gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Jadi Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Waspada dengan 5 Makanan dan Minuman Ini

Written by Rayya Adila Sakinah

Penyebab gagal ginjal di usia muda seringkali berkaitan dengan gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan yang berantakan. Pentingnya menjaga kesehatan ginjal karena berpengaruh pada penyaringan darah, pembuangan limbah, serta mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Salah satu caranya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal.

Penyakit ini bisa menyerang siapapun, termasuk orang-orang yang masih berusia muda, terutama jika seseorang memiliki riwayat penyakit kronis lainnya seperti diabetes maupun kanker. 

Pola makan yang buruk dapat memicu kerusakan pada ginjal. Hal itu disebabkan karena makanan tinggi garam, gula, dan lemak, serta minuman beralkohol, dapat membebani kerja ginjal. Mengonsumsi makanan dan minuman tersebut secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti gagal ginjal akut.

Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan ginjal dengan menghindari makanan dan minuman penyebab gagal ginjal di usia muda seperti berikut ini. 

5 Makanan dan Minuman Pemicu Gagal Ginjal

5 Makanan dan Minuman Pemicu Gagal Ginjal
Sumber Foto: Pexels

Umumnya, gejala gagal ginjal meliputi tubuh terasa lemas, sering mual, kulit kering, tubuh bengkak, urine keruh, dan sering nyeri otot. 

Namun, perlu kamu sadari bahwa salah satu penyebab gagal ginjal adalah pola makan yang tidak sehat. 

Bahkan, makanan dan minuman kekinian yang kerap di santap oleh anak muda ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Berikut beberapa makanan dan minuman penyebab gagal ginjal di usia muda yang perlu kamu hindari. 

Makanan dan Minuman Kekinian, Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

5 Makanan dan Minuman Pemicu Gagal Ginjal - Makanan dan Minuman Kekinian, Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal
Sumber Foto: Pexels

Makanan dan minuman kekinian yang kerap kamu santap, ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal, lho!

Terutama yang mengandung tinggi gula karena dapat menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi, serta berpeluang terkena gagal ginjal pada usia muda.

Minuman manis seperti milk tea biasanya mengandung pemanis buatan dan sirup jagung tinggi fruktosa. Konsumsi berlebihan minuman ini bisa menyebabkan penyakit batu ginjal, kerusakan ginjal, obesitas, bahkan diabetes akut. 

Kopi dan teh juga berbahaya karena mengandung tinggi kafein yang bersifat diuretik, mengurangi fungsi ginjal dalam menyerap air dan meningkatkan risiko batu ginjal serta penyebab gagal ginjal akut.

Penting untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman kekinian yang tinggi akan gula dan kafein, serta perbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal.

Fast Food adalah Makanan Pemicu Gagal Ginjal

5 Makanan dan Minuman Pemicu Gagal Ginjal - Fast Food adalah Makanan Pemicu Gagal Ginjal
Sumber Foto: Pexels

Salah satu penyebab gagal ginjal kronis pada anak muda adalah memiliki pola makan yang buruk, terutama mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan. Banyak makanan cepat saji yang mengandung tinggi gula dan lemak, sehingga dapat merusak ginjal. 

Konsumsi fast food berlebihan bisa menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi insulin secara optimal, sehingga menyebabkan penumpukan glukosa dalam darah dan berdampak buruk pada ginjal. Akibatnya, kamu bisa berisiko terkena penyakit ginjal diabetik. Oleh karena itu, penting membatasi konsumsi makanan cepat saji sedari dini agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

Hindari Konsumsi Produk Olahan

5 Makanan dan Minuman Pemicu Gagal Ginjal - Hindari Konsumsi Produk Olahan
Sumber Foto: Pexels

Produk olahan seperti makanan yang diawetkan seperti frozen food ternyata mengandung tinggi natrium dan fosfor. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal dan masalah pada tulang. 

  • Makanan kemasan, seperti mie instan maupun sereal, cenderung mengandung garam dan gula yang tinggi, sehingga dapat merusak ginjal. Selain itu, juga minim akan gizi. 
  • Daging olahan seperti sosis, kornet, dan nugget juga mengandung banyak pengawet dan perasa yang dapat membebani kerja ginjal. 
  • Makanan kaleng seperti canned fruit maupun jamur yang diawetkan, ternyata juga merusak fungsi ginjal karena mengandung tinggi natrium. 

Ganti konsumsi produk olahan dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi.

Alkohol Penyebab Kerja Ginjal Semakin Berat

5 Makanan dan Minuman Pemicu Gagal Ginjal - Alkohol Penyebab Kerja Ginjal Semakin Berat
Sumber Foto: Pexels

Salah satu penyebab gagal ginjal di usia muda yang kerap disepelekan adalah mengonsumsi alkohol secara berlebihan, sehingga menyebabkan albuminuria (ginjal bocor) dan memperparah risiko penyakit ginjal kronis lainnya. Jadi, mulai sekarang hindari minuman beralkohol untuk dapat menjaga kesehatan ginjal secara optimal.

Makan Daging Secara Berlebihan, Bisa Menyebabkan Gangguan pada Ginjal

5 Makanan dan Minuman Pemicu Gagal Ginjal - Makan Daging Secara Berlebihan, Bisa Menyebabkan Gangguan pada Ginjal
Sumber Foto: Pexels

Daging merah, unggas, ikan, dan telur adalah sumber protein tinggi yang penting untuk membangun otot dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, konsumsi protein secara berlebihan membuat kerja ginjal lebih keras untuk membuang limbah, serta meningkatkan risiko asidosis. 

Fakta lainnya, kebiasaan makan all you can eat dapat memicu kita mengonsumsi daging melebihi porsi normal yang seharusnya hanya sekitar 50-75 gram per sekali makan. 

Oleh karena itu, gantilah sebagian asupan protein dengan buah-buahan, sayuran, dan karbohidrat kompleks, serta perbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal.

Menghindari beberapa makanan penyebab gagal ginjal di usia muda dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan jangka panjang, lho! 

Baca juga: 10 Makanan Penghilang Stress, Bisa Tingkatkan Mood Kamu!

Nantikan informasi kesehatan lainnya, ya! Yuk, gabung ke komunitas Girls Beyond Circle agar tidak ketinggalan!

Sumber Foto: Pexels