gagal menampilkan data

Article

5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Memahami Potensimu

Written by Rayya Adila Sakinah

Mengenal diri sendiri adalah proses penting untuk merancang masa depan dengan memahami kelebihan, kelemahan, potensi, minat, dan core value dalam diri kita. Oleh karena itu, cara mengenal diri sendiri yang tepat sangat dibutuhkan untuk kita bisa meningkat self-awareness dan self-acceptance.

Mengenal diri sendiri sangatlah penting untuk mengoptimalkan potensi, menentukan arah dalam hidup, dan memudahkan mencapai target yang ingin dicapai. Berikut cara mengenal diri sendiri yang dapat dilakukan untuk meningkatkan self-awareness dan self-acceptance.

5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Baik

5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Baik
Sumber Foto: Pexels

Mengapa kita perlu mengenal diri? Ternyata, mengenal diri sendiri dapat memberikan banyak manfaat untuk kesuksesan kita di masa depan, lho! Selain itu, dapat menjadi cara ampuh untuk memilih jurusan yang tepat serta bisa menghadapi interview kerja dengan percaya diri. Berikut beberapa cara mengenal dan memahami diri sendiri yang baik dan benar, seperti:

Temukan Blind Spots Melalui Feedback dari Orang Lain

5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Baik - Temukan Blind Spots Melalui Feedback dari Orang Lain
Sumber Foto: Pexels

Zona nyaman bisa menjadi jebakan yang dapat menghambat kesuksesan kita. Kadang kala kita merasa enggan untuk menerima feedback dari orang lain dan acuh dengan pandangan orang lain terhadap diri kita. Sebagai makhluk sosial, kita sangat membutuhkan feedback dari orang lain untuk mengidentifikasi blind spots dalam karakter, kompetensi dan pengetahuan yang kita miliki agar terhindar dari kesalahan dan penyimpangan.

Bahkan seorang Mohammad Ali pun butuh pelatih bukan karena pelatihnya lebih hebat darinya, tapi karena ia perlu pandangan orang lain untuk melihat hal-hal yang tak terlihat olehnya, yaitu blind spot

Cara mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri bisa melalui metode johari window dengan mengetahui empat area, seperti:

  • Open Area, hal-hal yang telah diketahui oleh diri sendiri dan orang lain, misalnya kamu memiliki bakat memasak dan orang lain mengakui kalau kamu memang jago masak.
  • Blind Area, hal-hal yang hanya diketahui orang lain tetapi tak disadari olehmu, misalnya orang lain menganggapmu ketus tapi kamu tak menyadarinya. Oleh karena itu, untuk mengetahui blind area, kita membutuhkan feedback dari orang lain dalam menilai kelebihan dan kekurangan diri.
  • Hidden Area, hal-hal yang hanya diketahui oleh kita sendiri, sedangkan orang lain tak mengetahui. Misalnya, kamu sebenarnya lebih suka menyendiri, tetapi orang lain mengenal kamu sebagai orang yang sangat ekstrovert.
  • Unknown Area, hal-hal yang tak diketahui oleh diri sendiri maupun orang lain, misalnya kamu belum pernah mencoba menjadi content creator. Akibatnya, kamu dan orang lain tak tahu potensi kamu dalam bidang tersebut. Untuk hal ini kamu harus mencoba berbagai hal untuk mengetahuinya.

Mengenal blind spot dan area lainnya bisa membantu kita dalam mengenali potensi dan karakter, sehingga dapat mengoptimalkan opportunity yang ada.

Luangkan Waktu untuk Membaca Buku yang Inspiratif

5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Baik - Luangkan Waktu untuk Membaca Buku yang Inspiratif
Sumber Foto: Pexels

Baca buku adalah cara mengenal diri sendiri dengan helicopter view. Oleh karena itu, hal tersebut memperluas kompetensi dan pengetahuan yang kita miliki, serta dapat membuat kita semakin mengenal diri sendiri.

Umumnya, para penulis telah mengamati banyak hal dari sebelum menulis, sehingga kita bisa mengetahui berbagai blind spot dan unknown area yang belum kita dari buku tersebut. 

Lakukan Refleksi Diri 

5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Baik - Lakukan Refleksi Diri
Sumber Foto: Pexels

Refleksi diri adalah salah satu cara mengenal diri sendiri yang bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Aktivitas mengevaluasi diri secara objektif dan kritis dengan menulis jurnal harian, meditasi, berdoa, self talk, serta deep talk dengan orang terpercaya. 

Cara ini dapat membantu kita mengenal minat, bakat, kelebihan, kelemahan, pencapaian, dan kegagalan yang kita miliki. 

Jadi, luangkan waktumu sejenak untuk mempertimbangkan dan memperjelas nilai-nilai pribadi melalui refleksi diri dengan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini, seperti:

  1. Apa tujuan hidup saya?
  2. Hal apa saja yang membuat saya merasa bahagia dan puas?
  3. Nilai-nilai dasar apa yang ingin saya tunjukkan?
  4. Apa kekuatan dan kelemahan saya?
  5. Apa yang perlu saya ubah dalam diri saya untuk level up?

Jawab pertanyaan di atas dengan pikiran yang jernih dan kondisi nyaman serta menenangkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Zona Nyaman dengan Mencoba Hal Baru

5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Baik - Tinggalkan Zona Nyaman dengan Mencoba Hal Baru
Sumber Foto: Pexels

Cara mengenal diri sendiri selanjutnya dengan mencoba hal-hal baru, seperti mencoba berbagai olahraga, kursus, atau perjalanan. Hal tersebut dapat membantu kita keluar dari zona nyaman serta mengembangkan kemampuan baru. 

Meski awalnya tak nyaman, namun belajar hal baru dapat mengubah mindset. Hindari berdiam diri pada zona nyaman karena akan membuat kita susah untuk open minded dan sadar akan karakter serta keinginan pribadi.

Ikuti Tes Kepribadian atau Berkonsultasi pada Psikolog

5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Baik - Ikuti Tes Kepribadian atau Berkonsultasi pada Psikolog
Sumber Foto: Pexels

Konsultasi ke psikolog atau konselor dan melakukan tes kepribadian dapat membuat kita semakin mengenal diri. Hal ini juga dapat membantu kita mengetahui karakter, bakat, maupun gaya belajar yang tepat, sehingga memperkaya wawasan terhadap diri sendiri. 

Berikut 5 langkah mengenal diri sendiri yang baik dan benar agar kamu dapat  mengoptimalkan potensi dan opportunity yang ada. Good luck!

Baca juga: 5 Pilihan Buku Cara Membaca Bahasa Tubuh Agar Mengenal Orang Lebih Baik

Penasaran dengan tips pengembangan diri lainnya? Yuk, segera gabung ke komunitas Girls Beyond Circle agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond