gagal menampilkan data

Article

Program Kelas Internasional di Perkuliahan: Definisi, Keunggulan, dan Pilihan Kampusnya

Written by Adila Putri Anisya

Program kelas internasional (International class program) merupakan salah satu jalan bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di luar negeri. Program pendidikan ini banyak ditawarkan di beberapa sekolah atau universitas di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Saat ini, semakin banyak pelajar yang tertarik untuk mendapatkan pendidikan di luar negeri. Selain memperluas wawasan, juga untuk mempersiapkan diri untuk dunia kerja yang semakin luas dan global. 

Oleh karena itu, program kelas internasional menjadi salah satu alternatif yang diminati oleh dalam meniti karier pendidikan mereka.

Baca juga: 9 Program Beasiswa S2 di Dalam Negeri dan Luar Negeri, Sudah Tahu Belum?

MENGENAL PROGRAM KELAS INTERNASIONAL

Ketika hendak memilih universitas, mungkin kamu pernah melihat adanya program Kelas internasional. Memangnya, apa itu kelas internasional di universitas?

Kelas internasional adalah program untuk sarjana (S1) yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, di mana perguruan tinggi tersebut bermitra dengan institusi di luar negeri untuk memungkinkan mahasiswanya berkuliah di negara tersebut. 

Kerjasama dan pelaksanaan program in, telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 14 Tahun 2014 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi.

Karena program ini berlangsung di Indonesia dan luar negeri, mahasiswa yang mengikuti program ini diharapkan memiliki kemampuan berbahasa asing. Hal ini disebabkan karena perkuliahan dalam program kelas internasional umumnya menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Adapun tiga program gelar yang ditawarkan, yaitu double degree, joint degree, dan akselerasi. Nantinya, mahasiswa lulusan kelas internasional mendapatkan double sertifikat, yakni dari universitas asal (di Indonesia) dan universitas mitra di luar negeri.

Baca juga: Daftar 10 Kampus Kuliah Online yang Cocok untuk Karyawan Full-Time!

KEUNGGULAN KELAS INTERNASIONAL 

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh kelas internasional bagi mahasiswanya, yaitu:

PENGALAMAN BELAJAR DI LUAR NEGERI 

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar di lingkungan yang berbeda. Mereka akan berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara dan budaya yang berbeda, sehingga dapat memperluas jaringan pertemanan mereka. 

Selain itu, mahasiswa kelas internasional akan mendapatkan banyak ilmu akademik lebih luas. Mengingat banyak perbedaan sistem belajar di sana, mulai dari cara belajar, cara mengajar, dan peraturan-peraturan tertentu.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ASING

Kelas internasional dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan bahasa asing. Dalam program ini, mereka akan diajarkan bahasa asing, terutama bahasa Inggris secara intensif, sehingga mereka dapat menguasainya dengan lebih baik. 

Bahkan ketika mereka di luar negeri, penggunaan bahasa Inggris sudah menjadi komunikasi sehari-hari. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris ini, akan menjadi keunggulan saat mereka mencari pekerjaan di masa depan.

MAHASISWA MENDAPATKAN DUA GELAR

Ketika mengambil kelas internasional, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan dua gelar sekaligus. Ini merupakan salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh program-program internasional. 

Melalui kurikulum yang dirancang untuk memenuhi standar global, mahasiswa diberi kesempatan untuk meraih pengakuan akademik dari dua lembaga pendidikan yang berbeda.

Baca juga: 5 Keunggulan Kuliah S2 Dalam Berkarier, Bisa Tingkatkan Gaji?

APA BEDANYA PROGRAM KELAS INTERNASIONAL DAN KELAS REGULER?

Kelas internasional tentu memiliki perbedaan dengan kelas reguler pada umumnya. Setidaknya ada tiga perbedaan signifikan yang dari kedua kelas ini, antara lain:

JALUR MASUK

Pada kelas reguler, penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi terdiri dari tiga jalur seleksi, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. 

Sementara itu, untuk kelas internasional, jalur masuknya hanya dilaksanakan langsung oleh pihak perguruan tinggi. Artinya, untuk masuk kelas internasional, tidak dapat melewati jalur SNMPTN dan SBMPTN.

MATERI YANG DIUJIKAN BERBEDA

Selain jalur seleksi, materi yang diujikan pada kelas internasional dan reguler berbeda. Pada kelas reguler, calon mahasiswa akan mengerjakan tes seleksi seperti tes potensi akademik, tes kemampuan skolastik hingga tes-tes lainnya.

Sedangkan, pada program kelas internasional, calon mahasiswa harus menonjolkan kemampuannya di bahasa Inggris. Mereka harus memiliki sertifikat TOEFL ITP minimal 500 dan skor iBT minimal 61, dan IELTS minimal 5,5.

BIAYA KULIAH

Pada kelas reguler, biaya kuliah ditetapkan berdasarkan UKT atau sesuai dengan golongan masing-masing. Berbeda dengan biaya kuliah internasional, yang umumnya lebih mahal. 

Untuk nominal biaya kuliahnya, tergantung dari universitas masing-masing. Contohnya di Universitas Indonesia, mahasiswa WNI dikenakan Rp35 juta per semester, dan Rp42 juta untuk mahasiswa internasional. Belum lagi ada uang pangkalnya, mencapai Rp25 - Rp32 juta pada awal semester.

Baca juga: 7 Jalur Masuk Universitas Indonesia (UI), Calon Mahasiswa 2024 Wajib Tahu!

DAFTAR UNIVERSITAS DI INDONESIA YANG MENYEDIAKAN PROGRAM KELAS INTERNASIONAL

Di Indonesia cukup banyak universitas yang menyediakan kelas internasional, di antaranya yaitu:

  • Universitas Indonesia.
  • BINUS University.
  • Universitas Gadjah Mada.
  • Universitas Padjadjaran.
  • Universitas Airlangga.
  • Universitas Multimedia Nusantara.
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  • Institut Teknologi Bandung.
  • Institut Pertanian Bogor.

Setiap kampus memiliki jurusan dan ketentuan yang berbeda-beda untuk kelas internasional. Jadi, pastikan kamu memilih universitas yang sesuai dengan minat serta ketentuan yang berlaku.

Mau tahu lebih banyak soal program kelas internasional? Yuk, gabung Girls Beyond Circle, siapa tahu kamu temukan teman dengan minat yang sama!

Baca juga: 10 Kampus Indonesia yang Menyediakan Double Degree, Apa Saja?

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond