gagal menampilkan data

Article

5 Resep Smoothie Terenak, Minuman Sehat Kekinian yang Wajib Kamu Coba!

Written by Septia Sapoetri

Smoothie merupakan minuman campuran buah dan sayuran dengan bahan-bahan lainnya, seperti susu atau yogurt. Minuman satu ini kembali viral dan banyak diperbincangkan karena manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kamu mau coba buat minuman sehat kekinian yang satu ini? Yuk, simak 5 resep smoothie di bawah ini! 

Baca juga: Lebih Hemat! Ini 5 Resep Kopi Kekinian yang Bisa Kamu Buat di Rumah!

Resep Smoothie si Minuman Sehat Kekinian

Banana Chocolate Smoothie

minuman sehat kekinian banana chocolate smoothie
Sumber foto: Pexels

Kamu mau bikin minuman yang sehat tapi tetep nyoklat? Kalau gitu, banana chocolate smoothie bisa jadi pilihan kalau mau bikin minuman sehat kekinian.

Minuman ini terbuat dari pisang yang dicampur dengan bubuk coklat dan beberapa bahan lainnya. Yang pasti, minuman ini bakal bikin kamu puas banget karena bisa ngenyangin tanpa rasa berdosa. Langsung saja, resepnya di bawah sini!

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang cavendish matang dan beku
  • 2 sdm plain yoghurt
  • 2 sdt bubuk coklat
  • 150 ml susu low fat

Masukan seluruh bahan ke dalam blender dan blender sampai halus. Banana chocolate smoothie siap disajikan!

Green Smoothie

minuman sehat kekinian green smoothie
Sumber foto: Pexels

Selanjutnya, ada green smoothie yang bisa menjadi alternatif untuk kamu yang nggak suka makan sayur.

Minuman sehat yang satu ini dibuat dengan campuran buah dan sayur, hasilnya akan hijau sesuai dengan namanya. Walaupun menggunakan sayur, rasanya tetap enak dan pastinya akan lebih banyak mengandung vitamin  dan nutrisi. Kalau kamu nggak percaya, coba ikuti resep smoothie ini!

Bahan-bahan:

  • Sayur kale
  • Batang seledri import (opsional)
  • Buah nanas beku
  • Buah pisang beku
  • Es batu
  • Air secukupnya

Setelah semuanya siap, blender hingga halus.

Kamu juga bisa mengganti jenis sayuran dan buahnya. Untuk sayur pilihan lainnya adalah pakcoy dan bayam. Untuk buahnya, mangga dan apel bisa jadi alternatifnya. Oh iya, jika kamu menggunakan batang seledri, pastikan tidak terlalu banyak karena rasanya akan cukup dominan.

Kamu bisa mengonsumsi smoothie ini setiap hari karena tidak mengandung gula dan cukup mengenyangkan. Kandungan dalam green smoothie bagus untuk kulit dan pencernaan. Bisa bikin sehat sekaligus cantik!

Papaya Smoothies

minuman sehat kekinian papaya smoothie
Sumber foto: Pexels

Siapa sangka buah pepaya yang murah dan mudah didapatkan itu bisa diolah jadi smoothie ala ala minuman kekinian? Percaya nggak percaya, kamu bisa coba resep di bawah ini dan buktikan sendiri!

Bahan-bahan:

  • Buah pepaya beku
  • Buah nanas beku
  • Susu almond

Blender ketiga bahan tersebut dan papaya smoothie siap untuk diminum!

Untuk hasil yang lebih menyegarkan, kamu juga bisa menambahkan jeruk. Papaya smoothies ini punya banyak banget manfaat, loh! Dari ketiga bahan itu saja, sudah meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan rambut, kuku, dan kulit, melancarkan pencernaan, dan sangat bagus untuk jantung. Nah, sudah tertarik untuk mencoba minuman sehat kekinian yang satu ini?

Mocha Smoothies

minuman sehat kekinian mocha smoothie
Sumber foto: Pexels

Kamu pernah mencoba smoothie dengan campuran kopi? Kalau belum, tandanya kamu harus coba buat dengan resep yang satu ini. Dijamin nagih!

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang beku
  • 120 ml kopi (lebih disarankan kopi decaf)
  • 60-120 ml susu almond
  • ½ sdm bubuk coklat

Setelah itu, campur seluruh bahan dengan blender dan mocha smoothie sudah bisa kamu minum!

Mocha smoothie bisa menjadi alternatif kalau kamu mau nyemil atau minum minuman enak, tapi tetap sehat. Selain itu, minuman sehat kekinian ini juga bisa menjadi pilihan sarapan untuk kamu yang terbiasa hanya meminum segelas kopi di pagi hari. Dengan menambahkan pisang, susu, dan bubuk coklat, kamu bisa kenyang lebih lama dan pastinya lebih bernutrisi.

Berry Smoothies

minuman sehat kekinian berry smoothie
Sumber foto: Pexels

Minuman satu ini pasti sudah nggak asing lagi untuk pencinta buah-buahan berry. Selain menyegarkan dan menyehatkan, kamu juga bisa membuat smoothie ini jadi minuman yang tinggi protein. Caranya, kamu siapkan bahan-bahan berikut.

Bahan-bahan:

  • Buah strawberry beku
  • Buah blueberry beku
  • Greek yogurt low fat
  • Chia seed
  • Susu
  • Selai kacang tanpa gula

Sebelum mulai memasukan seluruh bahan, kamu perlu mencampur chia seed dengan susu terlebih dahulu selama 20 menit. Setelah itu, masukan semua bahan, kemudian blender sampai halus, dan tada… minuman sehat kekinian dan mengenyangkan siap untuk diminum!

Tips Membuat Smoothie

Sumber foto: Pexels

Nah, untuk kamu yang mau mulai minum smoothie secara rutin, Gaby punya beberapa tips supaya smoothie kamu bervariasi dan nggak gitu-gitu aja. 

Eksplor jenis buah dan sayur

Beberapa buah dan sayur yang ada di resep smoothie di atas masih bisa kamu eksplor lagi. Tapi, yang paling penting, gunakan buah yang beku, ya! Supaya teksturnya lebih creamy dan lebih enak karena dingin.

Tambahkan sumber protein

Kalau kamu ingin membuat smoothie yang mengenyangkan, kamu bisa menambahkan beberapa produk seperti selai kacang tanpa gula, greek yoghurt, atau bubuk protein.

Gunakan campuran cairan yang berbeda

Kamu bisa menggunakan jenis susu apa pun. Ini bisa disesuaikan dengan kesukaan dan kebutuhan. Kamu boleh mencampur smoothie dengan susu biasa, susu almond, susu oat, susu kedelai, susu low fat, bahkan air kelapa, atau jus jeruk. Ada banyak pilihan, sehingga kamu bisa mengeksplor bahan-bahan supaya rutinitas membuat smoothie bisa lebih menyenangkan.

Dari kelima resep minuman sehat kekinian di atas, mana yang jadi favoritmu?

Tertarik untuk sharing resep makanan dan minuman? Kamu bisa bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle dan berbagi resep rahasiamu!

Baca juga: 10 Pilihan Menu Sarapan Diet Murah, Sehat, dan Gak Menguras Kantong!

Sumber: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond