gagal menampilkan data

Article

6 Tips Bergaya Elegan Melalui Pakaian, Pakai Warna dan Styling Ini!

Written by Adila Putri Anisya

Cara bergaya elegan bisa diperoleh melalui pemilihan pakaian yang tepat. Dengan berpakaian elegan, seseorang dapat menciptakan kesan anggun, kuat, dan profesional.

Berpenampilan elegan tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli pakaian yang mahal, dengan pilihan yang sederhana saja, kamu sudah bisa tampil elegan.

Jika kamu merasa bingung atau tidak tahu harus memulai dari mana, berikut beberapa tips tampil elegan dan berkelas yang bisa kamu praktikan!

Baca juga: Ini 5 Cara Menentukan Personal Style Agar Penampilanmu Menarik!

CARA BERGAYA ELEGAN DENGAN PAKAIAN

Memilih pakaian elegan tidak bisa sembarangan, perlu pemilihan warna, pola, hingga aksesoris yang tepat untuk mencapai tampilan ini.

Berikut adalah beberapa tips berpakaian elegan yang bisa kamu praktikan:

GUNAKAN BAJU MONOKROM

cara bergaya elegan pakaian
Sumber foto: Pinterest

Cara bergaya elegan pertama bisa dengan baju monokrom. Warna monokrom merujuk pada variasi tone dari satu warna dasar tanpa campuran warna lain. 

Dalam gaya berpakaian monokrom, kamu hanya menggunakan satu warna saja dari atas hingga bawah, namun dengan tekstur atau tone yang sedikit berbeda, tetapi masih dalam kelompok warna yang sama.

Sebagai contoh, kamu bisa memadukan warna abu-abu smoke dengan abu-abu fossil, atau cokelat caramel dengan cokelat peanut, dan sebagainya. Dengan memilih pakaian berwarna monokrom dan memadukannya dengan tone atau tekstur yang serupa, kamu dapat menciptakan tampilan yang elegan dan harmonis.

PERHATIKAN KUALITAS PAKAIAN TERMASUK JAHITAN DAN POTONGAN

cara bergaya elegan pakaian
Sumber foto: Pexels

Ketika membeli pakaian, penting untuk memperhatikan kualitas dari pakaian tersebut. Harga tidak selalu menjadi indikator kualitas, terkadang pakaian dengan harga tinggi pun bisa memiliki potongan jahitan yang kurang rapi.

Detail seperti benang yang terurai atau pola potongan yang miring, mungkin tidak selalu terlihat oleh semua orang, namun hal-hal kecil seperti ini dapat mempengaruhi kesan keseluruhan dari penampilanmu.

Oleh karena itu, saat berbelanja pakaian, pastikan untuk memeriksa jahitan dan potongan pakaian tersebut. Karena ‘kerapihan’ merupakan salah satu kunci dalam berpakaian elegan.

HINDARI BERPAKAIAN LEBIH DARI TIGA WARNA

cara bergaya elegan pakaian
Sumber foto: Pinterest

Hindari menggunakan pakaian lebih dari kombinasi tiga warna karena akan memberikan kesan bertabrakan. 

Jika kamu menggunakan pakaian dengan tiga warna, lebih baik gunakan tiga warna netral, contohnya ivory, krem, dan warna nude. Atau alternatifnya, lebih aman untuk hanya menggunakan dua warna saja.

Ketentuan warna ini juga berlaku dalam aksesoris yang digunakan, pastikan tas, sepatu ataupun syal yang kamu gunakan memiliki warna yang serupa dari salah satu warna pakaianmu.

GUNAKAN WARNA BAJU NETRAL ATAU SOLID

cara bergaya elegan pakaian
Sumber foto: Pinterest

Warna netral seperti hitam, putih, beige, dan abu-abu adalah pilihan yang aman untuk menciptakan tampilan yang elegan. Warna-warna ini mudah dipadukan dengan warna lain dan memberikan kesan yang bersih dan rapi.

Namun, jika kamu memiliki kesukaan pada warna-warna lain, kamu masih bisa tampil berkelas dengan memilih warna solid dan klasik seperti merah, ungu, orange, atau hijau. 

Saat memilih warna-warna solid ini, sebaiknya sesuaikan bawahan seperti celana atau rok dengan warna atasanmu, baik dengan warna yang senada maupun netral.

GUNAKAN POLA KLASIK

cara bergaya elegan pakaian
Sumber foto: Pinterest

Pola yang sederhana dan minimalis akan membantu menciptakan tampilan yang elegan. Cara bergaya elegan adalah dengan menghindari pola yang terlalu ramai atau mencolok. 

Pilih pola seperti garis-garis halus atau pola geometris yang sederhana. Lebih baik lagi, jika memilih baju dengan desain polos tanpa pola, hal ini akan memberikan kesan yang lebih sederhana dan elegan pada penampilanmu.

GUNAKAN JENIS BAJU YANG TERLIHAT ‘BERKELAS’

cara bergaya elegan pakaian
Sumber foto: Pinterest

Cara berpakaian elegan sebenarnya tidaklah sulit karena pakaian yang digunakan umumnya memiliki desain yang sederhana. Meskipun harganya mungkin terjangkau, namun dengan memilih jenis pakaian tertentu, kamu dapat menciptakan penampilan yang berkelas.

Berikut adalah beberapa jenis pakaian yang dapat membantu menciptakan tampilan tersebut:

  • Cashmere
  • Turtleneck
  • Blazer
  • Silk dress
  • Cardigan
  • Black trousers
  • Button up blouses

Baca juga: 5+ Tips Memilih Baju Thrift Berkualitas dan Layak Pakai, Wajib Tahu!

CARA BERGAYA ELEGAN LAINNYA DALAM BERPENAMPILAN

Selain memilih pakaian yang tepat, cara berpenampilan elegan lainnya adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Pilih aksesoris yang minimalis 

Aksesori yang minimalis seringkali memberikan kesan yang elegan. Hindari aksesori yang terlalu berlebihan atau mencolok. Pilih aksesoris seperti kalung sederhana, gelang tipis, atau anting-anting kecil untuk menyeimbangkan tampilan kamu.

  • Perhatikan detail pada aksesoris

Detail kecil pada aksesori kamu juga bisa membuat perbedaan. Pilih aksesori dengan kualitas baik dan perhatikan detailnya. Perhatikan juga sepatu dan tas yang kamu gunakan, pastikan mereka juga cocok dengan gaya elegan yang kamu inginkan.

  • Jaga kesehatan kulit

Perhatikan kesehatan kulitmu terjaga, kulit yang sehat dan bersinar adalah kunci untuk penampilan yang elegan. Kamu bisa memilih skincare yang sesuai, atau melakukan perawatan di klinik kecantikan agar terhindar dari masalah kulit.

  • Gaya makeup yang tepat

Gaya makeup juga sangat menentukan cara bergaya elegan. Pastikan kamu menggunakan gaya makeup dengan kesan alami dan timeless. Salah satunya dengan memberikan coverage yang baik untuk menyamarkan noda, lipstik yang netral/soft, alis yang rapi, eyeshadow natural, dan eyeliner yang tipis.

  • Perawatan rambut

Rambut yang terawat juga merupakan bagian penting dari penampilan yang elegan. Pastikan untuk merawat dan memotong rambut secara teratur. Pilih gaya rambut yang mudah diatur dan sesuai dengan bentuk wajah kamu.

  • Percaya diri adalah kunci

Tidak peduli seberapa baik kamu berpakaian, tanpa keyakinan diri, tampilan kamu tidak akan terlihat elegan. Percayalah pada diri sendiri dan jangan ragu untuk menunjukkan siapa dirimu melalui penampilanmu. Keyakinan diri adalah kunci untuk penampilan yang elegan.

Cara bergaya elegan tidak sulit bukan? Yang hanya kamu perlukan adalah memperhatikan warna, jenis baju, pola hingga aksesoris yang tepat. Dengan mengikuti cara di atas, dijamin kamu akan memiliki penampilan elegan yang sempurna!

Dapatkan tips n’ trick lainnya seputar dunia fashion dengan bergabung komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 10+ Rekomendasi Warna Rambut Agar Wajah Cerah untuk Berbagai Tipe Kulit

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond