gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

5 Gerakan Face Yoga Sederhana yang Bikin Wajah Awet Muda

Written by Adila Putri Anisya

Memiliki wajah awet muda merupakan impian banyak orang. Selain mengandalkan produk skincare anti-aging, adapun gerakan face yoga yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.

Apa itu face yoga? Seperti namanya, face yoga merupakan rangkaian gerakan yoga yang difokuskan pada wajah dan leher guna mengencangkan otot-otot di daerah tersebut. Hal ini bertujuan untuk memperlambat proses penuaan dan memberikan kesan wajah yang lebih muda.

Secara umum, manusia memang tidak bisa menolak untuk tua. Namun, memiliki wajah yang awet muda, menjadi kepuasaan sendiri bagi penampilan mereka. Seseorang mungkin akan merasa bahagia ketika mereka mendapat pujian bahwa wajahnya terlihat lebih muda daripada usianya.

Jika kamu penasaran mengenai face yoga tutorial serta gerakannya, baca artikel ini sampai habis!

Baca juga: 10+ Cara Agar Awet Muda Dengan Rutinitas Sederhana!

5 GERAKAN FACE YOGA AGAR AWET MUDA

Gerakan face yoga berikut dapat menyamarkan garis-garis halus sekaligus mengencangkan kulit serta mencegah dari kenduran. 

Berikut adalah beberapa gerakannya:

LION BREATH

gerakan face yoga lion breath
Sumber foto: Verywellfit

Lion Breath merupakan gerakan face yoga yang efektif untuk melemaskan otot-otot wajah termasuk pipi, dagu, dan leher. 

Melakukannya dengan cara yang benar dapat meningkatkan sirkulasi darah ke wajah dan leher, sehingga dapat memberikan nutrisi ke kulit dan memperbaiki elastisitasnya.

Gerakan Lion Breath mirip dengan ekspresi wajah singa yang sedang mengaum, yang melibatkan gerakan otot-otot wajah dan leher mereka.

Cara melakukan gerakan Lion Breath:

  • Duduklah dengan nyaman dengan posisi tubuh sedikit condong ke depan.
  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, memastikan kamu mengisi paru-paru secara penuh.
  • Ketika kamu mengeluarkan napas, bukalah mulut lebar-lebar dan keluarkan napas dengan kuat seperti mendengkur atau mengeluarkan suara “ahh” yang panjang.
  • Saat mengeluarkan napas, tariklah otot-otot wajah ke belakang, seperti mencoba menyentuh telinga dengan ujung-ujung bibir. Selain itu, julurkan lidah keluar sejauh mungkin.
  • Tahan posisi ini sebentar, kemudian ulangi sebanyak 7 kali atau sesuai kebutuhan.

THE “V”

gerakan face yoga The V
Sumber foto: Spas.ie

Gerakan The V memberikan fokus pada area mata sehingga dapat menyamarkan garis halus pada pinggir mata, kelopak mata, kantung mata dan mata yang sembab. 

Seperti yang diketahui, area wajah tersebut mudah sekali timbul garis halus, akibat kebiasaan gerak sehari-hari yang kita lakukan seperti tertawa, marah, maupun menangis. 

Melalui gerakan face yoga The V yang tepat, diharapkan praktiknya dapat menyamarkan garis halus secara perlahan, sehingga tampak lebih muda. 

Cara melakukan gerakan  The V:

  • Letakkan kedua telapak tangan di kedua sisi wajah, dengan jari-jari mengarah ke atas dan ibu jari di belakang telinga.
  • Tekan area tersebut dengan gerakan yang nyaman ke sudut dalam dan luar mata, lalu mata memandang ke langit-langit kelopak mata.
  • Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, kemudian kembali rileks.
  • Ulangi gerakan The V selama 2 sampai 3 menit, kemudian selesaikan dengan memejamkan mata 10 detik.

THE SMILE SOOTHER

gerakan face yoga the smile soother
Sumber foto: Facebook.com/Abigail James

The Smile Soother merupakan gerakan face yoga yang bertujuan untuk menyamarkan garis pipi dan kulit kendur, menurunkan face lift, dan memberikan senyuman yang cantik saat tersenyum.

Dengan melakukan The Smile Soother secara rutin, kamu dapat mencapai penampilan wajah yang lebih muda, lebih kencang, dan lebih segar terutama pada area pipi yang mudah mengendur.

Cara melakukan The Smile Soother:

  • Bentuklah huruf ‘O’ dengan mulut kamu, sambil menyembunyikan gigi dengan bibir.
  • Senyumlah selebar mungkin, sambil tetap menyembunyikan gigi kamu.
  • Letakkan jari telunjukmu pada dagu dan mulailah menggerakkan rahangmu ke atas dan ke bawah, sambil tetap tersenyum.
  • Saat melakukan latihan ini, miringkan sedikit kepala kamu untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal.

FACE TAPPING

gerakan face yoga face tapping
Sumber foto: Youtube.com/Club Apparel

Salah satu gerakan face yoga yang viral di media sosial adalah Face Tapping, yakni mengetuk wajah untuk mendapatkan wajah awet muda. Dengan gerakan yang tepat, Face Tapping dapat meningkatkan otot wajah serta mencegah kulit kendur dengan cara meningkatkan aliran darah dan oksigen ke wajah.

Dilansir dari Netmeds, ketukan wajah yang tepat dapat menghilangkan stres, mengurangi kecemasan dan tekanan psikologis secara cepat. 

Dalam melakukan gerakan ini, ada sembilan titik umum yang menjadi fokus, antara lain bagian atas kepala, alis bagian dalam dan luar, bawah mata, bawah hidung, dan bawah bibir.

Cara melakukan Face Tapping:

  • Pastikan wajah kamu bersih dan bebas dari kotoran atau minyak sebelum memulai latihan.
  • Gunakan ujung jari tangan, khususnya jari telunjuk dan jari tengah, untuk melakukan tapping pada wajah.
  • Mulailah gerakan face yoga ini dengan mengetuk perlahan-lahan bagian tengah dahi kamu dengan jari-jari kamu. Lakukan gerakan ini dengan ritme yang lembut dan nyaman.
  • Setelah beberapa saat, pindahkan tapping kamu secara perlahan ke samping dahi dengan ritme yang sama.
  • Lanjutkan tapping ke area di sekitar mata, khususnya di bagian bawah tulang alis dan di bawah mata.
  • Setelah menyelesaikan tapping di sekitar mata, alihkan perhatian kamu ke area pipi dan rahang. Lakukan tapping dengan lembut di sepanjang tulang pipi dan di sekitar rahang.
  • Akhiri sesi Face Tapping dengan mengetuk leher kamu secara perlahan-lahan dari bawah dagu hingga ke arah bahu. Ini membantu merelaksasi otot-otot leher dan meningkatkan aliran darah ke wajah.
  • Lakukan Face Tapping selama beberapa menit setiap hari, terutama saat kamu merasa stres atau ingin meremajakan kulit wajah kamu.

FOREHEAD LIFT

gerakan face yoga forehead lift
Sumber foto: Marie france ASIA

Jika kamu memiliki garis halus di bagian dahi, kamu bisa mencoba melakukan Forehead Lift. Gerakan face yoga ini efektif untuk mengencangkan kembali dahi dan menyamarkan garis horizontal di area tersebut.

Seperti halnya dengan area mata, dahi juga rentan terhadap garis-garis kerutan, seringkali disebabkan oleh ekspresi wajah yang berlebihan seperti tertawa, menguap, atau mengerutkan wajah.

Untuk mengatasi atau mencegah hal ini, penting untuk memasukkan gerakan yoga yang difokuskan pada dahi. Bahkan gerakan ini juga dapat membantu mengangkat alis, mencegah kelopak mata  terkulai dan mengurangi ketegangan di area tersebut.

Cara melakukan Forehead Lift:

  • Letakkan jari telunjuk dan jari tengah kedua tangan di dahi sepanjang garis rambut.
  • Tekan panjang jari tersebut dengan kuat ke bawah dan angkat menuju alis kamu.
  • Angkat alis kamu secara bersamaan.
  • Tahan posisi ini selama sepuluh detik sambil mengambil napas dalam-dalam.
  • Ulangi langkah-langkah ini sebanyak tiga kali, dan tahan yang terakhir selama 20 detik.
  • Lakukan urutan gerakan ini sekali lagi untuk hasil yang optimal.

Baca juga: 8 Gerakan Yoga Sebelum Tidur Agar Rileks, Cuma 10 Menit!

APAKAH FACE YOGA EFEKTIF MEMBUAT WAJAH TAMPAK AWET MUDA?

Face yoga melibatkan serangkaian gerakan dan latihan yang dirancang untuk merilekskan, mengencangkan, dan menguatkan otot-otot wajah. 

Melakukan latihan ini secara teratur, diklaim bahwa kamu dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus, serta memberikan efek peremajaan pada kulit wajah.

Namun, apakah pernyataan itu benar, dan apakah melakukan gerakan face yoga dapat berhasil memiliki wajah awet muda?

Seperti halnya dengan berolahraga di gym. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, hasil dari face yoga membutuhkan waktu dan konsistensi yang kuat. 

Meskipun diklaim dapat membuat wajah terlihat awet muda, namun penting untuk diingat bahwa gerakan face yoga belum didukung secara pasti oleh penelitian ilmiah.

Berbeda dengan pengujian bahan skincare yang dapat memberikan hasil dalam waktu singkat, before after face yoga membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melihatnya, seorang peneliti harus memperhatikan gaya hidup peserta sepanjang waktu.

Di sisi lain, ada juga seorang guru yoga yang menyatakan bahwa hasil face yoga dapat terlihat ketika dilakukan secara rutin.

Lantas, berapa lama hasil face yoga? Mengutip dari Business Insider, Gary Sikorski, seorang guru yoga wajah bersertifikat, menyatakan bahwa semakin banyak waktu yang diinvestasikan dalam melakukan face yoga, semakin cepat pula hasilnya dapat terlihat. 

Menurutnya, hasil awal dari face yoga biasanya dapat terlihat setelah enam hingga sepuluh minggu dengan melakukan sesi harian selama 15 hingga 20 menit.

Meskipun demikian, selain face yoga, penting juga untuk mengambil langkah-langkah lain dalam menjaga kesehatan dan kecantikan wajah seiring bertambahnya usia, seperti memperhatikan gaya hidup, menggunakan produk skincare anti-aging, dan mengikuti praktik-praktik perawatan diri yang sesuai.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk rutin melakukan gerakan face yoga?

Gabung Girls Beyond Circle untuk dapatkan informasi menarik dan temukan banyak koneksi juga di sana!

Baca juga: Cek Fakta Olahraga Sebelum Tidur Menurut Penelitian, Baca Sampai Habis!

Sumber foto: Pexels