di berbagai stand penjualan di sepanjang jalan-jalan kota Bandung, atau di toko oleh-oleh yang tersedia.

Makanan khas Bandung selalu menarik bagi para pecinta kuliner, terutama yang sedang viral. Biasanya, makanan yang sedang menjadi sorotan memiliki cita rasa yang unik dan memikat. Kamu tertarik mencoba yang mana?

Mau tahu rekomendasi makanan khas Bandung yang viral lainnya? Gabung komunitas Girls Beyond Circle!
Baca juga: 8 Tempat Piknik di Bandung yang Asri dan Ramah Kantong!

Sumber foto: Pexels