gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Kenali 5 Penyebab Mata Bintitan Tak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

Written by Rayya Adila Sakinah

Bintitan atau istilah medisnya, hordeolum adalah benjolan kecil yang terlihat seperti bisul di sekitar area mata. Umumnya, penyebab mata bintitan adalah infeksi bakteri di kelenjar minyak dan dapat sembuh secara alami, dalam hitungan minggu saja.

Namun, beberapa orang mengalami mata bintitan yang tak kunjung sembuh. Hal itu terjadi karena adanya infeksi akibat salah penanganan. 

Oleh karena itu, kita perlu mengenali gejala dan penyebab mata bintitan dengan saksama agar tak salah dalam penanganan. Berikut penyebab dan gejala dari mata bintitan. 

Gejala Hordeolum

Gejala Hordeolum
Sumber Foto: Wikipedia

Gejala bintitan adalah munculnya bintil merah yang mirip bisul kecil di dalam atau di luar kelopak mata maupun di kantung mata. Gejala lain yang menyertai meliputi:

  • Mata merah dan berair.
  • Kelopak mata bengkak dan nyeri.
  • Benjolan mirip seperti bisul atau jerawat.
  • Jika bintitan semakin membesar, maka penglihatan akan ikut terganggu juga.
  • Mata bintitan hanya terjadi dalam hitungan minggu saja.

Apabila mata bintitan tak kunjung sembuh dalam kurun waktu 14 hari, ada kemungkinan terjadi komplikasi, seperti kalazion. Namun, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika bintitan tidak membaik setelah 48 jam atau jika pembengkakan menyebar ke bagian lain wajah, seperti pipi. 

5 Penyebab Mata Bintitan Tak Kunjung Sembuh yang Sering Disepelekan

5 Penyebab Mata Bintitan Tak Kunjung Sembuh yang Sering Disepelekan
Sumber Foto: Pexels

Mata bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus yang menyumbat kelenjar minyak di kelopak mata. Kondisi tersebut disebabkan karena kuman dan kulit mati terperangkap di ujung kelopak mata. Namun, banyak faktor lain yang menjadi penyebab mata sering bintitan, seperti:

Malas Menjaga Kebersihan 

5 Penyebab Mata Bintitan Tak Kunjung Sembuh yang Sering Disepelekan - Malas Menjaga Kebersihan
Sumber Foto: Pexels

Mata bintitan umumnya terjadi karena adanya infeksi pada kelopak mata. Namun, salah satu penyebab mata bintitan tak kunjung sembuh, yaitu malas menjaga kebersihan. Penderita memiliki kebiasaan menyentuh mata dengan tangan kotor. Selain jarang membersihkan bekas makeup secara tuntas. Selain itu, kebiasaan mengucek mata juga dapat menyebabkan mata bintitan sering kambuh dan mengakibatkan mata silinder.

Penggunaan Produk Kecantikan yang Expired

5 Penyebab Mata Bintitan Tak Kunjung Sembuh yang Sering Disepelekan - Penggunaan Produk Kecantikan yang Expired
Sumber Foto: Pexels

Penggunaan produk kecantikan yang expired seperti kosmetik ataupun skincare, ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan, lho! Salah satunya, bisa menyebabkan mata bintitan tak kunjung sembuh bahkan menyebabkan reaksi alergi lainnya.

Menderita Penyakit Kulit Rosacea

5 Penyebab Mata Bintitan Tak Kunjung Sembuh yang Sering Disepelekan - Menderita Penyakit Kulit Rosacea
Sumber Foto: Wikipedia

Rosacea merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan kemerahan pada wajah, pembuluh darah terlihat, dan sering kali muncul benjolan kecil yang mirip dengan jerawat. Rosacea umumnya mempengaruhi bagian tengah wajah, namun juga dapat mempengaruhi mata, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai rosacea okular.

Di beberapa kasus, bintitan bisa bertahan lebih lama atau berulang, menimbulkan ketidaknyamanan. Salah satu penyebab mata bintitan tak kunjung sembuh adalah adanya penyakit kulit rosacea.

Mengalami Diabetes

5 Penyebab Mata Bintitan Tak Kunjung Sembuh yang Sering Disepelekan - Mengalami Diabetes
Sumber Foto: Pexels

Penderita diabetes lebih berisiko besar mengalami bintitan yang tak kunjung sembuh. Diabetes melemahkan sistem imun, memperlambat sirkulasi darah, dan mengganggu fungsi sel darah putih, sehingga tubuh kesulitan dalam melawan infeksi bakteri. 

Kadar gula darah tinggi juga memperburuk infeksi di sekitar kelopak mata. Akibatnya, bintitan lebih sulit sembuh dan sering kambuh.

Salah Penanganan

5 Penyebab Mata Bintitan Tak Kunjung Sembuh yang Sering Disepelekan
Sumber Foto: Pexels

Selain itu, penyebab mata bintitan tak kunjung sembuh karena pengobatan atau perawatan yang tidak tepat pada infeksi sebelumnya. Misalnya, jika benjolan di kelopak mata dipencet sembarangan, bisa menyebabkan komplikasi pada bintitan, bahkan dapat memicu kalazion. 

Jika, seminggu lebih hordeolum tak kunjung sembuh, segera konsultasikan keluhanmu ke dokter mata agar mendapatkan penangan yang tepat, seperti menggunakan obat antibiotik maupun suntikan steroid.

Cara Mencegah Bintitan

Cara Mencegah Bintitan
Sumber Foto: Pexels

Setelah mengetahui penyebab mata bintitan, ada baiknya segera melakukan pencegahan, seperti: 

  • Menjaga kebersihan mata dengan tidak mengucek mata, mencuci tangan sebelum menyentuh mata, dan sterilisasi lensa kontak sebelum digunakan.
  • Hindari berbagi handuk dan kosmetik dengan orang lain.
  • Bersihkan wajah sebelum tidur
  • Hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan yang dapat memicu reaksi alergi.
  • Kurangi penggunaan kosmetik dan rajin membersihkan make up. Jangan biasakan tidur dalam keadaan masih menggunakan make up.

Cara Mengatasi Hordeolum

Cara Mengatasi Hordeolum
Sumber Foto: Pexels

Jika, kamu sedang mengalami mata bintitan, jangan mencoba memecahkan bintil sendiri, karena bisa memicu komplikasi, seperti kalazion. Pengobatan bisa dilakukan secara mandiri dengan kompres air hangat, menjaga kebersihan wajah maupun mata dan mencuci tangan secara teratur. Konsultasikan dengan dokter mata, jika kondisi tidak membaik setelah 48 jam atau melibatkan kemerahan yang meluas ke area lain wajah. 

Baca juga: Waspadai 5 Penyebab Mata Silinder yang Harus Dihindari

Penasaran dengan informasi kesehatan lainnya? Yuk, gabung ke komunitas Girls Beyond Circle agar tidak ketinggalan!

Sumber Foto: Wikipedia