gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

5 Manfaat Journaling, Bisa Redakan Kecemasan?

Written by Adila Putri Anisya

Percaya nggak kalau stres bisa diredakan hanya dengan tulis menulis? Ya! Kegiatan seperti journaling bisa bantu kamu dalam mengelola emosi hingga meningkatkan kepahaman diri, loh! Ada berbagai manfaat journaling yang mungkin belum banyak diketahui. Padahal, ini sangat baik untuk kesehatan mental.

Journaling adalah kegiatan mencatat pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam bentuk tulisan. Secara sederhana, ini seperti diary, namun lebih fokus mendorong pertumbuhan pribadi. Yuk, kenali lebih jauh tentang apa itu journaling!

Baca juga: 5 Aplikasi Digital Journaling yang Bisa Bikin Kamu Kembali Produktif

MENGENAL JOURNALING

Sebelum mengetahui manfaat journaling, yuk ketahui definisinya! Dilansir dari BetterUp, journaling adalah catatan tertulis tentang isi pikiran dan perasaan saat kamu menavigasi kehidupan sehari-hari. Dalam melakukan aktivitas ini, tidak ada ketentuan benar ataupun salah. Sesuaikan dengan cerita yang ingin kamu tuliskan. Kamu boleh menulis cerita di masa lalu, masa kini, masa depan yang sedang sedih maupun senang.

Melakukan kebiasaan tulis menulis membantu kamu untuk meredakan emosi, terutama saat merasa cemas atau sedih. Dengan menulis perasaan kamu dalam sebuah buku, kamu bisa lebih mengenali diri kamu sendiri. Itulah mengapa membuat jurnal adalah salah satu pengembangan diri terbaik.

Baca juga: Mindfulness Jadi Kunci Penting Agar Kerjaan Maksimal, Ini Cara Melatihnya

MANFAAT JOURNALING UNTUK KESEHATAN MENTAL

Kegiatan membuat jurnal memang viral akhir-akhir ini, selain membantu pengembangan diri, ada banyak manfaat journaling lainnya yang bisa kamu temukan dengan journaling, antara lain:

MEREDAKAN STRES

Stres merupakan fase kehidupan yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Sebagian orang mungkin sulit mengelolanya, hingga membuat mereka cemas. Jika kamu sedang stres, cobalah untuk mulai journaling. 

Kamu bisa menuangkan hal-hal yang membuat kamu cemas. Kalau biasanya kamu bercerita dengan teman atau keluarga, kali ini kamu bisa menceritakannya pada buku jurnalmu. Aktivitas ini akan membuat kamu lebih rileks!

LEBIH MENGENAL DIRI SENDIRI

Beberapa diantara kita mungkin belum mengenal diri kita sesungguhnya, terutama dalam nilai-nilai, tujuan dan minat. Padahal, mengenal diri sendiri dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan kepribadian dan keinginan.

Dengan journaling, kamu bisa mengenal dirimu sendiri. Ini memang tidak langsung, namun seiring berjalannya waktu kamu akan menemukan nilai-nilai, tujuan, dan minatmu dalam sebuah ekspresi tulisan.

MELATIH KREATIVITAS

Manfaat journaling bisa memberi kamu ruang untuk mengekspresikan pemikiran, ide, dan konsep dengan bebas. Kamu dapat menulis tanpa batasan atau aturan. Ini dapat memicu pemikiran kreatif yang lebih luas.

Selain tulisan, kamu juga dapat membuat gambar, sketsa, atau bentuk visual lainnya. Ini dapat membantu menggambarkan ide-ide secara visual dan merangsang aspek kreatif otak.

MEMBANTU BERDAMAI DENGAN KEADAAN

Jika kamu sedang berada di fase yang berat dalam kehidupan, journaling bisa menjadi solusinya. Meski nggak membantumu secara langsung, namun setidaknya menuangkan isi pikiran ke dalam bentuk tulisan dapat membuatmu lebih rileks dan berdamai dengan keadaan.

Saat menulis jurnal, cobalah tuliskan kalimat-kalimat positif sebagai bentuk afirmasi positif. Perasaan yang damai dan ikhlas membuat keadaanmu jauh lebih mudah untuk dijalani.

MEMPERBAIKI PERILAKU

Setiap orang pasti memiliki perilaku buruknya masing-masing. Jika kamu ingin berubah, cobalah untuk memulai journaling. Manfaat journaling dapat membantu kamu mengevaluasi diri dari perilaku buruk.

Journaling memungkinkan kamu merenung tentang perilakumu lebih mendalam. Kamu dapat mengeksplorasi penyebab, pemicu, dan konsekuensi perilaku tertentu. Ini membantu kamu memahami lebih baik mengapa kamu melakukan hal tersebut.

Baca juga: 10 Cara Melatih Growth Mindset untuk Kehidupan yang Lebih Baik

BAGAIMANA CARA MEMULAI JOURNALING?

Setelah mengetahui manfaat journaling, pasti kamu bingung kan bagaimana sih cara memulainya? Simak langkah-langkah berikut ini!

  • Pilih media jurnal favoritmu, tak hanya buku, kamu bisa menggunakan aplikasi di smartphone, tab atau laptop
  • Memilih topik yang diinginkan (daily logs, bullet journal, art journal, spiritual journal atau travel journal).
  • Atur jadwal journaling agar konsisten, misalnya setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu di pagi atau malam hari.
  • Tulis dengan gaya tulisanmu sendiri, kamu bebas memilih kata, contoh: aku, gue, saya, diriku, dll
  • Mulai dengan tulisan sederhana, seperti menceritakan momen-momen bahagia dalam hidupmu
  • Tulis sesuai dengan perasaan yang sedang kamu rasakan, jangan membohongi diri sendiri saat menulis

Baca juga: Hidup Jadi Lebih Bahagia dengan Ikigai, Filosofi ala Orang Jepang untuk Kehidupan yang Berkualitas

BERBAGAI CONTOH JOURNALING YANG MENGINSIPIRASI

Di bawah ini adalah beberapa contoh journaling yang bisa kamu jadikan inspirasi.

MEMBUAT DAFTAR KEGIATAN

manfaat journaling
Sumber foto: YouTube/Veniee Corner

MENULIS CERITA HARIAN

manfaat journaling
Sumber foto: Pinterest/renandapujiyant

MENCERITAKAN KEGIATAN MENYENANGKAN

manfaat journaling
Sumber foto: Pinterest/fairyofnel

MENULIS TENTANG KECEMASAN

manfaat journaling
Sumber foto: Pinterest/eviemwalters

MENULIS TENTANG PERSONAL DIRI

manfaat journaling
Sumber foto: Pinterest/nessapinheirocs

Itu dia beberapa manfaat journaling hingga contohnya. Menulis jurnal dapat memberikan kamu waktu untuk merenung dan meresapi pengalaman hidup. Ini memungkinkan kamu untuk menjauh sejenak dari kebisingan dunia luar dan menciptakan ruang untuk introspeksi.

Yuk, mulai journaling!

Lakukan kegiatan positif lainnya dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle. Klik di sini untuk bergabung!

Baca juga: 3 Kesalahan Pengembangan Diri yang Belum Kamu Tahu

Sumber foto: Pexels