gagal menampilkan data

Article

5 Gerakan Stretching Bangun Tidur, Bisa Redakan Nyeri Haid!

Written by Rayya Adila Sakinah

Meski godaan untuk menarik kembali selimut sering tak tertahankan, ternyata stretching bangun tidur selama 5-10 menit di pagi hari memiliki banyak manfaat, lho! Aktivitas ini tak hanya mengurangi risiko cedera saja, tapi juga melancarkan sirkulasi darah hingga mengurangi stres.

Selain itu, stretching setelah bangun tidur juga bisa meningkatkan produktivitas, sehingga dengan kebiasaan baik ini, kamu bisa memulai hari dengan penuh semangat.

Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui berbagai manfaat lain dari stretching bangun tidur agar kesehatan semakin terjaga dan performa bekerja terus meningkat. 

5 Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur

5 Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur
Sumber Foto: Pexels

Terdapat berbagai manfaat peregangan setelah bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental. Berikut manfaat stretching bangun tidur yang perlu kamu ketahui.

Melancarkan Sirkulasi Darah

5 Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur - Melancarkan Sirkulasi Darah
Sumber Foto: Pexels

Stretching bangun tidur sangat penting dilakukan untuk melancarkan sirkulasi darah keseluruh tubuh. Sirkulasi darah yang baik akan membuat kinerja otak dan organ lainnya berfungsi secara optimal. Dengan rutin melakukan peregangan setelah bangun tidur, tubuh dan otak akan siap menghadapi hari dengan lebih baik. Sirkulasi darah yang lancar adalah salah satu kunci gaya hidup sehat dan produktif.

Selain mendapatkan suntikan energi untuk memulai hari, melakukan peregangan secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara yang ampuh dalam menjaga kesehatan jantung.

Menghilangkan Pegal-pegal di Badan

5 Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur - Menghilangkan Pegal-pegal di Badan
Sumber Foto: Pexels

Setelah tidur berjam-jam, banyak orang merasa pegal saat bangun tidur. Hal tersebut disebabkan oleh otot yang tegang akibat ada kesalahan pada posisi tidur. Bahkan seorang yang mengalami sleep inertia akan merasa pusing dan lelah saat bangun tidur, sehingga stretching bangun tidur bisa menjadi solusi yang ampuh untuk meredakan rasa lelah dan merilekskan otot-otot tubuh.

Peregangan setelah bangun tidur dapat meningkatkan hormon endorfin, hormon yang sangat berguna untuk menghilangkan rasa pegal dan meredakan nyeri haid.

Mengurangi Risiko Cedera dan Memperbaiki Postur Tubuh

5 Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur - Mengurangi Risiko Cedera dan Memperbaiki Postur Tubuh
Sumber Foto: Pexels

Peregangan bangun tidur dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengurangi risiko cedera, dan memperkuat otot, serta menjaga postur tubuh. Rutin melakukan peregangan dapat membantu tubuh menjadi lebih aktif.

Melakukan peregangan sejenak selama 5-10 menit setiap pagi dapat memperkuat otot dan sendi. Kamu jadi bisa lebih produktif dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menjadi Lebih Fokus

5 Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur - Menjadi Lebih Fokus
Sumber Foto: Pexels

Stretching setelah bangun tidur membuat otak mendapatkan asupan oksigen dan melancarkan aliran darah yang dapat memperkuat daya konsentrasi. Melakukan peregangan setelah bangun tidur juga dianggap dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Dengan demikian, kamu jadi lebih mudah menyerap informasi dan membuat keputusan. 

Mencegah Stres

5 Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur - Mencegah Stres
Sumber Foto: Pexels

Stretching bangun tidur memiliki banyak manfaat, termasuk meredakan stres. Melakukan peregangan setelah bangun tidur dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih, memperbaiki mood, serta siap menjalani hari dengan penuh semangat.

Oleh karena itu, tubuh sering kali refleks menggeliat saat merasa bosan atau stres. Hormon endorfin juga dapat meningkatkan stamina agar tubuh menjadi lebih aktif dalam beraktivitas.

Rutin melakukan peregangan setelah bangun pagi dapat mengendurkan otot-otot yang tegang, sehingga stres terkendali dan pikiran lebih tenang. 

5 Gerakan Stretching Setelah Bangun Tidur yang Efektif

5 Gerakan Stretching Setelah Bangun Tidur yang Efektif
Sumber Foto: Pexels

Sebelum memulai aktivitas, kamu perlu melakukan stretching bangun tidur agar tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut gerakan yang wajib kamu coba.

Child’s Pose

Gerakan simple ini tidak hanya membantu meredakan nyeri pada punggung bawah, tetapi juga terdapat berbagai manfaat lainnya, seperti:

  • Menenangkan pikiran.
  • Melancarkan pencernaan.
  • Meregangkan otot.
  • Menghilangkan pegal-pegal.
  • Meningkatkan daya konsentrasi.

Melakukan gerakan ini secara rutin dapat membuat tubuh dan pikiran lebih rileks dan semangat menghadapi hari.

Cobra Pose

Cobra pose adalah salah satu gerakan stretching bangun tidur yang melatih otot punggung. Pose ini memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Memperkuat otot punggung, panggul dan perut bagian bawah.
  • Meringankan sakit punggung kronis.
  • Mencegah gejala depresi.
  • Meningkatkan kualitas tidur.

Cat Cow Pose

Cat cow pose adalah gerakan peregangan yang mengombinasikan dua posisi. Gerakan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental.

  • Meningkatkan fleksibilitas tulang belakang.
  • Meredakan nyeri punggung.
  • Menjaga postur tubuh.
  • Mengurangi stres.
  • Melancarkan sirkulasi darah.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Bridge pose

Bridge pose menjadi salah satu gerakan stretching bangun tidur yang punya banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, seperti:

  • Meredakan rasa nyeri saat menstruasi.
  • Menurunkan risiko kambuhnya asma, tekanan darah tinggi, dan sinusitis.
  • Mengurangi kecemasan, stres, kelelahan, dan depresi ringan.
  • Mengatasi rasa nyeri punggung, sakit kepala, dan susah tidur.

Peregangan Leher

Melakukan gerakan peregangan pada otot leher dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, seperti:

  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Mengurangi risiko cedera.
  • Meredakan rasa nyeri pada leher.

Berikut 5 gerakan stretching setelah bangun pagi yang bisa kamu terapkan untuk memperkuat otot dan menjaga kesehatan fisik maupun mental. Selamat mencoba!

Baca juga: Beginner Friendly! Ini 10 Daftar Channel YouTube Workout untuk Pemula

Ingin tips gaya hidup sehat lainnya? Berbagai informasi menarik dan event seru yang akan kamu temukan hanya dengan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle, menarikkan? Yuk, buruan join!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond