gagal menampilkan data

Article

6 Cara Mencegah Bau Badan saat Olahraga, Mudah Dilakukan!

Written by Adila Putri Anisya

Bagaimana cara mencegah bau badan? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh mereka yang rutin olahraga dan berkeringat disertai dengan bau yang tidak sedap.

Saat berolahraga, tubuh kita menghasilkan banyak keringat yang seringkali menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Dikutip dari Cleveland Clinic, keringat pada dasarnya tidak memiliki aroma, namun saat bakteri di kulit bercampur dengan keringat, hal ini dapat menyebabkan aroma tidak sedap muncul. 

Banyaknya keringat tidak serta merta memengaruhi bau badan kamu. Itulah sebabnya, seseorang bisa memiliki bau badan yang tidak sedap namun tidak berkeringat

Nah, untuk mencegah bau badan tersebut, terutama ketika berolahraga, simak ulasannya berikut ini, yuk!

Baca juga: Cek Fakta Olahraga Sebelum Tidur Menurut Penelitian, Baca Sampai Habis!

CARA MENCEGAH BAU BADAN SAAT OLAHRAGA

Bau badan sebenarnya memiliki banyak penyebab, entah dari hormon, makanan yang dikonsumsi, obat-obatan, atau kondisi medis, seperti diabetes. Namun, kali ini, kita akan membahas beberapa cara cegah bau badan berdasarkan penyebab umum.

Berikut adalah tips mencegah bau badan:

GUNAKAN SABUN BERBAHAN KHUSUS

cara mencegah bau badan gunakan sabun antiseptik
Sumber foto: Pexels

Langkah utama dalam upaya pencegahan bau badan adalah dengan memprioritaskan kebersihan tubuh kamu. Disarankan untuk mandi minimal satu kali sehari, terutama setelah melakukan aktivitas olahraga. 

Pastikan kamu membersihkan seluruh tubuh dengan teliti, khususnya fokus pada area yang cenderung mengalami produksi keringat, seperti ketiak, tempat berkumpulnya bakteri bernama staphylococcus hominis.

Agar bakteri tersebut dapat hilang, carilah sabun khusus antibakteri atau antiseptik yang umumnya tertera pada kemasan sabun. 

Biasanya sabun antibakteri ini mengandung bahan khusus seperti triclosan atau di beberapa produk tertulis ‘triclocarban’. 

Sementara sabun antiseptik tak hanya membasmi bakteri, namun juga jamur, virus dan protozoa yang hinggap di tubuh.

KERINGKAN TUBUH DENGAN BAIK SETELAH MANDI

cara mencegah bau badan keringkan tubuh dengan baik
Sumber foto: Pexels

Jangan biarkan tubuh kamu lembab sehabis mandi, pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh, terutama pada bagian yang sering menyebabkan keringat, biasanya di area-area lipatan.

DIlansir dari WebMD, bakteri menyukai kelembaban dan kehangatan, dan ketika kondisi tersebut hadir, bakteri dapat berkembang biak dengan lebih cepat. 

Oleh karena itu, penting untuk mengeringkan tubuh dengan baik setelah mandi, terutama di area yang cenderung lembap untuk mengurangi risiko pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan penyebab bau badan.

MENGGUNAKAN PAKAIAN DENGAN BAHAN POLYESTER ATAU ‘DRI-FIT’

cara mencegah bau badan gunakan pakaian bahan polyster atau dri fit
Sumber foto: Pexels

Saat berolahraga, penting untuk memilih pakaian yang tepat agar tubuh kita tetap kering dan tidak berkeringat terlalu banyak. Hal ini dapat membantu mencegah bau badan yang tidak sedap.

Pilih pakaian olahraga yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti polyester atau bahan bernama “Dri-Fit”. Pakaian dengan bahan seperti ini akan membantu menyerap keringat dan menjaga tubuh tetap kering.

Hindari menggunakan pakaian olahraga yang terbuat dari bahan seperti katun, karena bahan ini tidak menyerap keringat dengan baik. Pakaian yang terbuat dari bahan ini dapat membuat tubuh tetap basah dan menyebabkan bau badan.

GUNAKAN TAWAS

cara mencegah bau badan gunakan tawas
Sumber foto: Pexels

Tawas adalah bahan yang memiliki sifat antiseptik dan astringen yang dapat efektif menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan, sehingga cocok digunakan sebagai deodoran. 

Keamanan penggunaan tawas sebagai deodoran telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA – Food and Drug Administration).

Saat ini, terdapat berbagai produk tawas spray yang tersedia di berbagai toko online. Namun, penting untuk memastikan bahwa produk tawas yang dibeli telah memiliki label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) di Indonesia, sehingga dapat dipastikan keamanannya untuk digunakan.

KURANGI MAKANAN ATAU MINUMAN TERTENTU

cara mencegah bau badan kurang makanan dan minuman tertentu
Sumber foto: Pexels

Cara mencegah bau badan berikutnya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Ini dapat membantu mencegah bau badan saat berolahraga.

Beberapa makanan seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas dapat memengaruhi bau badan. Selain itu, minuman seperti kafein atau alkohol juga dapat membuatmu lebih banyak berkeringat.

Makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu mengontrol bau badan. Serat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mengurangi bau yang timbul dari dalam tubuh.

Pastikan untuk minum cukup air setiap hari. Air membantu membersihkan tubuh dari dalam dan mengontrol produksi keringat. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, kita dapat mencegah bau badan yang tidak sedap.

GUNAKAN DEODORAN ANTIPERSPIRANT

cara mencegah bau badan gunakan deodoran antiperspirant
Sumber foto: Pexels

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih adalah dengan menggunakan deodoran yang memiliki klaim ‘antiperspirant’. Bahan ini berfungsi untuk mengontrol produksi keringat dengan cara memblokir pori-pori kulit, tempat keluarnya keringat. 

Deodoran antiperspirant tersedia dalam berbagai bentuk kemasan, seperti roll-on atau spray. Sebelum penggunaan, disarankan untuk mengocoknya terlebih dahulu agar kandungan tersebut tercampur dengan baik saat disemprot atau diaplikasikan.

Penting untuk menggunakan deodoran antiperspirant pada waktu yang tepat, misalnya sebelum berolahraga atau setelah mandi saat tubuh sudah dalam keadaan kering. Hal ini karena kandungan antiperspirant hanya akan bekerja secara optimal pada kulit yang bersih. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Parfum Wanita Tahan Lama Produk Lokal, Cocok untuk ke Kantor!

PERAWATAN BAU BADAN LAINNYA YANG DISARANKAN

Selain mencegah bau badan, penting juga untuk melakukan perawatan agar tubuh kamu terbebas dari bakteri atau penyebab lainnya yang menimbulkan bau badan, yaitu:

  • Jika bau badan hanya terjadi saat olahraga saja, pastikan baju olahraga dicuci dengan bersih dan lebih sering. Setelah dipakai, sebaiknya langsung dicuci untuk mencegah bakteri berkembang biak.
  • Buat larutan hidrogen peroksida dengan air untuk melawan bakteri penyebab bau badan. Caranya: Gunakan 1 sdt peroksida (3%) dan 1 cangkir (8 ons) air. Kemudian, aplikasikan pada beberapa area tubuh, seperti ketiak, kaki, selangkangan dengan kain lap.
  • Jika kamu memiliki gangguan medis, seperti hiperhidrosis (keringat berlebih) atau diabetes, konsultasikan dengan dokter. Dokter akan memberikan saran dan beberapa perawatan efektif. Misalnya, dengan pemberian obat.

Dengan menerapkan cara mencegah bau badan saat olahraga di atas, kita dapat berolahraga dengan nyaman dan percaya diri tanpa khawatir tentang bau badan yang tidak sedap.

So, let’s stay fresh and confident while working out!

Dapatkan tips n’ trik seputar gaya hidup lainnya dengan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 7 Olahraga Anti Ribet Buat Kamu yang Mager

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond