gagal menampilkan data

Article

Catat, Ternyata Ini 5 Manfaat Bangun Pagi yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Written by Rayya Adila Sakinah

Bagi beberapa orang, bangun pagi adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, ternyata ada segudang manfaat bangun pagi bagi kesehatan dan produktivitas, lho! 

Oleh karena itu, rutin bangun pagi bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk memiliki gaya hidup yang sehat. Bangun pagi juga dapat memberikan waktu ekstra untuk kita bisa mempersiapkan diri sebelum memulai aktivitas sehari-hari. 

Tidur yang cukup dan bangun lebih awal di pagi hari adalah cara efektif untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan produktivitas kita. Namun, masih banyak manfaat bangun pagi yang wajib kamu ketahui, seperti:

5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal

5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal
Sumber Foto: Pexels

Mengapa kita harus bangun lebih awal? Tentu saja karena bangun pagi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, serta dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Berikut beberapa manfaat bangun pagi, seperti:

Meningkatkan Kesehatan Mental dan Suasana Hati

5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal - Meningkatkan Kesehatan Mental dan Suasana Hati
Sumber Foto: Pexels

Bangun pagi adalah satu cara untuk menjaga kesehatan mental dan memperbaiki mood. Seseorang yang rutin bangun pagi cenderung lebih berpikiran positif dan tenang, serta mood-nya selalu terjaga dengan baik. Risiko gangguan mental, seperti kecemasan, stress, maupun depresi juga bisa berkurang. 

Selain itu, bangun lebih awal dapat memberikan waktu ekstra untuk memulai pagi dengan hal-hal yang menenangkan, seperti membaca buku, journaling, meditasi, dan melakukan aktivitas refleksi lainnya. Oleh karena itu, pikiran semakin jernih dan hati menjadi lebih damai dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi hari. 

Kulit Menjadi Lebih Sehat dan Glowing

5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal - Kulit Menjadi Lebih Sehat dan Glowing
Sumber Foto: Pexels

Salah satu manfaat bangun pagi yang wajib kamu ketahui yaitu kondisi kulit menjadi lebih sehat dan glowing, serta dapat mencegah penuaan dini. Hal ini harus dibarengi dengan tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam. 

Berkat kedua hal ini sel-sel kulit akan beregenerasi dengan optimal dan kolagen akan meningkat, sehingga kerusakan kulit dapat diperbaiki serta kulit lebih cerah. Salah satu penyebab wajah mudah kusam adalah kurang tidur, kelebihan tidur dan bangun terlampau siang.

Skincare hanyalah suplemen tambahan saja. Jika ingin memiliki kulit yang sehat dan glowing, kamu perlu menjaga gaya hidup sehat, terutama dengan memperbaiki pola tidur.

Meningkatkan Kualitas Tidur

5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal - Meningkatkan Kualitas Tidur
Sumber Foto: Pexels

Akibat malas bangun pagi, kualitas tidur akan berantakan. Padahal, bangun pagi dapat meningkatkan kualitas tidur dan pola tidur menjadi lebih teratur. Salah satu cara mengurangi risiko insomnia yaitu dengan bangun lebih awal. Pola tidur yang baik dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Selain itu juga memiliki manfaat jangka panjang bagi kesehatan fisik dan mental, serta mengurangi risiko penyakit kronis, seperti diabetes

Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal - Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja
Sumber Foto: Pexels

Rahasia orang sukses adalah bangun lebih awal karena memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas penting. Bangun pagi juga memperkuat fungsi kognitif, seperti meningkatkan daya konsentrasi, lebih waspada, dan berenergi sepanjang hari. Selain itu, daya serap otak juga semakin baik, sehingga kamu lebih mudah mengingat dan memahami informasi yang kamu dapatkan.

Manfaat bangun pagi dalam produktivitas adalah meningkatnya performa kerja. Oleh karena itu, bekerja menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan bangun pagi lebih awal, kamu dapat menyelesai berbagai pekerjaan dengan lebih cepat dan memperbaiki manajemen waktumu juga.

Punya Waktu Ekstra untuk Olahraga

5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal - Punya Waktu Ekstra untuk Olahraga
Sumber Foto: Pexels

Bangun lebih awal membuat kita memiliki waktu ekstra untuk berolahraga, seperti yoga maupun jogging selama 15-30 menit. Olahraga pagi membuat tubuh menjadi lebih segar, energik, dan mudah berkonsentrasi. Selain itu, olahraga di pagi hari dapat memperbaiki mood, mencegah obesitas, mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi kognitif, dan menjaga kesehatan jantung. 

Cara agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

Cara agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal
Sumber Foto: Pexels

Kebiasaan bangun pagi lebih awal merupakan sebuah tantangan yang besar bagi sebagian orang. Padahal, bangun pagi memiliki banyak manfaat rutin bangun pagi bagi kesehatan dan produktivitas, lho! Memulai hari lebih awal memungkinkan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan memiliki waktu luang yang lebih banyak.

Jika ingin merasakan berbagai manfaat bangun pagi, kamu perlu mengikuti cara ampuh di bawah ini agar bisa bangun lebih awal. Berikut cara-cara yang wajib kamu ketahui, seperti:

  1. Tidur lebih awal di malam hari, usahakan jam 10 malam sudah tidur.
  2. Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang berkafein sebelum tidur.
  3. Letakkan alarm jauh dari kasur agar lebih effort untuk mematikannya.
  4. Cari alasan kuat untuk bangun pagi, misalnya bangun lebih awal karena ingin bisa olahraga sebelum berangkat kerja.
  5. Usahakan tidur siang dibawah jam 3 sore dengan durasi kurang dari 30 menit.
  6. Kurangi kebiasaan scrolling social media sebelum tidur, usahakan 30 menit sebelum tidur ponsel sudah tak ada digenggamanmu lagi.
  7. Matikan lampu saat tidur juga bisa membantumu cepat terlelap
  8. Lakukan journaling untuk menenangkan pikiran, sehingga dapat mencegah insomnia karena overthinking.
  9. Langsung bangkit dari tempat tidur agar tak tergoda untuk tidur lagi.

Itu dia 9 cara agar bisa bangun pagi lebih awal agar kamu dapat  meningkatkan performa kerja dan kesehatanmu selalu terjaga. Good luck!

Baca juga: 5 Manfaat Mandi Subuh Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu!

Ingin tahu tips kesehatan lainnya? Yuk, segera gabung ke komunitas Girls Beyond Circle agar tidak ketinggalan informasi penting lainnya!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond