gagal menampilkan data

Article

Sering Dirasakan Tapi Tak Dikenal: Macam-macam Emosi yang Perlu Kamu Tahu!

Written by Rayya Adila Sakinah

Manusia dikenal sebagai makhluk dengan emosi yang kompleks. Umumnya, kita hanya mengenal macam-macam emosi dasar seperti marah, sedih, malu, benci, maupun takut. Namun, ternyata masih ada banyak emosi lain yang jarang diketahui oleh banyak orang. Ketidakmampuan untuk mengidentifikasi dan mengekspresikan emosi-emosi ini seringkali membuat kita hanya dapat memendamnya.

Dalam buku The Dictionary of Obscure Sorrows, John Koenig menjabarkan berbagai istilah yang tidak umum untuk menjelaskan berbagai emosi atau perasaan yang sering dirasakan oleh setiap individu, namun jarang diketahui. Berikut ini adalah macam-macam emosi yang jarang diketahui tetapi sebenarnya sering kita alami, seperti:

Anemoia

Macam-macam Emosi yang Perlu Kamu Tahu, Anemoia
Sumber Foto: Pexels

Anemoia merupakan salah satu dari macam-macam emosi yang jarang diketahui oleh banyak orang. Namun, setiap orang pernah merasakan nostalgia terhadap suatu masa yang sebenarnya belum pernah mereka alami, saat mendengarkan lagu atau menonton sebuah film. Anemoia adalah istilah yang menjelaskan perasaan tersebut, di mana seseorang merasakan kerinduan atau nostalgia terhadap sesuatu yang belum pernah dialaminya. 

Misalnya, saat kamu menonton sebuah film berlatar tahun 90-an, tiba-tiba kamu merasa rindu dengan suasana dari era tersebut, meskipun kamu belum pernah mengalaminya.

Mauerbauer-traurigkeit

Macam-macam Emosi yang Perlu Kamu Tahu, Mauerbauer-traurigkeit
Sumber Foto: Pexels

Mauerbauer-traurigkeit adalah salah satu macam-macam emosi negatif yang muncul ketika kamu tiba-tiba merasa ingin menjauh dari orang lain dan membatasi diri dari dunia luar. Emosi ini sering kali timbul sebagai dampak dari rasa tidak percaya diri dan ketakutan akan penolakan serta tidak diterima oleh orang lain. Perasaan ini bisa membuatmu merasa terasing dan cemas, sehingga terdorong untuk menjauh dari lingkungan sosial.

Contohnya, kamu baru saja merasa terpuruk karena tidak diterima di PTN, sehingga kamu merasa tidak percaya diri dan cemas terhadap omongan orang lain. Hal tersebut membuatmu ingin mengurung diri dan menjauh dari orang lain. Apabila emosi ini sudah mengganggu kehidupan sehari-hari, segeralah mencari bantuan profesional untuk mendapatkan dukungan yang tepat.

Hanker Sore

Macam-macam Emosi yang Perlu Kamu Tahu, Hanker Sore
Sumber Foto: Pexels

Hanker sore adalah istilah dari perasaan untuk iri saat melihat orang lain memiliki sesuatu yang menarik. Emosi ini memang mirip dengan perasaan dengki atau cemburu. Bedanya, orang yang mengalami hanker sore biasanya tidak akan pernah mengakui rasa iri tersebut. 

Misalnya, kamu merasa iri melihat temanmu membeli mobil baru yang keren, tetapi enggan mengungkapkan perasaanmu tersebut. Hanker sore merupakan emosi yang bisa muncul dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penting untuk dikenali dan segera diatasi agar tidak mempengaruhi hubungan sosial dan ketenangan jiwa. Untuk mengendalikannya, kamu bisa mencoba beberapa cara, seperti fokus pada pencapaian pribadi dan memperbanyak bersyukur.

Kenopsia

Macam-macam Emosi yang Perlu Kamu Tahu, Kenopsia
Sumber Foto: Pexels

Macam-macam emosi yang perlu kamu tahu selain anemoia dan mauerbauer-traurigkeit adalah kenopsia. Emosi ini menggambarkan seseorang yang tiba-tiba merasa kesepian saat berada di tengah keramaian. Pernahkah kamu mendengar lagu Dewa 19 yang berjudul “Kosong”? Lagu tersebut menggambarkan perasaan kenopsia, seperti liriknya yang berbunyi, “Di dalam keramaian aku masih merasa sepi, sendiri memikirkan kamu.” 

Oleh karena itu, kenopsia merupakan emosi yang mencerminkan rasa keterasingan meski dikelilingi banyak orang. Perasaan ini bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan kesepian kronis, sehingga memerlukan bantuan profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Opia

Macam-macam Emosi yang Perlu Kamu Tahu, Opia
Sumber Foto: Pexels

Opia adalah salah satu dari macam-macam emosi yang jarang dikenali oleh banyak orang. Perasaan ini muncul ketika menatap mata seseorang, seolah-olah kamu bisa merasakan perasaannya. Opia berasal dari bahasa Yunani, plural dari kata opium yang dapat diartikan sebagai of the eyes. Inti dari istilah opia ini adalah seseorang bisa merasakan emosi orang lain hanya melalui kontak mata. 

Memahami berbagai emosi memudahkan kita dalam menghadapi situasi sulit, menjaga keseimbangan emosional, dan memperbaiki hubungan. Selain itu, kamu bisa mengendalikan berbagai emosi yang asing ini dengan menulis jurnal tentang perasaan yang sedang kamu rasakan. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, konsultasikan lebih lanjut ke psikolog. Oleh karena itu, kita perlu mengenal macam-macam emosi dan cara mengendalikannya agar dapat segera merilis perasaan. 

Baca juga: 5 Tips Move On, Langkah Awal Atasi Emosi Tidak Stabil dari Patah Hati

Yuk, gabung ke komunitas Girls Beyond Circle untuk mendapatkan informasi terkini seputar kesehatan mental! Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya bergabung dan level up!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond