gagal menampilkan data

Article

Lagu K-Pop Bertema Feminisme yang Super Empowering

Written by Angela Ranitta

Musik merupakan salah satu medium yang efektif untuk menyampaikan sebuah pesan. Bahkan nggak sedikit musisi yang sejak awal memiliki visi untuk menyampaikan pesan penting melalui karya-karyanya. Misalnya, trio Little Mix asal Britania Raya. Little Mix sering banget menyanyikan lagu-lagu bertema women empowerment dan self-love. Sebut saja “Woman Like Me”, “Salute”, dan “Power”.

Nah, ternyata idol K-Pop juga sering melakukan hal serupa, loh. Di balik musik yang catchy dan gerakan dance yang energik, banyak lagu-lagu K-Pop yang mengangkat isu feminisme dalam liriknya. Apa saja, ya kira-kira? 

Baca juga: Halu Pacaran sama Idola Wajar Nggak, Sih? Serba-serbi Hubungan Parasosial ala Penggemar K-Pop

(G)I-DLE – Nxde

“Cewek cantik, tuh biasanya bodoh!” Sering nggak, sih kamu mendengar ucapan seperti itu? Ya, masih banyak orang yang menganggap bahwa perempuan harus memilih antara kecantikan atau kecerdasan, alias nggak bisa memiliki keduanya. 

Contohnya, artis Hollywood Marilyn Monroe. Ia adalah seorang perempuan cerdas yang memiliki ketertarikan terhadap filsafat dan sastra. Monroe juga sangat concern terhadap isu-isu kesetaraan gender, rasisme, dan hak masyarakat sipil. Namun, hingga kini Monroe dikenal nggak lebih dari sekadar ikon seks Hollywood pada tahun 1950an. Dunia hiburan yang membesarkan namanya mengobjektifikasi Marilyn Monroe sebagai perempuan yang sensual, materialistis, dan bodoh. 

Stereotip “cantik tapi bodoh” inilah yang dikritik oleh girl group (G)I-DLE melalui lagu terbarunya, “Nxde”. Mereka juga memprotes objektifikasi seksual terhadap perempuan di dunia hiburan.

Baca juga: Rekomendasi Film tentang Kemerdekaan Perempuan yang Wajib Kamu Tonton

Itzy – Dalla Dalla

Ngomongin lagu K-Pop bertema women empowerment, tentunya kita nggak bisa melewatkan Itzy. Girl group yang bernaung di bawah JYP Entertainment ini cukup sering menyanyikan lagu bertema feminisme. 

Melalui lagu debut yang berjudul “Dalla Dalla”, Itzy menantang standar kecantikan yang ditetapkan oleh masyarakat terhadap perempuan. Menurut Itzy, perempuan cantik dengan cara dan pesona kita masing-masing. Jadi, jangan takut untuk tampil beda dan melawan beauty standard.

Baca juga: Menghapus Stereotip Perempuan Sempurna

Red Velvet – Mosquito

“Cewek, tuh emang suka playing hard to get. Mereka cuma ingin tahu seberapa keras usaha cowok untuk mendapatkan hatinya.” Ungkapan ini masih sering kita dengar hingga saat ini. Akibatnya, banyak yang nggak menghargai boundaries orang lain, karena menganggap mereka cuma “jual mahal”. 

Hal ini diungkapkan oleh girl group Red Velvet melalui lagunya yang berjudul “Mosquito”. Lagu ini menceritakan tentang kekesalan seorang perempuan yang disukai oleh laki-laki yang selalu melanggar boundaries-nya. Ibarat nyamuk, cowok itu bahkan sering mengganggu si cewek di malam hari. 

Melalui “Mosquito”, Red Velvet hendak menyampaikan bahwa kamu nggak boleh diam saja ketika batasan-batasan personalmu dilanggar oleh orang lain. Kamu harus berani bersikap tegas kepada mereka, ya, girls!

Baca juga: Rekomendasi Film dari Seulgi “Red Velvet”

Miss A – I Don’t Need A Man

Meski sudah bubar, tetapi sampai saat ini Miss A masih dikenal sebagai salah satu girl group generasi kedua yang fenomenal. Salah satu lagunya yang paling populer berjudul “I Don’t Need A Man”.

Sesuai judulnya, “I Don’t Need A Man” menceritakan tentang perempuan yang mandiri dan percaya diri. Mereka nggak butuh bergantung pada seorang laki-laki, terutama dari segi ekonomi. Menurut Miss A, lebih baik punya sedikit uang yang dihasilkan dari jerih payah sendiri, daripada menggantungkan diri pada pacar. 

Baca juga: Terlalu Bergantung pada Laki-laki, Bisa Jadi Kamu Punya Cinderella Complex

BoA – Woman

Ngomongin K-Pop tentunya kita pantang melewatkan solois BoA, idol senior yang sudah dua dekade berkecimpung di dunia hiburan. Perempuan bernama asli Kwon Bo-ah tersebut dikenal dengan lagu-lagunya yang energik.

Pada tahun 2018, BoA comeback dengan album kesembilan yang bertajuk “Woman”. Bersamaan dengan itu, ia membawakan title track berjudul sama. Lagu “Woman” hendak menyampaikan bahwa perempuan sejati adalah perempuan yang menjadi dirinya sendiri. Melalui lagu ini, BoA mengajak para perempuan untuk lebih percaya diri. 

Baca juga: Kenalan dengan Imposter Syndrome, Musuh Perempuan dalam Meraih Kesuksesan

Nah, itu tadi 5 lagu K-Pop bertema feminisme yang menarik untuk didengarkan. Semoga semakin banyak musisi yang memanfaatkan platformnya untuk membuat karya-karya dengan pesan mendalam seperti ini, ya. 

Kamu pengen sharing seputar women empowerment? Yuk, gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Baca juga: A Reflection About Women Empowerment from the Korean Entertainment Industry

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond