gagal menampilkan data

Article

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Mental

Written by Rayya Adila Sakinah

Menerapkan cara tidur nyenyak yang efektif sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Kurangnya kualitas tidur dapat menimbulkan berbagai gangguan mental seperti burnout, halusinasi, maupun mood swing. Oleh karena itu, orang dewasa direkomendasikan untuk tidur 7-9 jam setiap harinya.

Tidur yang cukup merupakan bagian dari pola hidup sehat. Buruknya kualitas tidur, menyebabkan berkurangnya daya ingat, kesulitan dalam berkonsentrasi, dan penurunan performa kerja seseorang. Oleh karena itu, jika kamu sering merasa susah tidur setiap malam, penting untuk menerapkan cara tidur nyenyak agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

Seseorang  yang memiliki masalah kesehatan mental lebih berisiko mengalami gangguan tidur seperti insomnia maupun sleep apnea, sehingga memperbaiki kualitas tidur dapat memperbaiki kesehatan fisik dan mental. Gangguan tidur dapat menjadi salah satu tanda kesehatan mental sedang tidak baik-baik saja. Dengan mengikuti beberapa cara mengatasi tidur tidak nyenyak dari Girls Beyond, kesehatan mentalmu dapat tetap terjaga.

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh
Sumber Foto: Pexels

Sayangnya, masih banyak yang menyepelekan keajaiban dari tidur cukup dan nyenyak. Padahal, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dari kualitas tidur yang baik, seperti mengatasi stres, meredakan kecemasan, dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Berikut cara agar tidur lebih nyenyak, seperti:

Batasi Waktu Tidur Siang, Maksimal 30 Menit Saja

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh - Batasi Waktu Tidur Siang, Maksimal 30 Menit Saja
Sumber Foto: Pexels

Meskipun tidur siang memiliki banyak manfaat, tetapi cukup 15-30 menit saja. Jika berlebihan, akan memicu berbagai gangguan tidur di malam hari. Apabila merasa mengantuk di sela-sela jam kantor, lakukan tidur siang singkat atau mengonsumsi kafein sebelum jam 2 siang.

Hindari Makan Berat Menjelang Tidur

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh - Hindari Makan Berat Menjelang Tidur
Sumber Foto: Pexels

Sebelum tidur, jangan biasakan makan malam karena dapat membuat organ tubuh bekerja lebih keras dan memicu GERD, serta mengganggu kualitas tidur. Jika lapar, pilih makanan yang ringan seperti buah dan batasi makan malam, paling tidak  sejam sebelum tidur. 

Hindari Konsumsi Kafein dan Merokok Sebelum Tidur

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh - Hindari Konsumsi Kafein dan Merokok Sebelum Tidur
Sumber Foto: Pexels

Kafein dalam kopi dan nikotin pada rokok dapat membuat kita sulit tidur nyenyak saat malam hari. Kafein dan nikotin dapat membuat tubuh tetap terjaga dan lebih waspada, sehingga bisa memicu terjadinya gangguan tidur, seperti insomnia. Ada baiknya, menghindari konsumsi kafein dan merokok, 6-8 jam sebelum tidur. Mengurangi asupan kafein dan nikotin dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan memudahkan untuk tidur nyenyak saat malam hari.

Kurangi Penggunaan Gawai Sebelum Tidur 

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh - Kurangi Penggunaan Gawai Sebelum Tidur
Sumber Foto: Pexels

Ternyata, cahaya biru dari perangkat elektronik seperti ponsel dan TV dapat mengurangi produksi melatonin, hormon yang membantu kita untuk terlelap. Oleh karena itu, salah satu cara tidur nyenyak yang ampuh yaitu dengan berhenti scrolling media sosial dan matikan semua gadget, setidaknya satu jam sebelum tidur.

Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh - Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman
Sumber Foto: Pexels

Salah satu cara agar tidur nyenyak dan tidak terbangun dengan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan tenang, seperti mematikan lampu atau menggunakan lampu tidur, atur suhu ruangan menjadi lebih sejuk, gunakan aromaterapi, dan mendengarkan binaural beats.

Selain itu, jangan lupa untuk investasi pada bantal, kasur maupun sprei yang berkualitas agar bisa tidur lebih nyenyak.

Relaksasikan Tubuh Sebelum Tidur

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh - Relaksasikan Tubuh Sebelum Tidur
Sumber Foto: Pexels

Salah satu cara tidur nyenyak yang ampuh adalah dengan merelaksasikan tubuh terlebih dahulu. Melakukan journaling, meditasi, yoga, atau peregangan sebelum tidur, ternyata bisa mengurangi stres dan memudahkan kita untuk terlelap.

Mandi Air Hangat

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh - Mandi Air Hangat
Sumber Foto: Pexels

Mandi air hangat sejam sebelum tidur bisa menurunkan suhu tubuh dan membuat kita mudah terlelap. Suhu tubuh yang lebih rendah dapat mempermudah kita untuk bisa tidur dengan nyenyak.

Membaca Buku Membuat Kamu Mengantuk

7+ Cara Tidur Nyenyak yang Ampuh - Membaca Buku Membuat Kamu Mengantuk
Sumber Foto: Pexels

Membaca beberapa halaman buku fisik sebelum tidur dapat menjadi cara yang ampuh agar cepat terlelap. Bahkan, sebagian orang merasa mengantuk usai membaca buku. Hal ini disebabkan karena otak bekerja lebih keras dan otot mata lelah saat membaca, sehingga membuat kamu mudah mengantuk.

Dengan menerapkan beberapa cara tidur nyenyak yang telah Girls Beyond sampaikan, kualitas tidurmu akan semakin membaik dan terjaganya kesehatan mentalmu, lho! Jika masalah tidur tak kunjung pulih, konsultasikan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: 5 Gerakan Stretching Bangun Tidur, Bisa Redakan Nyeri Haid!

Penasaran sama informasi kesehatan lainnya? Yuk, buruan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle agar tidak ketinggalan informasi bermanfaat lainnya!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond