gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Cuma 3 Bahan, Ini 7 Resep Cemilan Simple Kekinian untuk Ide Jualan!

Written by Septia Sapoetri

Siapa yang tidak menyukai camilan? Jenis makanan yang satu ini tentunya digemari banyak orang. Selain karena ringan dan dapat menunda rasa lapar, camilan memiliki berbagai macam rasa, bentuk, dan penyajiannya. Bahkan, ada juga cemilan simple yang bisa dibuat dari 3 bahan saja, lho!

Tidak hanya enak dan mudah dibuat, ketujuh resep camilan ini juga bisa digunakan sebagai ide jualan kekinian. Makin penasaran, ‘kan? Berikut ini ketujuh resep cemilan simpel. Simak, ya!

Baca juga: 9 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Viral, Ada Khas Thailand hingga Vietnam!

Resep Cemilan Simple 3 Bahan

Mochi Bites

cemilan simple
Sumber foto: Instagram (@saizenfusion)

Bahan:

  • Tepung Ketan
  • Susu Cair
  • Gula pasir

Hingga saat ini, mochi bites masih menjadi salah satu cemilan simple kekinian yang banyak dijual. Ternyata, cara membuatnya tidak begitu sulit, lho! Kamu hanya perlu menyiapkan tiga bahan di atas dan mencampurkan seluruh bahannya. Setelah itu, kamu kukus hingga matang.

Jika adonan sudah matang, kamu bisa mengangkatnya, kemudian sedikit menguleni adonannya menggunakan tepung ketan sangrai agar tidak lengket ke tangan. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dan mochi bites siap disajikan!

Cemilan simple dari tepung ketan ini bisa kamu kreasikan agar lebih menarik dengan menambahkan bubuk coklat sebagai baluran mochi atau bisa juga kamu tambahkan susu untuk cocolannya. Mudah, murah, dan simple, `kan?

Donat Mini

cemilan simple
Sumber foto: Instagram (@resepkue_pilihan)

Bahan:

  • Tepung terigu
  • Susu cair
  • Ragi

Donat mini bisa menjadi ide cemilan simple untuk dijual, lho! Ternyata, donat bisa dibuat dengan 3 bahan saja. Kamu bisa menyiapkan bahan-bahan di atas dan mencampur seluruhnya di wadah. Setelah tercampur, tutup adonan, dan diamkan hingga mengembang.

Jika sudah mengembang, kamu bisa memasukkan adonan ke plastik segitiga atau piping bag. Nantinya, adonan akan dikeluarkan dari piping bag dan digunting kecil-kecil langsung di atas wajan dengan minyak panas. 

Setelah itu, goreng adonan hingga berwarna keemasan dan angkat. Donat mini ini bisa kamu kreasikan dengan menambah gula halus atau glaze aneka rasa. Dijamin, donat mini ini bisa menjadi cemilan simple yang cuan banget!

Kebab Mini

cemilan simple
Sumber foto: Instagram (@abang_oyyan)

Bahan:

  • Kulit kebab
  • Smoked beef atau sosis
  • Saus dan mayones

Siapa yang tidak menyukai kebab? Makanan khas Timur Tengah tersebut ternyata bisa menjadi cemilan simple yang mudah dan murah. Bisa banget untuk ide jualan!

Kamu hanya perlu menyiapkan tiga bahan di atas. Untuk kulit kebabnya, kamu bisa menggunakan setengah bagian saja karena kebabnya akan dibuat dalam ukuran kecil. Isiannya, bisa menggunakan smoked beef atau sosis yang sudah dipanggang terlebih dahulu.

Jika seluruh bahan sudah siap, maka kamu bisa menyusun smoked beef atau sosis di atas kulit kebab dan tambahkan saus serta mayones. Kemudian, lipat kulit kebab dan panggang.

Cemilan simple yang satu ini bisa kamu jual dalam keadaan matang atau frozen food tanpa harus kamu panggang. Untuk mengurangi biaya produksi, kamu juga bisa menggunakan kulit pangsit. Nah, jika ingin kebab dagangan kamu lebih sehat, bisa ditambahkan sayur seperti selada atau timun juga, ya. Selamat mencoba!

Jelly Ball

cemilan simple
Sumber foto: Pinterest (veganeverytime)

Bahan:

  • Aneka buah (biasanya stroberi, naga, mangga, dan yang lainnya)
  • Jelly instan dan agar-agar plain
  • Gula pasir

Cemilan simple tiga bahan selanjutnya adalah jelly ball. Sesuai namanya, cemilan simpel ini terbuat dari jelly dan bentuknya seperti bola. Jelly ball bisa menjadi ide jualan cemilan sehat karena menggunakan buah-buahan di dalamnya. Yuk, langsung siapkan bahan di atas dan simak pembuatannya di bawah ini.

Setelah bahannya sudah kamu siapkan, kamu bisa memotong buah kecil-kecil dan masukkan ke cetakan jelly bulat. Kemudian, buat adonan jelly dengan menggunakan campuran bubuk jelly dan agar-agar, tambahkan gula dan air, aduk terus di api sedang.

Setelah adonan jelly mendidih, kamu bisa memasukkannya ke cetakan. Setelah itu, tunggu sampai mengeras. Jika sudah, maka jelly ball siap disajikan.

Jelly ball bisa kamu jual polosan saja menggunakan tusuk sate (terdapat tiga sampai empat jelly ball per tusuk) atau bisa kamu kreasikan menjadi es dengan dicampur susu dan biji selasih. Tertarik untuk mencobanya?

Pisang Crispy

cemilan simple
Sumber foto: Instagram (@foodiejombang)

Bahan:

  • Tepung pisang bubuk
  • Pisang kepok
  • Glaze aneka rasa

Pisang goreng adalah cemilan simple favorit untuk segala kalangan usia. Mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, remaja, hingga anak-anak pasti menyukai pisang goreng. Oleh karena itu, olahan pisang goreng dengan sedikit variasi rasa pasti akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Pun, pembuatan dan bahannya mudah didapatkan.

Kamu hanya perlu menyiapkan tiga bahan di atas, kemudian siapkan adonan tepungnya dengan mencampur tepung pisang bubuk dan air. Setelah itu, kamu bisa potong pisang tipis-tipis dan masukkan ke dalam adonan.

Jika sudah, kamu bisa menggorengnya di minyak yang sudah panas dengan api yang tidak terlalu besar. Kemudian, angkat pisang setelah warnanya coklat keemasan dan tepungnya sudah crispy. Setelah itu, kamu bisa menyajikannya dengan glaze aneka rasa. Mudah, ‘kan?

Cheese Roll

cemilan simple
Sumber foto: Instagram (@dewiashandy)

Bahan:

  • Kulit lumpia
  • Keju cheddar blok
  • Glaze aneka rasa

Cemilan simple selanjutnya yang bisa kamu buat untuk ide jualan adalah cheese roll. Camilan ini sangat mudah dibuat. Pertama, siapkan bahan-bahannya dan potong keju berbentuk balok tipis. Selanjutnya, letakkan keju di atas kulit lumpia dan gulung. Untuk merekatkan kulit lumpianya, kamu bisa menggunakan adonan tepung terigu yang ditambahkan air.

Setelah sudah rekat, kamu bisa menggorengnya di wajan dengan minyak yang sudah panas. Jangan gunakan api yang terlalu besar, ya. Kemudian, jika sudah, tiriskan, dan siap disajikan dengan tambahan glaze aneka rasa di atasnya. Bukan hanya cemilan simple, cheese roll juga camilan yang enak dan nagih banget!

Samyang Roll

cemilan simple
Sumber foto: Pinterest (izzysvegetarianrecipes)

Bahan:

  • 1 bungkus samyang
  • rice paper (rendam di air telebih dahulu)
  • tambahan: keju, nori, wijen (opsional, pilih salah satu)

Setelah bahan sudah disiapkan, kamu bisa mulai memasak samyang terlebih dahulu. Cara memasaknya sama seperti membuat mi biasa, cukup didihkan air, rebus mi sampai matang, angkat dan tiriskan, serta campur dengan bumbu yang sudah disediakan.

Jika samyang sudah siap dan rice paper sudah kamu rendam air, maka samyang siap disusun. Kamu bisa meletakkan samyang di tengah-tengah rice paper dan kemudian melipat sisa-sisa rice paper di sebelahnya agar bentuknya menyerupai bantal. Terakhir, panggang terlebih dahulu sebelum disajikan.

Untuk bahan tambahannya, kamu bisa ikut memasukkannya ke dalam rice paper bersama dengan samyangnya, ya! Bahan tambahan ini bisa menambah cita rasa sekaligus harga jualnya nanti. Kamu juga bisa mengganti jenis mi untuk mengurangi biaya produksi. Selamat mencoba!

Nah, itu dia ketujuh resep cemilan simpel yang bisa kamu buat untuk camilan biasa atau bahkan ide jualan. Kamu tertarik coba resep yang mana, nih?

Yuk, gabung bersama komunitas Girls Beyond Circle dan dapatkan resep makanan dan minuman menarik lainnya!

Baca juga: 11 Comfort Food Indonesia yang Cocok untuk Tingkatkan Suasana Hati!

Sumber: Pexels