gagal menampilkan data

Article

7 Rekomendasi Tontonan Ngabuburit yang Aman untuk Ditonton di Bulan Puasa

Bulan Ramadan memang menjadi momen yang banyak dinantikan. Di bulan yang penuh sukacita ini, momen ngabuburti lah yang cukup banyak ditunggu-tunggu dan tak boleh terlewatkan. 

Ada aneka ragam kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu berbuka. Menonton film bisa dijadikan kegiatan menarik untuk mengisi waktu tersebut. Kamu bisa menontonnya bersama keluarga ataupun teman-teman.  

Agar momen puasa kamu tetap seru, berikut rekomendasi tontonan ngabuburit yang cocok untuk mengisi waktu luang di rumah!

Baca juga: 5 Film Indonesia yang Bahas Kesehatan Mental 

1. MUDIK

tontonan ngabuburit mudik
Sumber foto: IMDb

Film Mudik merupakan film Indonesia bergenre drama yang tayang pada tahun 2020 lalu. Mengisahkan tentang Aida (Putri Aydya) yang merencanakan perjalanan ke kampung halaman bersama suaminya, Firman (Ibnu Jamil). 

Kala itu, kehidupan rumah tangga mereka berdua tidak sedang harmonis. Oleh karena itu, pasangan tersebut memilih untuk mudik sembari menemukan solusi atas masalah mereka. Siapa sangka perjalanan tersebut menjadi momen yang tak terlupakan bagi mereka berdua. Bahkan, membuat hidup Aida berubah 180 derajat. 

Dalam film Mudik, kamu akan diajak untuk merenungi makna-makna dalam kehidupan sehingga cocok dijadikan film untuk mengisi waktu berbuka puasa. 

Platform: Netflix  

2. MY NAME IS KHAN

tontonan ngabuburit my name is khan
Sumber foto: IMDb

Bingung cari tontonan ngabuburit yang aman di bulan Ramadan? My Name is Khan bisa kamu jadikan pilihan film yang menarik. Dibintangi Shah Rukh Khan. My Name is Khan banyak mendapatkan sambutan positif saat penayangan perdananya pada tahun 2010. 

Perasaan cinta bisa banyak didefinisikan oleh setiap orang. Hal tersebut bisa kamu nikmati dalam film satu ini. Lewat film berdurasi 158 menit ini, kamu akan melihat bagaimana Rizwan, seorang penderita sindrom Asperger mengungkapkan perasaan cinta pada keluarganya lewat perjuangan yang ia lakukan. 

Selain akting para pemain, fenomena yang diangkat film ini juga cukup menarik. Film ini mengangkat stigma negatif yang dialami umat muslim di Amerika Serikat ketika serangan teroris pada 11 September 2001 di New York. 

Platform: Prime Video

3. SANG KIAI

tontonan ngabuburit sang kiai
Sumber foto: IMDb

Jika kamu sedang mencari tontonan berlatar sejarah, film Sang Kiai bisa masuk watchlist tontonan di bulan puasa. Rilis tahun 2013, film ini mengambil kisah Kyai Haji Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama dan pejuang kemerdekaan. 

Sang Kiai mengambil latar waktu ketika bangsa Indonesia masih berada di genggaman para penjajah. Kala itu, ada banyak pejuang dari seluruh Nusantara yang melakukan perlawanan. Salah satunya Kyai Haji Hasyim Asy’ari. 

Dibintangi Adipati Dolken dan banyak aktor ternama lainnya, kamu akan diajak berwisata masa lalu di zaman penjajahan. Lewat film ini, kamu juga bisa merasakan perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan Indonesia. 

Platform: Netflix 

Baca juga: Rekomendasi Film Indonesia yang Bicara Soal Hubungan Orang Tua dan Anak

4. MENCARI HILAL 

film mencari hilal
Sumber foto: IMDb

Film Mencari Hilal bisa dijadikan salah satu rekomendasi tontonan ngabuburit bertema religi yang menarik untuk ditonton bersama keluarga. Ismail Basbeth sebagai sutradara film ini mengangkat tentang tradisi menari hilal sebagai penentu mulainya bulan puasa. 

Film ini sangat kental dengan nuansa kekeluargaan terutama hubungan antara ayah dan anak. Tak hanya itu, film ini juga banyak mengandung pesan moral tentang kehidupan.   

Platform: Vidio, Netflix, dan Prime Video 

5. LAYLA M

film ngabuburit
Sumber foto: IMDb

Mencari film bertema islami lainnya? Kamu bisa memasukan film Layla M untuk mengisi waktu berbuka puasa. Bercerita tentang Layla, seorang remaja perempuan muslim yang hidup di Belanda. 

Tidak seperti anggota keluarga lainnya, Layla mempunyai pandangan yang berbeda akan kebijakan untuk umat Islam di sana, seperti penggunaan cadar dan lain sebagainya. Layla pun bertekad untuk memperjuangkan haknya di Belanda dengan bergabung ke dalam kelompok muslim di sana. Berawal situ, Layla makin dibuat bingung dengan keputusannya dan mengalami berbagai hal yang mengubah hidupnya dan hubungan keluarganya.

Dengan menonton film ini, kamu akan menjumpai sudut pandang baru mengenai kehidupan umat muslim yang tinggal di negara yang minoritas beragama Islam. Selain itu, kamu akan menemukan berbagai pesan moral yang terselip pada setiap adegannya. 

Platform: Netflix

6. SURGA YANG TAK DIRINDUKAN

surga yang tak dirindukan
Sumber foto: IMDb

Siapa yang tidak kenal dengan mahakarya satu ini, film Surga yang Tak Dirindukan merupakan salah satu film terlaris di Indonesia. Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Asma Nadia dengan judul yang sama.

Film ini berfokus pada konflik keluarga mengenai hubungan poligami yang dilakukan oleh Pras (Fedi Nuril). Meskipun demikian, film ini mengajarkan arti pengorbanan dan cinta keluarga yang terasa pada setiap adegan filmnya. 

Memiliki tiga urutan film, Surga yang Tak Dirindukan dapat dijadikan tontonan ngabuburit seru bersama dengan keluarga.

Platform: Prime Video, Apple TV

7. KELUARGA CEMARA

tontonan ngabuburit aman
Sumber foto: IMDb

Mengisi waktu ngabuburit nonton film bareng keluarga ternyata menarik juga, loh. Kamu bisa memilih film Keluarga Cemara sebagai pilihan tontonan. Sesuai dengan judul filmnya, Keluarga Cemara bercerita tentang keluarga Abah yang harus pindah ke desa di Bogor. Kamu akan merasakan rasa kekeluargaan tersebut tumbuh di antara keluarga Abah yang akan menyentuh hati. 

Selain keluarga, film ini juga cocok ditonton bersama dengan teman karena mengangkat konflik yang tak terlalu berat jadi bisa dinikmati dengan santai. 

Platform: Netflix 

Itulah beberapa rekomendasi tontonan ngabuburit yang bisa mengisi waktu buka puasa. Biar makin seru, kamu bisa mengajak keluarga atau teman untuk menonton beramai-ramai. Dari rekomendasi di atas, kamu ingin menonton yang mana?

Baca juga: 5+ Drakor Mental Health dengan Rating Tinggi, Bantu Hadapi Quarter Life Crisis! 

Buat kamu yang menghabiskan waktu ngabuburit sendirian dan butuh teman ngobrol, yuk gabung Girls Beyond Circle yang bisa jadi tempat kamu buah sharing dan level up bareng sesama teman-teman keren lainnya. 

Sumber foto: Pexels

Kenalin, namaku Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana, penulis artikel ini. Let’s connect onLinkedIn!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond