gagal menampilkan data

Article

7+ Kuliner Legendaris Bogor Terfavorit, Catat Daftarnya!

Written by Adila Putri Anisya

Kuliner legendaris Bogor selalu menjadi daya tarik utama bagi para pecinta makanan yang ingin merasakan cita rasa otentik di kota hujan ini. 

Dari jajanan pasar yang khas hingga hidangan tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi, Bogor menawarkan beragam pilihan kuliner yang memanjakan lidah. 

Keberagaman kuliner ini tidak hanya mencerminkan kekayaan budaya lokal, tetapi juga menghadirkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa saja yang berkunjung. 

Mengunjungi Bogor tanpa mencicipi makanan legendarisnya sama saja dengan melewatkan sebagian besar pesona kota ini. 

Oleh karena itu, Girls Beyond akan merekomendasikan 7 kuliner legendaris Bogor yang sayang jika dilewatkan. Simak, ya!

Baca juga: 5+ Rekomendasi Tempat Outbound di Bogor yang Seru dan Asri!

Nasi Uduk Kaum 58

kuliner legendaris bogor Nasi Uduk Kaum 58
Sumber foto: Tribun Bogor

Nasi Uduk di Bogor ini telah beroperasi sejak tahun 1890, menjadikannya salah satu kuliner legendaris Bogor yang patut dicoba. 

Warung ini telah berganti nama sebanyak lima kali, awalnya dikenal sebagai Nasi Uduk Ibu Itjoen, dan sejak tahun 2022 hingga sekarang dikenal dengan nama Nasi Uduk Kaum 28. 

Untuk menjaga keotentikannya, warung makan ini masih mengusung konsep sederhana namun tetap nyaman dan bernuansa kekeluargaan. 

Nasi uduk di sini direndam semalaman (12 jam) dengan rempah-rempah khas, menghasilkan aroma yang menggugah selera. 

Berbagai lauk tradisional seperti balado, ayam goreng, tongkol, hingga jengkol turut disajikan dengan cita rasa yang otentik. 

Meski selalu ramai pengunjung, harga makanan di sini tetap terjangkau, dengan seporsi nasi uduk seharga Rp5 ribu dan lauk mulai dari Rp3 ribu. Disarankan untuk berkunjung sebelum jam 12 karena lauknya cepat habis!

  • Jam buka: 07.00-21.00 WIB
  • Alamat: Jalan Masjid 1, Empang, Bogor Selatan (Belakang Masjid Agung At-Thohiriyah).

Soto Pak Salam 

kuliner legendaris bogor Soto Pak Salam
Sumber foto: Liputan6

Bogor dikenal dengan makanan sotonya, dan salah satu tempat soto yang wajib dikunjungi jika kamu berkunjung ke sini adalah Soto Pak Salam. 

Berlokasi di area kuliner Bogor, yakni Sukasari, Soto Pak Salam telah dibuka sejak tahun 1986, menjadikannya sebuah legenda kuliner yang telah bertahan selama 38 tahun. 

Meski sudah lama berdiri, Soto Pak Salam tetap menjaga keotentikannya dengan hanya beroperasi di tenda pinggir jalan, yang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai kalangan. 

Sesuai dengan ciri khas soto Bogor, di sini kamu akan ditawarkan kuah kuning yang rasanya gurih dan sangat menggoda. 

Jika kamu ingin mencicipi kuliner legendaris Bogor ini, pastikan untuk berkunjung sebelum makan siang agar tidak kehabisan, karena sotonya cepat habis, lho!

  • Jam buka: 16.30-20.00 WIB.
  • Alamat: Jalan Siliwangi No.298 Sukasari Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Cungkring Pak Jumat

kuliner legendaris bogor Cungkring Pak Jumat
Sumber foto: Tribun Travel

Lebih legendaris daripada Soto Pak Salam, Cungkring Pak Jumat sudah ada sejak 1975 dan kini dikelola oleh generasi ke-4. 

Bagi kamu yang masih bingung, cungkring adalah makanan khas Bogor yang terbuat dari kikil atau kulit sapi, yang sering disajikan menggunakan tusukan. 

Seporsi cungkring di sini terdiri dari berbagai potongan jeroan, lontong, tempe keripik, dan dilumuri bumbu kacang yang lezat. Kamu juga bisa menambah sambal hijau jika ingin sensasi pedas. 

Tekstur jeroan yang kenyal, lontong yang empuk, serta sambal kacang yang kental, ditambah dengan keripik tempe yang renyah, semakin menambah selera makan pelanggan dengan harga seporsi Rp18 ribu.

Kuliner legendaris Bogor ini tak pernah sepi pelanggan, bahkan terkadang sudah habis sebelum jam tutup jika sangat ramai. Cungkring Pak Jumat berkonsep asongan, sehingga bisa dibungkus untuk disajikan di tempat lain.

  • Jam buka: 07.00-17.00 WIB.
  • Alamat: Jalan Suryakencana, di seberang Gang Aut, Kecamatan Bogor Tengah.

Baca juga: 10 Cafe di Sentul Bogor dengan View Bagus, Bisa Sekalian Healing!

Sate Sapi Pak O’o

kuliner legendaris bogor Sate Sapi Pak O'o
Sumber foto:Instagram.com/satesapipak_oo

Sate Sapi Pak O’o adalah kuliner legendaris Bogor yang telah beroperasi sejak 1950, awalnya berjualan dengan cara pikul. 

Pada tahun 1965, usaha ini berkembang dengan dibangunnya tenda kaki lima, dan saat ini menjadi sebuah warung makan yang terletak di kawasan Suryakencana. 

Sate Sapi Pak O’o dikenal dengan kelezatan sate sumsum yang menjadi menu andalan. Selain sate sumsum, tersedia juga sate daging, sate kulit, sate hati, dan sate ginjal sapi. 

Cita rasanya yang unik, lezat, dan lembut membuat sate di sini berbeda dari sate sapi pada umumnya. 

Keunikan rasa makanan legendaris Bogor ini tak lepas dari resep turun-temurun yang diwariskan dari generasi ke generasi, hingga kini dikelola oleh generasi ketiga, cucu dari Pak O’o. 

Harga sate di sini cukup beragam, dengan Rp4 ribu per tusuk, sedangkan menu andalan seperti sate sumsum dan ginjal dijual seharga Rp50 ribu per porsi.

  • Jam buka: 13.00-20.00 WIB.
  • Alamat: Jl. Suryakencana No.193, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Martabak Encek Gang Aut

kuliner legendaris bogor martabak encek
Sumber foto: RRI/Rojak

Kuliner legend Bogor yang tak boleh terlewatkan adalah martabak, yang dijual oleh Martabak Encek di Gang Aut. 

Berbeda dari penjual martabak pada umumnya, di sini kamu akan merasakan cita rasa martabak manis yang unik karena mereka memasaknya dengan bantuan arang, yang memberikan rasa khas. 

Tekstur luarnya yang garing dan dalamnya yang sangat lembut, membuat martabak ini tetap enak meski dimakan keesokan harinya. 

Sudah berjualan sejak 1975, Martabak Encek menjadi salah satu kuliner Bogor legendaris yang laris manis, bahkan dagangannya bisa habis dalam waktu sekitar 3 jam.

Rasa otentik ini tentu saja berkat tangan dingin pemiliknya yang kini berusia 80 tahun. Dengan harga Rp60 ribu per porsi, kuliner legendaris Bogor ini sangat worth it dengan ukuran dan cita rasanya yang nikmat!

  • Jam buka: 12.30-17.00 WIB.
  • Alamat:  Jl. Surya Kencana No. 289, Bogor di seberang Gang Aut, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Es Sekoteng Bogor Permai

kuliner legendaris bogor es sekoteng boper
Sumber foto: detikFood

Setelah menikmati makanan yang mengenyangkan, kini saatnya untuk mencoba kuliner legendaris Bogor yang menyegarkan dahaga. 

Es Sekoteng Bogor Permai bukanlah sekoteng biasa seperti sekoteng jahe. Rasanya yang segar dengan berbagai topping di dalamnya akan membuat kamu ingin kembali lagi dan lagi. 

Sekoteng ini diisi dengan berbagai buah seperti alpukat, kelapa kopyor, dan pacar cina. Kombinasi rasa yang sempurna membuat es ini memiliki kelezatan yang tak tertandingi. 

Beroperasi sejak tahun 1998, Es Sekoteng Bogor Permai menawarkan harga Rp15 ribu per porsi. 

Tempatnya cukup nyaman untuk konsep angkringan, dan seringkali ramai pada waktu makan siang karena tersedia berbagai makanan lain yang juga dijual di sana.

  • Jam buka: 10.00-17.00 WIB.
  • Alamat:  Jl. Sawojajar No.43, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Bir Kotjok

kuliner legendaris bogor bir kotjok
Sumber foto: Jurnal Pos Media

Meski namanya “Bir”, namun Bir Kotjok khas Kota Bogor ini tidak mengandung alkohol. Minuman ini terbuat dari olahan bahan-bahan alami seperti jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan gula aren. 

Bir Kotjok dapat dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin, dan sensasi hangat dari jahe di dalamnya menjadikannya minuman yang sangat cocok untuk dinikmati di Kota Hujan ini. 

Usaha legendaris ini telah ada sejak tahun 1965 dan awalnya dijual menggunakan gerobak di jalanan kota Bogor. Selain warga lokal, banyak turis juga yang menikmati minuman segar ini. 

Saat ini, Bir Kotjok diwariskan pada generasi keempat. Sayangnya, masih banyak generasi muda yang belum tahu mengenai kuliner legendaris Bogor ini. Jadi, jika kamu penasaran dengan rasanya,  silakan coba saja. Harganya hanya Rp5 ribu, lho!

  • Jam buka: 09.25-17.30 WIB.
  • Alamat: Jl. Suryakencana No.291-299, Kecamatan. Bogor Tengah, Kota Bogor.

Saung Pak Ewok

kuliner legendaris bogor saung pak ewok
Sumber foto: Instagram.com/sopbuahpakewok

Rasanya aneh jika warga Bogor tidak tahu kuliner legendaris yang satu ini. Es Buah Pak Ewok telah menjadi ikon kuliner yang sangat melegenda di sini. 

Saung Pak Ewok terkenal dengan sop buahnya yang sangat menyegarkan, unik, dan berbeda dari sop buah lainnya. 

Kamu dapat memilih berbagai menu sop buah, seperti sop buah susu, sop buah jeruk, sop buah durian, sop buah yoghurt, hingga sop buah es krim, dengan harga mulai Rp30 ribuan. 

Berdiri sejak tahun 2005, Saung Pak Ewok awalnya berjualan di sekitaran Taman Kencana, namun kini telah pindah ke lokasi yang lebih luas dan nyaman dekat Kampus IPB Baranangsiang, Bogor. 

Selain sop buah, mereka juga menyajikan makanan berat lainnya, seperti berbagai menu nasi, camilan, kopi, hingga jus, yang pastinya rasanya enak-enak semua!

  • Jam buka: 10.00-21.00 WIB.
  • Alamat: Jl. Prof. DR. H. Andi Hakim Nasoetion, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Mau tahu rekomendasi kuliner legendaris Bogor lainnya? Yuk, diskusi dengan teman-teman di Girls Beyond Circle!

Baca juga: 7 Makanan Khas Bandung Terbaru dan Viral yang Wajib Dicoba!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond