gagal menampilkan data

Article

5 Fakta & Makna Tersirat di Film Siksa Kubur 2024

Written by Adila Putri Anisya

Film Siksa Kubur menjadi salah satu film horor Indonesia yang sangat dinantikan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan film tersebut disutradarai oleh Joko Anwar, sutradara ternama yang telah sukses mengarahkan film-film seperti ‘Pengabdi Setan’ hingga ‘Perempuan Tanah Jahanam’.

Bagi kamu yang ingin menonton ‘Siksa Kubur’, film ini dijadwalkan akan tayang setelah lebaran Idul Fitri, tepatnya 10 April 2024.

Tapi, sebelum kamu menonton, sebaiknya yuk simak fakta dan daya tarik dari film horor ini. 

Baca juga: 6 Film Bioskop Horor Maret 2024, Banyak yang Bikin Tegang!

SINOPSIS FILM SIKSA KUBUR

Siksa Kubur mengisahkan perjalanan Sita, seorang gadis yang merupakan anak dari seorang pembunuh berantai, yang mencoba masuk ke dalam peti mati ayahnya. 

Tindakan tersebut dilakukan oleh Sita dengan tujuan membuktikan bahwa siksa kubur hanya merupakan sebuah mitos belaka, bahkan ia sendiri tidak meyakini keberadaan agama.

Dalam kegelapan peti mati, Sita hanya dibekali dengan sebuah korek api yang ia bawa. Namun, secara tak terduga, Sita dibawa ke alam lain dan menyaksikan ayahnya disiksa sebagai akibat perbuatannya semasa hidup yang buruk. 

Selama perjalanannya, ia juga berhadapan dengan berbagai karakter unik yang membawanya ke dalam situasi yang mengerikan.

Film ini akan mengajak penonton untuk melihat betapa kejamnya siksa kubur dan menyampaikan pesan bahwa siksa kubur bukanlah sekadar mitos, melainkan nyata.

Baca juga: Selain Exhuma, Ini 10 Film Korea Horor Rating Tertinggi, Sudah Nonton?

DAFTAR PEMAIN SIKSA KUBUR

Pada filmnya kali ini, Joko Anwar memilih pemain baru dan yang sudah menjadi “langganan” dalam produksi filmnya. Berikut sederet aktor dan aktris yang memainkan film dari Siksa Kubur.

  • Faradina Mufti 
  • Reza Rahadian 
  • Widuri Putri 
  • Muzakki Ramdhan 
  • Christine Hakim 
  • Arswendy Bening Nasution 
  • Slamet Rahardjo 
  • Djenar Maesa Ayu 
  • Niniek L Karim 
  • Jajang C Noer 
  • Fachri Albar 
  • Happy Salma 
  • Mian Tiara 
  • Haydar Saliz 
  • Tony Merle 
  • Runny Rudiyanti

Baca juga: Fakta Film Exhuma dan Kaitannya dengan Sejarah Korea & Jepang

FAKTA FILM HOROR SIKSA KUBUR

Agar pengalaman menonton lebih seru dan paham, berikut adalah beberapa fakta dari film ‘Siksa Kubur’.

FILM HOROR-RELIGI PERTAMA JOKO ANWAR

Siksa Kubur adalah film ke-10 yang digarap oleh Joko Anwar, dan film ini merupakan film pertamanya yang mengangkat tema horor-religi. 

Dalam sebuah pertemuan, Joko mengungkapkan bahwa untuk menggarap film ini, ia harus mengumpulkan berbagai ceramah dan membaca berbagai buku agar pesan yang ingin disampaikan dalam film tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

CERITA SIKSA KUBUR BERKAITAN DENGAN FILM PENDEK BERJUDUL ‘GRAVE TORTURE’ KARYA JOKO ANWAR

Dalam pertemuan pre rilis ‘Siksa Kubur’, Joko mengungkapkan bahwa film ini merupakan lanjutan dari film pendeknya berjudul ‘Grave Torture’ yang dirilis di YouTube pada tahun 2012 lalu bersama Tia Hasibuan.

Saat perilisan, film pendek tersebut ternyata mendapatkan sambutan positif dari penonton karena dianggap sebagai pengingat akan keberadaan siksa kubur.

“Ternyata saat itu, film pendek Siksa Kubur mendapatkan sambutan luar biasa karena dianggap sebagai pengingat. Ini sangat menarik sekali dan sebenarnya merupakan isu yang penting, sehingga dari 2012, saya bersama Tia mencoba mencari cara untuk membuatnya menjadi film panjang,” Ujar Joko Anwar.

MEMILIH LAGU OPICK SEBAGAI SOUNDTRACK FILM SIKSA KUBUR

Joko Anwar memutuskan untuk menggunakan lagu "Bila Waktu T’lah Berakhir" dari Opick sebagai soundtrack dalam film. Sebagaimana dikenal, lagu tersebut mengandung lirik yang menggambarkan makna tentang kematian manusia.

Menurut Joko, lagu Opick tersebut memiliki kesesuaian yang sempurna dengan pesan yang ingin disampaikan dalam film horor Siksa Kubur. Ia menekankan bahwa pilihan lagu tersebut tidak hanya didasarkan pada popularitasnya, tetapi juga karena keselarasannya untuk film horor-religi.

PROSES PRODUKSI TAK SEPENUHNYA PAKAI CGI

Untuk memberikan kesan yang autentik dan tegang, tim produksi mengungkapkan bahwa proses pembuatan film ini tidak sepenuhnya mengandalkan efek CGI. Sejumlah adegan direkam dengan menggunakan efek praktis guna meningkatkan kesan realistis, sehingga memperkuat intensitas kecemasan bagi penonton.

Selain itu, pengaturan tata suara juga diperhatikan secara cermat dalam film, untuk menciptakan suasana yang lebih intens. Alhasil, penonton dapat benar-benar merasakan sensasi yang dialami oleh karakter saat berada dalam siksaan kubur.

POSTER UNIK YANG MENGERIKAN, TERDAPAT ULAR BERNAMA SYUJA’UL AQRA

Dalam poster tersebut terlihat ada 12 pocong dan satu ular yang disebut sebagai ular Syuja’ul Aqra, yaitu ular penyiksa di alam kubur. 

Dalam Islam, ular tersebut diberi tugas oleh Allah SWT untuk mendatangi umat Muslim yang lalai dalam salatnya. 

Joko Anwar sendiri mengaku tidak main-main saat meminta pembuatan poster ini, ia meminta sang designer untuk memahami alur cerita dari film tersebut dengan memberikan skrip filmnya.

Baca juga: Dari Kisah Nyata, Ini Fakta & Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari

MAKNA TERSIRAT FILM SIKSA KUBUR 2024

Film horor Siksa Kubur merupakan film horor-religi yang penuh dengan makna dan peringatan bagi umat Muslim. Joko Anwar sendiri mengingatkan para penontonnya untuk menyiapkan mental.

Joko berharap dengan adanya film ini, umat Muslim yang menonton akan percaya dengan adanya siksa kubur, sebagaimana tagline yang diangkatnya dalam trailer “Anda Akan Percaya”.

Film ini tak hanya berfokus pada jalan ceritanya saja, namun Joko juga memberikan beberapa makna tersirat dalam pre rilisnya. Misalnya, seperti poster 12 pocong dengan satu ular, menurutnya ada alasan di balik 12 pocong tersebut.

Tidak hanya itu saja, ada netizen juga yang mempertanyakan tentang poster deretan pemain ‘Siksa Kubur’. Menurut akun TikTok @revans_r, ada yang “janggal” dari poster karakter-karakter yang dirilis.

Dalam foto, terlihat pencahayaan yang tidak merata. Misalnya di bagian Fachri Albar dan Happy Salma, pencahayaannya sangat gelap. Sementara itu, di bagian Widuri Putri dan Muzzaki Ramdhan, berlatar belakang putih.

Selain pencahayaan, posisi menghadap kepala setiap karakter berbeda-beda, di mana ada yang menghadap ke depan, samping kanan dan samping kiri. Tentu, ini menjadi teori yang belum terpecahkan jika belum menonton filmnya.

Pemain utamanya, Faradina Mufti dan Reza Rahadian bahkan mengaku pada hari pertama syuting adegannya tidak ada yang mudah. Tentu, pernyataan sang artis membuat masyarakat penasaran, bagaimana film tersebut berlangsung?

TRAILER SIKSA KUBUR MOVIE

https://www.youtube.com/watch?v=C-iH2aQ-ewY

Nah, untuk kamu yang ingin nonton film Siksa Kubur full movie, tunggu kehadirannya di bioskop Indonesia setelah perayaan lebaran, tepatnya pada tanggal 10 April 2024. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk menonton, ya!

Join Girls Beyond Circle untuk dapatkan teman dan diskusi seputar film horor, yuk!

Baca juga: 15 Rekomendasi Film Romantis Indonesia dari Akhir Bahagia hingga Tragis, Sudah Nonton?

Sumber foto: Instagram.com/jokoanwar

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond