gagal menampilkan data

Article

Say No More to Gamon, Inilah Lagu yang Bisa Bikin Kamu Move On dari Mantan!

Written by Angela Ranitta

“Pokoknya, di tahun 2023 ini aku harus move on dari mantan!” Hayo, siapa yang punya resolusi tersebut di tahun 2023? Putus cinta memang bikin galau, tapi kalau nggak segera move on hati bisa semakin kacau. Sayangnya, move on nggak segampang hafalin lirik lagu “All Too Well” versi sepuluh menitnya Taylor Swift. 

Ngomongin soal lagu, ada banyak banget lagu yang bercerita tentang move on dari mantan kekasih. Bahkan beberapa di antaranya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi sang musisi atau penyanyi. Nah, buat kamu yang sedang dalam proses move on dari mantan, bisa banget, nih dengerin lagu-lagu ini. Penasaran apa aja? Yuk, cek daftarnya di sini!

Baca juga: Hidup Jadi Lebih Bahagia dengan Ikigai, Filosofi ala Orang Jepang untuk Kehidupan yang Berkualitas

Shakira ft Bizarrap – BZRP Music Sessions #53

Baru-baru ini, Shakira kembali bicara soal perceraiannya dengan Gerard Piqué. Pada tanggal 11 Januari 2023 lalu, ia berkolaborasi dengan DJ Argentina, Bizarrap dan merilis “BZRP Music Sessions #53”. Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Bizarrap tersebut, sang ratu musik Latin menyanyikan lagu barunya yang berisi sindiran kepada Piqué.

Shakira dan Piqué menikah pada tahun 2011 dan dikaruniai dua orang anak. Pada tahun 2022 lalu, keduanya resmi bercerai akibat perselingkuhan yang dilakukan oleh Piqué. Shakira sempat merilis dua lagu mengenai perceraiannya, “Te Felicito” dan “Monotonía” sebelum tampil dalam “BZRP Music Sessions #53”. 

Dalam lagu tersebut, Shakira secara blak-blakan menyindir sang mantan suami beserta selingkuhannya. Ia juga menegaskan bahwa perempuan berdaya sepertinya tak pantas bersanding dengan laki-laki seperti Piqué. Dalam penggalan liriknya, Shakira menyatakan (dalam Bahasa Spanyol),”Kamu pikir kamu bisa menyakitiku, tetapi kamu telah menjadikanku lebih tangguh dari sebelumnya.” 

Baca juga: Selingkuh untuk Pisah dengan Pasangan, Ini Tandanya Seseorang Melakukan Exit Affair

Miley Cyrus – Flowers

Selain Shakira, musisi yang belakangan angkat bicara soal perceraiannya adalah Miley Cyrus. Pada tahun 2020 lalu, Miley resmi bercerai dengan sang suami, Liam Hemsworth setelah menikah selama kurang-lebih dua tahun. Penyanyi asal Amerika Serikat tersebut merilis lagu berjudul “Flowers” pada tanggal 12 Januari 2023, tepat satu hari sebelum ulang tahun Liam yang ke-33. 

Flowers” menceritakan tentang lika-liku hubungan Miley dan Liam hingga akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah. Lagu ini merupakan referensi terhadap lagu “When I Was Your Man” yang dinyanyikan oleh Bruno Mars. Konon, Liam pernah mendedikasikan lagu tersebut untuk sang mantan istri. 

Dalam lirik lagu “Flowers”, Miley seolah mengingatkan dirinya sendiri bahwa ia akan baik-baik saja tanpa Liam. Ia nggak butuh sang mantan suami untuk membelikannya bunga atau mengajaknya berdansa. Miley juga menyatakan bahwa ia bisa mencintai dirinya sendiri lebih daripada Liam. 

Baca juga: Rekomendasi Novel yang Angkat Tema Feminisme

CL – Lover Like Me

Solois asal Korea Selatan, CL juga pernah merilis lagu tentang move on dari mantan kekasih. “Lover Like Me” merupakan pre-single kedua dari album “Alpha” yang dirilis pada tahun 2021. Meski mengangkat tema putus cinta, tetapi “Lover Like Me” sangat jauh dari kesan mendayu-dayu. 

Lover Like Me” menceritakan tentang mantan kekasih yang berusaha mendapatkan kembali hati kita. Di dalam liriknya, CL mencibir bahwa sang mantan nggak hanya merindukan cintanya, tetapi juga kekayaannya. CL menegaskan bahwa mantan kekasihnya hanya punya satu kesempatan dan ia telah menyia-nyiakannya.

Melalui lagu “Lover Like Me”, CL menyatakan bahwa sang mantan tak akan menemukan orang lain seperti dirinya. Lagu ini mengingatkan dirimu bahwa kamu adalah perempuan yang berharga. Karenanya, kamu pun berhak mendapatkan pasangan yang jauh lebih baik dan bisa menghargaimu.

Baca juga: Lagu K-Pop Bertema Feminisme yang Super Empowering

Ariana Grande – Thank U, Next 

Pada tahun 2018, Ariana Grande merilis lagu berjudul “Thank U, Next”. Lagu tersebut dirilis sesaat setelah ia berpisah dengan mantan tunangannya, Pete Davidson. Dalam lagu itu pula, Ariana menyebutkan sejumlah mantan kekasihnya yang lain, seperti Big Sean, Ricky Alvarez, dan Mac Miller. 

Melalui “Thank U, Next”, Ariana mengungkapkan bagaimana dirinya belajar dari pengalaman bersama para mantan kekasihnya. Meskipun terasa pahit dan menyakitkan, tetapi mereka juga mengajarkannya tentang cinta dan kesabaran. Ariana menyatakan bahwa dirinya merasa bersyukur atas kehadiran para mantannya tersebut di dalam hidupnya.

Ariana juga menceritakan tentang kondisi mentalnya setelah putus dengan para mantan kekasihnya tersebut. Ia jadi lebih sering menghabiskan waktu dengan teman-teman terdekatnya. Selain itu, Ariana mulai menemukan self-love yang menjadikan dirinya sosok yang lebih kuat.

Baca juga: Sulit Lepas dari Toxic Relationship, Bisa Jadi Kamu Terjebak Trauma Bonding

Jennie Kim – Solo

Pada tahun 2018, Jennie Kim menjadi anggota “BLACKPINK” pertama yang berkesempatan untuk debut solo. Ia merilis lagu yang berjudul “Solo”. Sesuai judulnya, lagu ini menceritakan seorang perempuan yang merasa hidupnya jauh lebih baik setelah putus dengan sang mantan kekasih.

Di bagian bridge, Jennie mengatakan bahwa pada awalnya putus cinta memang terasa menyedihkan. Ia menjalani hari-hari yang penuh air mata, penyesalan, dan kerinduan pada si mantan pacar. Namun, ia lantas menyadari bahwa ia harus menjadi dirinya sendiri. 

Melalui lirik “I’m a shining solo”, Jennie menegaskan bahwa dirinya jauh lebih baik menjalani hidup sebagai perempuan lajang. Ia merasa lebih baik fokus pada dirinya sendiri, daripada membuang waktu untuk menjalani hubungan yang toxic

Baca juga: Mengenal Battered Woman Syndrome yang Bikin Korban KDRT “Bucin” sama Pelaku

Dua Lipa – IDGAF

Dua Lipa juga pernah merilis lagu yang mengangkat tema mantan kekasih, “IDGAF”. Ia mengaku bahwa sebagian lirik lagu tersebut berdasarkan pengalaman pribadinya. “IDGAF” bercerita tentang mantan kekasih yang tiba-tiba kembali saat Dua Lipa mulai sukses sebagai penyanyi. 

Dalam lagu “IDGAF”, Dua menyindir sang mantan yang tiba-tiba menghubunginya lagi dan bersikap baik padanya. Namun, Dua bukanlah anak kemarin sore yang mudah dikelabui. Ia tahu bahwa mantan pacarnya hanya ingin numpang pamor dengannya.

Karena itu, Dua Lipa pun secara tegas mengabaikan dan memutus hubungan dengan si mantan pacar. Dua menyatakan bahwa dirinya sama sekali tak peduli dengan sang mantan, meskipun ia memohon agar diberi kesempatan kedua. Lagu “IDGAF” cocok banget buat kamu yang mengalami dilema gara-gara mantan pacarmu berusaha mengajakmu balikan lagi. 

Baca juga: Romantis atau Manipulatif? Yuk, Kenalan dengan Love Bombing!

NIKI – See U Never

Penyanyi asal Indonesia, NIKI memang sering banget menulis lagu tentang putus cinta dan hubungan yang toxic. Namun, nggak semua lagunya NIKI bikin galau dan gagal move on dari mantan, kok. Perempuan bernama asli Nicole Zefanya ini juga pernah menulis lagu putus yang super empowering berjudul “See U Never”. 

See U Never” mengisahkan tentang kandasnya sebuah hubungan setelah si cowok berselingkuh dengan cewek lain. Meski begitu, NIKI tak ingin repot-repot membuang waktu untuk sang mantan. Ia bahkan berulang kali menyindir si mantan kekasih dan menyebutnya seorang pengecut.

Sesuai judulnya, NIKI menegaskan dalam lagu “See U Never” bahwa tak ada lagi tempat bagi mantan pacarnya di kehidupannya. Ia merasa hidupnya kini jauh lebih baik tanpa sang mantan kekasih. NIKI juga nggak peduli meskipun mantan pacarnya memohon agar diberi kesempatan kedua olehnya.

Baca juga: Berkaca dari Lagunya NIKI, Jangan Sampai Kamu Masuk Jebakan Backburner!

Little Mix – Shout Out to My Ex

Girl group asal UK, “Little Mix dikenal dengan lagu-lagunya yang empowering, tak terkecuali “Shout Out to My Ex”. Lagu tersebut merupakan ucapan selamat tinggal bagi para mantan kekasih keempat personel “Little Mix” saat itu. Bahkan keempatnya terlibat dalam penulisan lirik lagu “Shout Out to My Ex”.

Pada bagian chorus, “Little Mix” mengatakan bahwa meski sang mantan telah melukai hati mereka, tetapi hal ini menjadikan mereka perempuan yang jauh lebih kuat. Mereka juga dengan tegas menyatakan diri sebagai perempuan yang berdaya, dan sang mantan tak akan bisa menghancurkan mereka lagi. 

Shout Out to My Ex” adalah bentuk penegasan “Little Mix” bahwa mereka telah sepenuhnya move on dari para mantan kekasih. Mereka telah meninggalkan semua kenangan tersebut dan siap membuka lembaran hidup yang baru. Mulai saat ini, mereka akan menjalani hidup dengan jauh lebih baik. 

Baca juga: “I Can Fix Him”: Sindrom Pahlawan ala “F4 Thailand” yang Bikin Kamu Terjebak Toxic Relationship

Lizzo – Good as Hell

Penyanyi Lizzo sering banget menulis lagu mengenai women empowerment dan self-love. Salah satu lagu yang pernah ia rilis berjudul “Good as Hell”. Lagu tersebut menceritakan tentang seseorang yang merasa tak berharga setelah putus cinta. 

Dalam lagu “Good as Hell”, Lizzo mengajak kita untuk berani bertindak tegas terhadap kekasih yang tak lagi memperlakukan kita dengan baik. Meskipun tak mudah, tetapi kita harus melakukannya agar tak merasa sakit hati terus-menerus. 

Good as Hell” juga mengajak kita untuk fokus mencintai diri sendiri setelah berpisah dengan sang mantan. Lizzo mengingatkan kita agar perlakuan buruk orang lain tak lantas memengaruhi harga diri kita. Lagu ini cocok banget buat kamu yang sedang dalam proses menata hidup kembali setelah putus cinta.

Baca juga: Lagu-lagu tentang Self Love yang Bisa Membangun Kepercayaan Dirimu Lagi

Taylor Swift – We Are Never Ever Getting Back Together

Ngomongin soal lagu buat mantan nggak afdol rasanya kalau melewatkan Taylor Swift. Ya, kamu pasti sudah tahu, dong kalau Taylor sering banget menulis lagu mengenai para mantan kekasihnya. Salah satunya adalah lagu yang berjudul “We Are Never Ever Getting Back Together”. Meski Taylor tak pernah mengonfirmasi, tetapi banyak orang berspekulasi bahwa lagu tersebut mengisahkan tentang hubungannya dengan sang mantan, aktor Jake Gyllenhaal. 

We Are Never Ever Getting Back Together” mengisahkan tentang sepasang kekasih yang berulang kali putus-nyambung. Setiap kali hubungan keduanya berakhir, si cowok akan kembali lagi dan berjanji bakal berubah. Namun, ia terus mengulangi kesalahan yang sama setelah balikan.

Di bagian bridge, Taylor mengungkapkan bahwa ia mulai merasa lelah dengan hubungannya yang terasa semakin toxic. Ia pun dengan tegas menyatakan tak ingin balikan lagi dengan sang mantan. Taylor juga mengatakan meski mereka masih saling berinteraksi setelah putus, ia tak akan terlena dan balikan lagi dengannya.

Baca juga: Patah Hati karena Idola? Kenalan dengan Parasocial Breakup dan Cara Menghadapinya

Itulah beberapa rekomendasi lagu tentang move on dari mantan pacar yang bisa kamu dengarkan. Melalui liriknya yang super empowering, lagu-lagu di atas bisa membantu kamu untuk move on dan menyadari betapa berharganya dirimu. You deserve to be happy, girls! 

Pengen sharing seputar relationship dan dapetin tips-tips bermanfaat tentang personal growth? Yuk, gabung ke Girls Beyond Circle, tempatnya cewek-cewek keren yang pengen level up bareng. Klik di sini dan jadi versi diri kamu yang lebih baik bersama Girls Beyond Circle!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond