gagal menampilkan data

Article

Tak Cuma Tambah Energi, Ada 5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja

Written by Rayya Adila Sakinah

Salah satu kunci hidup sehat adalah sarapan pagi. Sayangnya, masih banyak yang melewatkan sarapan karena kesibukan dan harus segera berangkat ke kantor. Padahal, banyak manfaat sarapan pagi yang bisa kamu dapatkan dari kebiasaan baik ini.

Sarapan pagi bukanlah sekedar mengisi perut yang kosong usai bangun tidur. Namun, sarapan di pagi hari adalah cara terbaik dalam menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, dapat mencegah obesitas dan penyakit berbahaya lainnya.

Agar tetap sehat dan produktif, kamu perlu membiasakan diri dengan sarapan di pagi hari dengan makanan yang kaya nutrisi. Lantas, apa saja manfaat sarapan di pagi hari? Yuk, cari tahu manfaat selengkapnya di bawah ini.

5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja

5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja
Sumber Foto: Pexels

Sayangnya, masih ada banyak orang yang melewatkan sarapan di pagi hari, padahal penting untuk kesehatan dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Bagi kamu yang sering melewatkan makan pagi sebelum bekerja, mulailah ubah kebiasaan buruk tersebut karena ada banyak manfaat sarapan pagi yang wajib kamu tahu, seperti:

Cara Ampuh Menahan Nafsu Makan Berlebih

5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja - Cara Ampuh Menahan Nafsu Makan Berlebih
Sumber Foto: Pexels

Manfaat sarapan pagi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah membantu mengelola nafsu makan, sehingga dapat mencegah ngemil berlebihan dan menjaga berat badan tetap ideal. 

Bahaya tidak sarapan pagi yaitu memicu makan berlebih saat siang hari. Selain itu, sarapan pagi juga membuatmu kenyang lebih lama, sehingga bisa mendukung program diet dan menurunkan berat badan.

Memberikan Energi Lebih Bagi Tubuh

5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja - Memberikan Energi Lebih Bagi Tubuh
Sumber Foto: Pexels

Sarapan pagi dapat memulihkan energi setelah berpuasa semalaman, sehingga memberikan energi yang diperlukan tubuh. Mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum bisa membuat tubuh berenergi, tetap fit, dan siap menjalani aktivitas harian tanpa mudah merasa lelah.

Meningkatkan Konsentrasi dan Memperkuat Daya Ingat 

5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja - Meningkatkan Konsentrasi dan Memperkuat Daya Ingat
Sumber Foto: Pexels

Salah satu manfaat sarapan pagi yang perlu kamu ketahui adalah untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Sarapan pagi juga dapat meningkatkan konsentrasi, lebih waspada dan memperkuat daya ingat

Orang yang rutin sarapan cenderung memiliki performa kerja yang lebih baik, lebih jarang absen kerja, dan selalu on time. Dengan begitu, kita juga memerlukan makan pagi yang sehat dan bergizi agar performa kerja lebih baik.

Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja - Suasana Hati Menjadi Lebih Baik
Sumber Foto: Pexels

Rutin sarapan ternyata dapat meningkatkan mood, mengontrol emosi, dan mengurangi stres. Hindari perut dalam keadaan lapar karena dapat merusak suasana hati dan membuat pikiran lebih kalut. 

Sarapan yang sehat seperti mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 juga sangat penting untuk kesehatan mental dan mendukung aktivitas otak. Selain itu, makanan yang mengandung triptofan seperti telur dapat meningkatkan hormon serotonin sehingga kita merasa lebih bahagia.

Mencegah Risiko Penyakit dan Asam Lambung Naik

5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja - Mencegah Risiko Penyakit dan Asam Lambung Naik
Sumber Foto: Pexels

Banyak manfaat sarapan pagi bagi kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko penyakit kronis, maupun mencegah gerd.

Sarapan pagi yang sehat dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 27%. Selain itu, juga dapat menetralisir asam lambung karena perut kosong dalam waktu yang lama saat tidur, sehingga sarapan dapat mencegah kambuhnya sakit maag.

Tips Sarapan Pagi yang Sehat dan Anti Ribet

Tips Sarapan Pagi yang Sehat dan Anti Ribet

Sarapan pagi adalah langkah penting untuk memulai hari dengan badan yang lebih segar dan bugar. Selain itu, untuk menjaga kesehatan mental dan meningkatkan produktivitas kita dalam bekerja. Agar dapat mengoptimalkan manfaatnya, kita juga memerlukan menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi. Berikut adalah tips sarapan sehat sebelum berangkat kerja yang bisa kamu terapkan tanpa harus ribet:

  • Hindari makanan olahan karena hanya menambah kalori tapi minim akan gizi, sehingga tidak membuat kita menjadi sehat tapi bisa memicu risiko ketidakseimbangan hormon maupun diabetes.
  • Tetap jaga porsi makan karena sarapan yang berlebih hanya akan membuatmu mengantuk dan malas beraktivitas di pagi hari.
  • Pilih menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi. Konsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, lemak sehat dan vitamin lainnya. Apabila ingin sarapan pagi sehat dan murah, kamu bisa menyiapkannya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti membuat salad rumahan maupun sandwich dengan roti gandum.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh karena meningkatkan gula darah dan penurunan energi, sehingga dapat memicu penyakit diabetes maupun stroke.
  • Lebih baik lagi jika kamu berkonsultasi dengan ahli gizi agar kamu mengetahui menu sarapan yang tepat dan menyehatkan. 
  • Agar tidak gampang bosan, tambahan variasi menu sarapan yang berbeda setiap harinya. Misalnya, hari ini sandwich, besoknya pecel, sehingga dapat menambah selera kamu untuk sarapan setiap hari.
  • Jika tak punya waktu yang lama untuk menyiapkan sarapan, kamu bisa memilih menu sarapan paling simple dibuat seperti oatmeal dengan sedikit potongan buah. Hal ini juga dapat menghemat waktumu.
  • Cukupi asupan air putihnya juga, minimal minum segelas saat sebelum beraktivitas agar tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih juga dapat mengontrol nafsu makan.

Itulah beberapa manfaat dan tips sarapan di pagi hari yang bisa Girls Beyond bagikan. Semoga bisa memotivasi kamu untuk rutin menjalankan kebiasaan baik, ya! Selamat mencoba!

Baca juga: Catat, Ternyata Ini 5 Manfaat Bangun Pagi yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Penasaran sama informasi kesehatan lainnya? Yuk, buruan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle agar tidak ketinggalan informasi bermanfaat lainnya!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond