gagal menampilkan data

Article

12 Negara Teraman di Dunia 2024, Ada 2 Negara di Asia!

Written by Adila Putri Anisya

Keamanan menjadi salah satu faktor penting saat kita traveling ke luar negeri. Itulah mengapa, penting untuk mengetahui negara teraman di dunia sebelum merencanakan liburan ke luar negeri.

Selama menjadi turis, kita akan menjelajahi berbagai tempat dan mungkin menarik perhatian orang lokal. Sayangnya, di beberapa negara, turis rentan menjadi sasaran tindakan kriminal.

Tindakan tersebut mencerminkan perilaku masyarakat di negara tersebut dan mengancam keselamatan para traveler.

Jika kamu berencana untuk bepergian ke luar negeri dan mencari negara yang aman untuk dikunjungi, berikut adalah ulasan yang dapat kamu pertimbangkan.

Baca juga: 10 Negara Paling Aman untuk Solo Traveler Perempuan, Ada Tujuanmu?

URUTAN NEGARA TERAMAN DI DUNIA 2024

Urutan negara-negara paling aman di dunia diukur dengan mempertimbangkan berbagai indikator, mulai dari jumlah konflik, jumlah kasus pembunuhan, tingkat kekerasan internal maupun eksternal, hingga pengeluaran militer.

Global Peace Index (GPI), sebuah indeks yang mengukur perdamaian global, melakukan analisis dan melaporkan urutan negara-negara aman di dunia berdasarkan data terkini. Laporan ini biasanya diterbitkan oleh Institute for Economics and Peace (IEP) setiap tahunnya.

Pada akhir tahun 2023, IEP telah mengeluarkan laporan mengenai urutan negara-negara paling aman di dunia, berikut adalah rangkumannya!

Catatan:

Indeks mengukur kedamaian suatu negara dengan skala 1-5. Semakin rendah skornya, semakin damai negara tersebut.

12. CEKO

negara teraman di dunia ceko
Sumber foto: Pexels

Ceko adalah negara teraman di dunia ke 12 yang memiliki tingkat kejahatan rendah, terutama dalam kekerasan dan kriminalitas jalanan. Polisi di sana juga sangat responsif dalam membantu masyarakat lokal maupun turis.

Selain faktor keamanan fisik, negara ini juga dikenal dengan lingkungan sosial yang ramah terhadap. 

Toleransi dan keragaman dihargai di negara ini, menciptakan suasana yang nyaman bagi traveler di seluruh belahan dunia.

  • Skor: 1,379

11. KANADA

negara teraman di dunia kanada
Sumber foto: Pexels

Kanada dikenal sebagai salah satu negara teraman di dunia, berkat tingkat kejahatan yang rendah dan sistem kepolisian yang terpercaya. Ini menjadikan Kanada sebagai destinasi yang aman baik untuk tinggal maupun berwisata. 

Selain itu, tidak perlu khawatir jika tersesat di sana, penduduk Kanada terkenal dengan keramahannya. Dan keindahan alamnya yang memukau akan menyertai perjalananmu selama menjelajah.

  • Skor: 1,35

10. SWISS

negara teraman di dunia swiss
Sumber foto: Pexels

Swiss adalah negara di Eropa Tengah teraman di dunia. Hal menarik yang membuat negara Swiss aman yaitu, karena Swiss menerapkan kebijakan netral yang telah dipertahankan selama berabad-abad. 

Negara ini tidak terlibat secara langsung dalam konflik internasional karena mereka bukan anggota Uni Eropa.

Swiss memiliki standar keselamatan yang tinggi dalam berbagai aspek, termasuk keselamatan transportasi, keamanan makanan, dan keamanan lingkungan. Para traveler dapat merasa yakin bahwa mereka akan terlindungi dengan baik selama berada di Swiss. 

  • Skor: 1,339

9. JEPANG

negara teraman di dunia jepang
Sumber foto: Pexels

Jepang juga termasuk dalam daftar negara teraman di dunia. Tingkat kejahatan yang rendah, sistem kepolisian yang efektif, dan budaya yang menghormati kedamaian membuat Jepang menjadi tempat yang aman untuk tinggal. 

Selain itu, Jepang juga terkenal dengan teknologi canggihnya dan keramahan penduduknya. Meski mereka menciptakan berbagai barang canggih, namun tidak disalahgunakan, bahkan akses senjata sangat sulit. 

  • Skor: 1,336

8.SLOVENIA

negara teraman di dunia slovenia
Sumber foto: Pexels

Slovenia menawarkan destinasi yang menarik bagi para turis, mulai dari keindahan Danau Bled, keelokan Pegunungan Alpen, hingga pesona Hutan Triglav. Berkat dedikasi orang-orang lokal dalam menjaga keamanan dan ketertiban, negara ini menjadi tempat yang aman bagi para traveler.

Tidak hanya itu, tindak kejahatan dan kekerasan sangat jarang terjadi di Slovenia. Namun, jika terjadi, tindakan hukum pasti tegas, memberikan perlindungan yang kuat bagi warga sipil maupun turis yang berkunjung.

  • Skor: 1,334

7.PORTUGAL

negara teraman di dunia portugal
Sumber foto: Pexels

Portugal memiliki tingkat kejahatan yang relatif rendah, termasuk tingkat kekerasan yang rendah. Sistem hukum yang efektif dan aparat penegak hukum yang profesional membantu menjaga ketertiban di masyarakat.

Dilansir dari The Portugal News, selain sistem hukumnya yang kuat, mereka juga memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Apabila ada turis yang datang ke negara ini, sangat memungkinkan mereka disambut dengan ramah.

  • Skor: 1,333

6. SINGAPURA

negara teraman di dunia singapura
Sumber foto: Pexels

Negara tetangga Indonesia, yakni Singapura, juga dikenal sebagai negara yang sangat aman. Kejahatan jalanan seperti perampokan dan pencurian jarang terjadi di negara ini. 

Populasi penduduk yang sedikit, yakni sekitar 6 juta penduduk, membuat tingkat kriminalitas mereka rendah. Selain itu, sistem keamanan yang ketat dan hukum yang tegas membuat Singapura menjadi salah satu negara teraman di dunia.

  • Skor: 1,332

5. AUSTRIA

negara teraman di dunia Austria
Sumber foto: Pexels

Negara teraman di dunia selanjutnya adalah Austria. Negara ini jarang sekali mengalami kriminalitas, seperti pencurian, kerusuhan sosial, maupun terorisme yang besar.

Bagi turis yang berkunjung, pasti akan sangat nyaman dengan suasana di sana, karena negara ini memiliki lingkungan yang aman dan bersih. 

Kualitas udara dan air yang baik, serta pelestarian lingkungan memberikan rasa aman kepada penduduknya.

  • Skor: 1,316

4. SELANDIA BARU

negara teraman di dunia selandia baru
Sumber foto: Pexels

Selandia Baru merupakan negara di Oseania yang memiliki tingkat kejahatan yang rendah dan polisi yang responsif. Hal ini membuat Selandia Baru, menjadi tempat yang aman dari tindak kriminalitas.

Selain itu, negara ini juga terkenal dengan alamnya yang indah dan kehidupan masyarakat yang santai. Masyarakat di sana juga terkenal keramahannya, sehingga traveler tak perlu khawatir jika berada di negara ini.

  • Skor: 1,313

3. IRLANDIA

negara teraman di dunia irlandia
Sumber foto: Pexels

Irlandia disebut sebagai negara demokratis yang memiliki sistem politik yang stabil, di mana hak-hak politik dan kebebasan sipil dihormati dan dipertahankan.

Selain itu, Irlandia juga memiliki sistem kesejahteraan sosial yang kuat dan menyediakan layanan publik yang baik bagi warganya, termasuk layanan kesehatan dan pendidikan. Ini membantu dalam mengurangi ketidaksetaraan sosial dan konflik.

  • Skor: 1,312

2. DENMARK

negara teraman di dunia denmark
Sumber foto: Pexels

Denmark menempati negara yang aman ke dua di dunia. Tingkat kejahatan yang rendah dan sistem kepolisian yang efisien membuat Denmark menjadi tempat yang aman untuk tinggal. 

Dilansir dari Denmark.dk, negara ini bahkan disebut sebagai negara paling bahagia di dunia karena mengadopsi kesetaraan sosial dan semangat komunitas yang tinggi.

Meski bayar pajaknya tinggi, namun sebagian dari mereka mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, mendapatkan penitipan anak disubsidi, dan para lansia menerima pensiun hingga perawatan dengan mengunjungi rumah mereka.

  • Skor: 1,31

1. ISLANDIA

negara teraman di dunia islandia
Sumber foto: Pexels

Islandia adalah negara teraman di dunia menurut GPI. Tingkat kejahatan di Islandia tergolong rendah, dengan angka pembunuhan dan kejahatan serius lainnya yang relatif jarang terjadi. 

Hal ini karena, tingkat keadilan yang tinggi, sistem penegakan hukum yang efektif, dan keamanan sosial yang kuat. 

Selain itu, secara geografis, Islandia terletak jauh dari pusat konflik geopolitik dunia, yang dapat membantu menjaganya dari potensi ancaman eksternal.

  • Skor: 1,124

Itulah 12 daftar negara teraman di dunia versi GPI 2023. Bagi kamu yang ingin traveling ke luar negeri, mungkin beberapa negara di atas patut kamu pertimbangkan. 

Kamu suka traveling dan ingin mencari informasi menarik lainnya? Gabung yuk, ke komunitas Girls Beyond Circle! Dapatkan teman sesama traveler lainnya!

Baca juga: 70+ Negara Tanpa Visa untuk Paspor Indonesia, Yuk Liburan ke Luar Negeri!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond