gagal menampilkan data

Article

10+ Olahraga Mengecilkan Perut Buncit Habis Lebaran yang Aman dan Ampuh!

Written by Adila Putri Anisya

Perut buncit bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi pemiliknya. Tidak hanya mengurangi rasa percaya diri, tapi juga dapat berdampak buruk pada kesehatan kita. Jika kamu sedang mengalaminya, jangan khawatir, ada banyak olahraga mengecilkan perut sehingga dapat membentuk tubuh yang lebih ideal.

Untuk menghilangkan perut buncit, berikut adalah beberapa cara yang kamu lakukan!

Baca juga: Cek Fakta Olahraga Sebelum Tidur Menurut Penelitian, Baca Sampai Habis!

DERETAN OLAHRAGA MENGECILKAN PERUT

Perut buncit terjadi karena lemak yang menumpuk pada bagian perut. Hal ini tak hanya terjadi pada orang gemuk saja, namun juga orang berbadan kurus. Untuk menghilangkan lemak tersebut, gerakan olahraga perlu difokuskan pada bagian perut. 

Dilansir dari berbagai sumber kesehatan terpercaya, yuk, simak beberapa gerakkan yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut berikut ini!

LATIHAN KARDIO

olahraga mengecilkan perut latihan kardio
Sumber foto: Pexels

Dilansir dari WebMD, workout mengecilkan perut yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan membakar lemak visceral, yakni lemak yang ada di dalam rongga perut. Kamu dapat memasukan jenis olahraga kardio ini secara rutin setidaknya 30 menit dalam aktivitas harian.

Berikut beberapa gerakan kardio yang bagus untuk mengecilkan perut:

  • Bersepeda
  • Berenang
  • Berlari
  • Jalan cepat
  • Mengikuti kelas fitness

LATIHAN BEBAN

olahraga mengecilkan perut latihan beban
Sumber foto: Pexels

Latihan beban tidak hanya membantu membentuk otot perut, tetapi juga membakar lemak perut yang menumpuk. Kehadiran otot memungkinkan tubuh untuk membakar kalori lebih efisien, bahkan saat sedang beristirahat. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan beban dapat meningkatkan berat badan tanpa menambah lemak perut, sekaligus juga bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. 

Jadi, memiliki otot yang kuat tidak hanya menghasilkan tubuh yang lebih bugar secara fisik, tetapi juga membantu membakar lebih banyak lemak dalam jangka panjang.

Berikut beberapa latihan beban yang dapat kamu masukan dalam latihan:

  • Bicep curls
  • Lunges
  • Squats
  • Tricep kickbacks

GERAKAN HIIT (INTERVAL INTENSITAS TINGGI)

olahraga mengecilkan perut gerakan HIIT
Sumber foto: Pexels

Olahraga mengecilkan perut selanjutnya adalah latihan HIIT. Tidak hanya meningkatkan kebugaran kardiovaskular, tetapi juga membantu meningkatkan kekuatan otot dan kebugaran fisik secara keseluruhan. 

Ini karena latihan yang intensitasnya tinggi melibatkan berbagai gerakan yang melibatkan berbagai grup otot.

Selain itu, HIIT juga terbukti mampu membakar lemak tubuh, bahkan setelah latihan selesai. Hal ini disebabkan oleh peningkatan tingkat metabolisme tubuh selama dan setelah latihan.

Ada beberapa gerakan HIIT yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut, antara lain:

  • Jumping jacks
  • Burpees
  • Pushups
  • Jump squats
  • High knees

Baca juga: 5 Gerakan Pilates untuk Pemula dan Langkah Persiapannya, Penting Dipahami Agar Tak Cedera!

REKOMENDASI GERAKAN LATIHAN PERUT 

Selain menerapkan tiga jenis olahraga untuk mengecilkan perut di atas adapun gerakan latihan perut. Gerakan-gerakan ini, mampu meratakan sekaligus mengencangkan perut. 

Berikut beberapa gerakan yang bisa kamu coba:

PLANK

olahraga mengecilkan perut plank
Sumber foto: Pexels

Plank adalah gerakan yang dapat melatih hampir seluruh otot tubuh, termasuk otot perut. Caranya, berbaringlah dengan perut menghadap ke lantai, kemudian tekuk kedua siku dan letakkan telapak tangan di lantai. 

Angkat tubuh kamu sehingga berada dalam posisi lurus dengan jaga agar tubuh tetap tegak. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali.

  • Pemula: 10-30 detik. Seiring waktu tambah 1-2 menit, tetapi jangan melebihi itu.

SIT-UP

olahraga mengecilkan perut sit up
Sumber foto: Pexels

Sit-up adalah gerakan klasik yang sangat efektif untuk melatih otot perut. Caranya, berbaringlah dengan punggung menempel di lantai, tekuk kedua lutut, dan letakkan tangan di belakang kepala. 

Angkat tubuh kamu dengan menggunakan otot perut dan jangan lupa untuk mengkontraksikan otot perut saat naik. Turunkan tubuh kamu secara perlahan dan ulangi gerakan ini beberapa kali.

  • Lakukan 3 set, 8-12 kali repetisi.

RUSSIAN TWIST

olahraga mengecilkan perut russian twist
Sumber foto: The Gym Group

Gerakan Russian Twist melibatkan gerakan rotasi yang dapat melatih otot perut. Caranya, duduklah dengan lutut ditekuk dan kaki sedikit terangkat dari lantai. 

Pegang tangan di depan dada dan berbalik ke kanan dan kiri dengan menggunakan otot perut. Pastikan untuk menjaga punggung tetap tegak selama melakukan olahraga mengecilkan perut ini.

  • Lakukan 2-3 set dengan 15-30 gerakan dalam satu setnya.

MOUNTAIN CLIMBERS

olahraga mengecilkan perut mountain climbers
Sumber foto: Pexels

Mountain climbers adalah gerakan yang melibatkan gerakan kaki seperti saat sedang mendaki gunung. Caranya, posisikan tubuh seperti dalam posisi push-up. Kemudian, tekuk salah satu lutut ke arah dada kamu dan kembalikan kaki ke posisi semula. 

Lakukan gerakan yang sama dengan kaki lainnya. Ulangi gerakan ini dengan kecepatan yang moderat selama beberapa kali.

  • Mulailah dengan kecepatan lambat dan lakukan 1 atau 2 set dengan 8-10 repetisi. Tambah jumlah set dan repetisi seiring waktu.

BICYCLE CRUNCHES

olahraga mengecilkan perut bicycle crunches
Sumber foto: Pexels

Gerakan bicycle crunches adalah gerakan mengecilkan perut yang melibatkan gerakan seperti saat mengayuh sepeda. Caranya, berbaringlah dengan punggung menempel di lantai, tekuk kedua lutut, dan letakkan tangan di belakang kepala. 

Angkat tubuh kamu dan perlahan bawa lutut kanan ke arah dada sambil membawa siku kiri mendekat ke lutut kanan. Ulangi gerakan ini dengan sisi yang berlawanan.

  • Lakukan 3 set 12-20 repetisi. Istirahat selama 30–60 detik setelah setiap set.

LEG LIFTS

olahraga mengecilkan perut leg lifts
Sumber foto: Pexels

Gerakan leg lifts dapat melatih otot perut bagian bawah. Caranya, berbaringlah dengan punggung menempel di lantai dan letakkan tangan di samping tubuh. 

Angkat kedua kaki lurus ke atas, kemudian turunkan kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini beberapa kali dan pastikan untuk mengkontraksikan otot perut saat mengangkat kaki.

  • Lakukan 3 set masing-masing 10 repetisi.

SIDE PLANK

olahraga mengecilkan perut side plank
Sumber foto: Pexels

Side plank adalah variasi dari gerakan plank yang melatih otot perut bagian samping. Caranya, berbaringlah dengan posisi miring, kemudian tekuk salah satu siku dan letakkan telapak tangan di lantai. 

Angkat tubuh kamu sehingga berada dalam posisi lurus dengan jaga agar tubuh tetap tegak. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi dengan sisi yang berlawanan.

  • 8–10 repetisi di satu sisi sebelum beralih ke sisi lainnya.

Dalam upaya mengecilkan perut, olahraga adalah satu langkah yang penting. Dengan melakukan olahraga mengecilkan perut di atas dengan teratur, kamu akan melihat perubahan positif pada perutmu minimal dalam waktu satu bulan.

Ingat, konsistensi dan pola makan sehat juga penting dalam mencapai tujuan mengecilkan perut. Jadi, jangan ragu untuk mencoba gerakan-gerakan ini, ya!

Dapatkan tips olahraga lainnya dengan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5 Olahraga Favorit Gen Z Paling Kekinian, Kamu Wajib Coba!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond